Inilah 4 Kemampuan yang Harus Dimiliki Lulusan S-2 Agar Sukses di Era Digital

peluang kerja lulusan s-2

Image dari Assignmentlabs.co.uk

Semakin maju sebuah negara dengan sistem pendidikannya memang akan membuat urusan karir dan job requirement (persyaratan untuk bekerja) menjadi tinggi dan berat. Hal ini terjadi bukan karena keinginan perusahaan saja, namun kondisi global dengan persaingan usaha yang tinggi juga sangat berpengaruh dalam menciptakan keadaan ini.

Jika dulu kala mungkin lulusan dengan ijazah SMA masih banyak dibutuhkan, maka dengan semakin majunya zaman kemudian permintaan perusahaan meningkat ke lulusan S1. Dan bukan tidak mungkin nantinya permintaan perusaahaan juga akan meningkat lagi ke orang-orang lulusan S-2. Semakin tinggi pendidikan yang ditempuh oleh seseorang memang akan membuat peluang untuk mendapatkan pekerjaan semakin besar.

Namun di era digital seperti ini bagaimanakah peluang lulusan magister (S-2) di dunia karir dan pekerjaan ini? Disaat besarnya jumlah tenaga kerja termasuk lulusan S-2 yang akan menjadi pesaing Anda, maka bagaimana pula cara mengatasi dan memenangkan persaingan ini? Berikut ulasannya.

1. Integrasikan Pengetahuannya dengan Perkembangan Teknologi

Sebuah perusahaan yang merupakan tempat pemberi kerja umumnya memiliki banyak kaitan dan hubungan dengan beberapa pihak seperti stakeholder, konsumen, supplier dan pemerintah, supplier dan sebagainya. Nah dari sinilah para lulusan S-2 harus bisa mengambil kesempatan ini untuk bisa mengintegrasikan pengetahuan yang dimilikinya.

Menurut Head of Graduate Program in Information System Management Binus, Harisno jika semua kepentingan itu digabungkan maka hal ini akan bisa menjadi kekuatan dan senjata bagi mereka para lulusan S-2 untuk bisa memenangkan persaingan bisnis. Selain mengintegrasikan pengetahuan, lulusan S-2 juga diharuskan mampu menganalisa kebutuhan sumber daya manusia, teknologi, juga informasi apa saja yang diperlukan untuk memenangkan persaingan.




Artikel lain: Berkarir Di Perusahaan Kecil? Jangan Berkecil Hati, Ini Keuntungannya

2. Gunakan Keunggulan Kompetitif

Jika Anda lulusan S-2 yang ingin mengejar persaingan bisnis, maka Anda tak bisa hanya mengandalkan pendekatan berbasis comparative advantage saja. Tapi lebih dari itu Anda harus bisa juga memanfaatkan keunggulan komparatif dengan memasukkan teknologi sistem informasi di dalam rancangan bisnisnya. Keunggulan komparatif sendiri adalah keunggulan atau keuntungan yang didapat  jika perusahaan mampu memproduksi barang atau jasa lebih banyak dengan biaya lebih murah.

Sedangkan keunggulan kompetitif sendiri adalah keuntungan diperoleh jika perusahaan mampu mengelola sumber dayanya hingga mereka memiliki kinerja lebih tinggi dibanding perusahaan lain. Jika kedua keunggulan ini digabungkan maka sebuah bisnis akan bergerak dengan lebih efektif dan produktif.

3. Gunakan Pola Pikir Holistik

Seharusnya para lulusan S-2 memang memiliki pola pikir yang berbeda dari para lulusan S1. Para lulusan magister ini seharusnya bisa berpikir secara holistik (menyeluruh). Di era digital seperti ini kebutuhan orang-orang yang mampu berpikir, menganalisis, dan menyintesiskan suatu permasalahan secara integral.  Jadi jika Anda masih selalu berpikir dengan satu sudut pandang saja maka Anda segera mengubah kebiasaan ini.

Menurut Head of Graduate Program Information Tehnology Binus, Suharjito, dengan berpikir holistik seorang lulusan S-2 akan mampu melihat berbagai peluang solusi dari suatu permasalahan. Dengan pola berpikir yang demikian maka mereka akan mampu memenangkan persaingan di era digital ini.




Baca juga: Ini Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Magang di Sebuah Startup

4. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Di era digital yang terus meluas dan membongkar batas-batas negara dan wilayah seharusnya para lulusan S-2 mengerti dan memahami bahwa komunikasi dalam bahasa Inggris adalah sesuatu yang penting. Maka dari itu jika para lulusan S-2 ini ingin memenangkan persaingan di era digital maka mereka harus menguasai bahasa internasional ini.

Meski hanya bekerja di dalam negeri, penguasaan pada bahasa Inggris sangatlah penting untuk para lulusan S-2. Sebab saat ini para CEO atau manajer ada yang banyak berasal dari luar negeri. Menurut Head of Graduate Program Industrial Engineering Binus, Taufik, di lapangan memang acap kali ditemukan lulusan S-2 yang mengalami kurang kepercayaan diri dan kesulitan ketika mempresentasikan ide-ide kreatif cemerlang mereka.

Hal ini diketahui disebabkan oleh kemampuan bahasa Inggris yang lemah. Maka di era digital yang telah menembus antar negara ini membuat para lulusan S-2 harus melengkapi beberapa kemampuan di atas dengan kemampuan komunikasi bahasa asing, terutama bahasa Inggris.



1 comment on this postSubmit yours
  1. pendidikan sangat penting, walau sudah lulus belajar tetap berlanjut selamanya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud