Inilah 4 Penyebab Orang Melakukan Unsubscribe Blog Anda

Image dari verticalresponse.com

Image dari Verticalresponse.com

Blogging merupakan kegiatan yang kini memang diminati banyak orang. Selain sebagai sarana mengekspresikan diri, saat ini blog juga mampu menghasilkan pendapatan yang lumayan besar lewat kegiatan monetisasi blog. Namun untuk mencapai penghasilan dalam kegiatan monetisasi ini, seorang blogger harus berjuang dan bekerja keras untuk mampu membuat blognya laris manis.

Salah satu metode agar blog laris manis dikunjungi adalah dengan menaikkan jumlah subscriber blog. Subscriber sendiri adalah orang-orang yang berlangganan informasi atau update blog Anda. Dengan memiliki jumlah subscriber yang banyak, potensi menggiring pengunjung memang akan jauh lebih besar.

Namun sayangnya masih banyak blogger yang belum bisa mempertahankan jumlah subscribernya dengan baik. Jumlah subscribernya perlahan menurun seiring mudahnya para pelanggan blog ini melakukan unsubscribe atau berhenti berlangganan. Tentunya saat Anda mendapati banyaknya pelanggan blog yang melakukan unsubscribe itu artinya memang ada yang salah pada blog Anda.

Artikel lain: Mau Artikel Blog Menjadi Viral di Media Sosial? Cobalah 5 Tips Berikut Ini

Dari sini Anda harus melakukan evaluasi dan perbaikan jika tak ingin jumlah pelanggan blog Anda terus menurun. Langkah pertama yang mungkin bisa Anda lakukan adalah mengidentifikasi penyebab para pelanggan meninggalkan blog Anda. Berikut beberapa sebab yang bisa jadi membuat orang melakukan unsubscribe blog Anda.




1. Konten Tidak Relevan dengan Kebutuhan Pembaca

Penyebab pertama orang melakukan unsubscribe blog adalah konten yang tidak relevan dengan kebutuhan pembaca. Mungkin pada awalnya Anda bisa menulis konten yang sesuai dengan blog dan kebutuhan Anda. Namun karena aktivitas blogging yang padat, terkadang blogger bisa jadi tidak fokus dan tidak konsentrasi dengan apa yang sedang ditulis.

Akibatnya, konten yang disajikan berubah haluan dan tidak seperti sedia kala. Ketika konten yang kita tulis sudah tidak relevan, maka pelanggan blog kita bisa jadi akan meninggalkan Anda dengan melakukan unsubscribe karena konten yang ada dinilainya sudah tidak memenuhi ekspekasi dan kebutuhan pelanggan.

2. Konten Berulang-ulang dan Membosankan

Seringkali blogger juga mengalami stuck dalam menulis. Hal ini bisa disebabkan karena mereka kehabisan ide saat akan menulis konten. Ketika hal ini terjadi dan mereka dipaksa untuk menulis biasanya tulisan yang dihasilkan adalah konten yang berulang-ulang.

Konten yang sama dan berulang-ulang memang tidak baik karena akan membuat orang bosan dan jemu dengan tidak adanya informasi yang baru. Saat orang merasa sudah bosan dan jemu inilah kemungkinan unsubscribe terjadi.

Untuk menghindari hal ini, tentu Anda harus harus bisa kreatif dan inovatif dalam menciptakan konten. Jangan terpaku pada hal-hal yang itu-itu saja. Anda harus menggali ide dengan berita dan kabar-kabar terbaru yang terkait dengan tema blog Anda.




3. Konten Palsu dan Tidak Orisinil

Ingat, pelanggan blog Anda bisa jadi orang yang up to date dengan segala perkembangan yang ada. Mereka sangat mungkin memiliki lebih banyak sumber sebagai referensi mereka untuk mendapatkan informasi.

Ketika mereka mengetahui bahwa konten yang Anda berikan tiba-tiba berubah karena sudah tidak lagi orisinil, maka mereka bisa saja menjadi tidak respect dengan Anda. Dan jika mereka sudah mendapatinya berkali-kali, maka mereka bisa saja muak dan akhirnya melakukan unsubscribe pada blog Anda.  Maka berhati-hatilah!

Baca juga: Ukur Kesuksesan Blog Anda Dengan 8 Parameter Ini!

4. Terlalu Banyak Email Subscribe yang Masuk 

Subsciber atau pelanggan blog memang akan mendapatkan update informasi dari blog melalui #email. Saat Anda mengirimkan update, maka konten yang ada akan muncul di inbox email. Pada inbox email ini tentu bukan hanya blog Anda yang ada muncul disana.

Saat para subscriber ini mendapati bahwa inbox mereka terlalu penuh, maka umumnya mereka akan melakukan penghapusan pada beberapa email yan tidak penting. Di sinilah kemungkinan para pelanggan blog Anda bisa memutuskan untuk mengapus email dan berhenti dari milis maupun unsubscribe blog Anda.

Untuk mengatasi email Anda yang dihapus dan kemudian berhenti berlangganan, Anda harus mengirim konten dengan tidak terlalu intens atau sering. Maka kirimkanlah konten blog Anda secara wajar dengan frekuensi dan waktu yang memiliki jeda. Anda bisa mengira-ngira sendiri waktu jeda yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan target pelanggan blog Anda.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Haha iya mas , mungkin nomor 1 itu bisa jadi patokan utama . Kadang kadang blog yang saya subscribe melenceng dari topiknya

  2. No. 4 benar sekali. Banyak blogger yg rajin nulis, tp tiap kali posting notifnya masuk email, klo sehari ybs bikin 5 judul dr dia aja masuk 5 email. Saya suka bentuk update blog Max, kumpulan bbrp postingan, jadi rapih :) .
    Oh ya satu lagi, biasanya saya unfollow blog klo isinya melulu ngebully orang lain. Bacaan negatif bikin saya ikutan negatif thinking juga hehe.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud