Inilah 4 Keutamaan Perlunya Memiliki Blog pada Bisnis Startup Anda

Image dari Alltop.com

Image dari Alltop.com

Memiliki usaha rintisan berbasis digital memang sangat menyenangkan. Namun akan lebih menyenangkan jika kita bisa membuat bisnis startup digital kita meraih kesuksesan. Salah satu hal atau faktor yang bisa membuat sebuah #startup sukses adalah keberadaan blog startup yang memiliki trafik tinggi.

Blog startup? Untuk apa? Sebuah blog yang dikenal sebagai media yang menyediakan beragam artikel berisi informasi memang sangat dibutuhkan oleh sebuah startup untuk bisa menarik minat ratusan hingga ribuan pengguna baru. Beberapa startup luar negeri sudah membuktikan bahwa strategi ini sangat efektif.

Salah satu startup yang telah membuktikannya adalah Mint, sebuah startup yang menyediakan solusi keuangan mulai dari mengelola keuangan, membayar tagihan, dan lainnya. Di masa awal pendirian, manajeman Mint memang sengaja gencar membuat artikel tentang tips dan trik keuangan. Dengan usaha kerasnya akhirnya Mint mampu menempatkan blog mereka pada posisi strategis di halaman mesin pencarian #Google sehingga blog mereka pun banyak dikunjungi dan akhirnya secara perlahan meningkatkan pengguna startup.

Artikel lain: 7 Tips Penting Agar Sukses Memulai Blog Bisnis

Dari satu contoh ini seharusnya Anda sebagai founder startup sadar betul bahwa memiliki blog startup merupakan hal yang penting untuk perkembangan usaha Anda. Jika Anda masih saja ragu, berikut akan dijelaskan lebih mendalam tentang empat keutamaan dan kegunaan memiliki sebuah blog startup. Berikut ulasanya.




1. Memperkenalkan Brand dan Produk Anda

Keutamaan dan kegunaan pertama memiliki sebuah blog startup adalah untuk memperkenalkan brand dan produk. Sebuah blog memang merupakan salah satu sarana atau media untuk kegiatan pemasaran atau #promosi. Menariknya dalam blog yang Anda bangun ini, Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis dalam melakukan promosi tersebut.

Maka dari itu bagi startup yang masih berjalan secara bootstrap, memiliki blog tentu akan sangat membantu dan menguntungkan. Dalam promosi di blog ini Anda bisa memperkenalkan brand dan produk atau fitur terbaru dari startup Anda. Dengan menuliskan informasi brand dan produk pada blog, Anda akan memiliki keleluasaan yang besar dibanding jika Anda menuliskannya di halaman utama situs.

Dan saat Anda bisa menjelaskan informasi ini dengan lebih detail dan panjang, maka orang lain pun akan lebih mudah menemukan banyak hal tentang produk Anda dan tidak menutup kemungkinan juga mereka akan tertarik menggunakannya startup Anda.

2. Berbagi Ilmu, Wawasan dan Pengetahuan

Sebagai media yang identik dengan kumpulan artikel, blog memang akan lebih banyak memberikan ilmu dan pengetahuan bagi para pengunjung dan pembacanya. Maka dari itu saat Anda memiliki blog pada startup, maka Anda akan memiliki peluang untuk memberikan hidangan ilmu dan pengetahuan yang Anda miliki seputar bidang startup yang Anda kelola.

Dengan membagi ilmu dan pengetahuan ini secara rutin pada blog dan banyak pengunjung yang menyukainya dan juga berlangganan melalui #email, yang artinya blog Anda sudah dianggap bermanfaat dan berguna oleh publik.




3. Meningkatkan Relasi Dengan Pengguna dan Penulis Blog Lain

Saat Anda membuat dan mengelola blog pada startup Anda, maka itu artinya Anda sudah menjadi seorang #blogger. dan Ketika Anda menjadi seorang blogger, Anda secara tidak langsung Anda akan terjalin dengan ribuan blogger yang menunggu Anda untuk menjalin relasi dan hubungan. Bagi pebisnis, relasi memang sesuatu yang sangat penting untuk dimiliki.

Dengan bertambahnya relasi, seorang pebisnis tentu akan memiliki peluang lebih besar untuk mensukseskan startup yang sedang Anda rintis. Tentu saja untuk mendapatkan relasi blogger ini Anda tidak lantas berdiam diri saja. Anda harus aktif membagi postingan, bergabung dengan komunitas serta blogwalking.

Baca juga: 4 Tips Agar Pebisnis Tetap Produktif Menulis Konten Blog

4. Memiliki Blog Dapat Meningkatkan Trafik

Terakhir, keutamaan dan kegunaan memiliki blog pada bisnis startup adalah untuk meningkatkan trafik dan tingkat konversi. Tentu untuk bisa mendapatkan konsumen atau pengguna startup, Anda harus mampu dulu memperkenalkan startup Anda ke publik. Nah dengan blog, peluang Anda memperkenalkan startup dan juga menarik pengunjung akan sangat besar.

Setelah banyak pengunjung yang datang, maka Anda tinggal bertugas mengkonversikan mereka menjadi pembeli atau konsumen. Percayalah, dengan penyajian konten yang menarik dan didukung oleh produk startup yang berkualitas, maka membuat pengunjung menjadi pembeli atau pengguna akan menjadi sesuatu yang tidak terlalu sulit.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud