Inilah 4 Kelompok Black-hat Hacker Yang Paling Ditakuti Di Dunia

Inilah 4 Kelompok Black-hat Hacker Yang Paling Ditakuti Di Dunia

black hat hacker

Hacker atau peretas adalah orang yang melakukan berbagai usaha untuk merangkai kode perangkat lunak dan memanipulasi perangkat keras #komputer. Hacker yang kini telah menjadi istilah umum di dunia komputer ini kemudian menjadi rancu ketika banyak orang menganggapnya sebagai sosok atau pelaku kejahatan berbasis perangkat sistem komputer (#cybercrime).

Padahal tidak semua hacker melakukan kejahatan sistem komputer ini, dan mereka yang  kejahatan komputer ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai cracker.

Dalam perkembangannya, hacker sendiri kemudian terbagi menjadi dua kategori yaitu White-hat Hackers yang menggunakan keahlian teknisnya untuk pengembangan dunia komputer dan Black-hat Hackers  yang menggunakan ilmunya untuk kejahatan elekronik (cybercrime). Dan inilah empat kelompok Black-hat Hacker yang paling ditakuti di seluruh dunia dan perlu Anda waspadai.

1. Milw0rm

Sebuah aksi yang berdampak besar pernah dilakukan oleh Black-hat hacker Milw0rm pada tanggal 3 Juni 1998. Sebagai aksi protes anti-nuklir, kala itu Milw0rm menyerang fasilitas riset nuklir utama milik India ‘Bhabha Atomic Reserach Center (BARC)’. Aksi yang juga dilancarkan Milw0rm ke beberapa negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Russia, dan New Zealand ini berhasil membobol firewall fasilitas tersebut, memperoleh data rahasia dari riset terbaru sebesar 5 MB, menghapus data yang ada di dua server, dan menulis pesan anti-nuklir pada situs pusat mereka.

Tak lama setelah aksi tersebut, Milw0rm kembali berhasil menyerang perusahaan hosting EasySpace. Dalam aksi ini mereka berhasil memunculkan pesan anti-nuklir dalam tempo 1 jam di 300 situs web lainnya, termasuk #website FIFA World Cup, Wibledon, Ritz Hotel, Drew Barrymore, dan Keluarga Kerajaan Saudi.

Artikel lain: Juny Maimun, Hacker Yang Mempelopori Situs Indowebster

2. Masters of Deception

Kelompok Black-hat Hakcer yang perlu diwaspadai berikutnya adalah Master of Deception yang berbasis di New York. Kelompok yang kerap melakukan aksinya dengan nuansa rasial ini dibentuk pada tahun 1989 dan juga dikenal sebagai pesaing berat kelompok Black-hat hacker ‘Legion of Doom’ dari Texas.

Para anggota Master of Deception ini acapkali melakukan tindakan penyerangan yang mereka sebut sebagai salah satu tindakan pencurian informasi komputer terbesar yang pernah diketahui. Informasi rahasia yang telah mereka curi itu nantinya mereka jual kepada siapapun yang mampu membayar dengan nominal paling besar.

Beberapa sistem besar yang pernah berhasil mereka bobol adalah server komputer perusahaan telekomunikasi AT&T  serta daftar transaksi kartu kredit milik artis Julia Roberts. Namun kejahatan kelompok Master of Deception ini pada akhirnya bisa ditaklukkan oleh agen Secret Service dengan menangkap lima Black-hat hacker terbaik dari Master of Deception.

Dalam pengadilan kelimanya pun akhirnya mengaku bersalah dan mereka pun didakwa dengan tuduhan perusakan sistem komputer, penyadapan ilegal, dan konspirasi.

3. Lizard Squad

Beberapa bulan yang lalu, sekelompok orang yang menamakan dirinya Lizard Squad telah sukses meluluhlantakkan sistem media sosial terbesar di dunia yaitu Facebook dan Instagram. Selain kedua #media sosial tersebut, mereka juga berhasil menenggelamkan akses menuju MySpace, AOL Instant Messenger, Tinder dan Hipchat. Bahkan akun twitter Taylor Swift juga mengalami nasib yang sama oleh Lizard Squad pada beberapa hari setelah tumbangnya facebook dan Instagram.

Sebelum menumbangkan Facebook dan Instagram serta website besar lainnya, Black-hat hacker Lizard Squad juga pernah merusak sistem layanan PlayStation Network (PSN) dan Xbox Live tepat pada malam perayaan Natal tahun 2014 silam. Serangan cyber yang canggih dari Lizard Squad ini memiliki ciri khas yang selalu menggunakan metode serangan dengan sebuah tools yang disebut DDoS Attack.

Baca juga: Siapa Lizard Squad, Sang Penumbang Facebook & Instagram?

4. Anonymous

Kelompok Black-hat Hacker terakhir yang perlu diwaspadai adalah Anonymous. Kelompok anonim (tanpa nama) yang seringkali tampil dengan atribut topeng Guy Fawkes dalam film `V for Vendetta` ini pernah menyerang beberapa website besar seperti situs FBI, Departemen Kehakiman, Universal Music Group, #PayPal, MasterCard, Sony PlayStation Network dan situs besar lainnya.

Kelompok yang telah memiliki jumlah anggota lebih dari 5.635 orang ini memiliki moto “Kami adalah Anonymous. Kami adalah Pasukan. Kami tidak memaafkan. Kami tidak melupakan. Tunggu Kami”. Salah satu aksi fenomenal yang pernah dilakukan Anonymous adalah ketika mereka membobol jaringan Sony PlayStation Network sebagai aksi protes atas gugatan hukum terhadap Geohot.

Geohot sendiri merupakan Black-hat hacker yang berhasil melakukan jailbreak terhadap sistem PlayStation 3 dan menampilkan proses pembobolan tersebut di situs berbagi video #YouTube.

30 KOMENTAR

  1. Woow.. nice info.. jadi pengen belajar jadi hacker nih.. haha

  2. semua kembali pribadi masing masing, ilmunya mau digunakan untuk kejahatan atau kebaikan

  3. cloud storage indonesia

    Hacker emang ga semuanya jahat bung, itu bener. Cuma itu semua kembali sama orangnya lagi dengan skill hebatnya itu. Kalo orangnya emang punya otak kriminal mah susah…
    :v

  4. jangan hiraukan

    :) hmmm hacker menyerang karena pasti ada faktor tertentu mungkin saja bisa karna di dunia asli mereka takmendapat perilaku yang baik atau ingin membuat dunia tanpa diskriminasi jadi jangan berfikir macam macam tentang kami kalian bisa saja berceloteh buruk tentang kami, tapi kami hanya ingin tatanan dunia yang lebih baik tanpa kekerasan mungkin masih ada yang menyerang hanya untuk kesenangan tapi bukan berarti semua hacker itu salah jadj jangan bicara sembarangan!!

  5. mereka bisa di sebut juga dengan banci karena beraninya cuma di dunia maya kwkwkkwkw

    • Tukang burjo RT sebelah

      Mereka bukannya “banci”, cuma mungkin nggak dapet suara aja di realita, atau lebih bakat di depan komputer daripada di depan kantor Dewan Perwakilan

  6. Balas
    Saya mau gabung dgn grup hacker ini

  7. Admin kocak pooll, masa mau jd hacker dsrh belajar bobol celengan ayam dulu 😄😄😝😝😝😍

  8. 😄😄😄😄 .. Itu sih TS aja yang berpikiran Jahat :v :v :v

  9. makasih bos infonya dan salam sukses

  10. Drs .Hengky .O .S .Kom

    Moto anonymous:
    We Are Anonymous
    We are Legion
    We Do Not Forgive
    We Do Not Forgot
    Ecpect Us

    Hacker itu juga manusia ,punya hati ,mereka juga ingin negaranya maju ,jadi hormati kelebihannya ,bukan menghina kekurangannya

  11. Tidak semua Hacker itu jahat. Bisa membantu apa bila ada jaringan yg ingin merusak dunia. Walau hacker menyerang lewat program bukan lewat senjata tajam.
    Buktikan hacker buat berantas teroris dunia. Kita masih butuh bantuan berantas aksi teror.

  12. Saya ingin menjadi hacker yg bisa ngebobol bank amerika,gmna caranya??

    • Motivasinya aja udah jelek. Sebelum membobol bank Amerika, belajar dulu membobol celengan ayam.

  13. tak perlu takut cuman begituan aja mah biasalah

  14. Pngen bgt belajar jadi hacker tp sayang gw gagaptek.

  15. Coba ada Hacker yg nyebarin Video pemerintah Yg Korup aja selama 15 menit d TV Uuuuuu….. serutuh

  16. iM WORD IM PROGRAME

    Kalian Belum Mengenal Dunia Kami .. Kami Para Hacker Ada Pro Dan Kontra .. Kalian Belum Mengenal Dunia Kami .. Kami Para Hacker Ada Pro Dan Kontra ..
    Kalian Belum Mengenal Dunia Kami .. Kami Para Hacker Ada Pro Dan Kontra .. Kalian Belum Mengenal Dunia Kami .. Kami Para Hacker Ada Pro Dan Kontra ..
    Aku Adalah Aku Kami Adalah Kalian .. We Hacker We Jenios We Programer ..
    We Word Hacker Im Or Im We Or Im No Mis No Rush No Down We Hold We ..
    KAMI KUAT KAMI SATU KAMI PROGRAM

  17. wah, sangat mengagumkan. Perasaan master dari Indonesia juga ada Mr. Yang katanya bisa menggeser satelit dari orbitnya…

  18. Kalau hacker itu jg ada yg baik dan jahat.yg baik itu suka menolong dan membantu rakyat dan yg membutuhkannya.sdg yg jahat itu suka ngacak2 jaringan dan web serta ngirim virus perusak ke komputer org lain.yg diatas itu ya black hacker yg hebat tp merusak.ok nyong ….

  19. Emang lu tau nama asli hacker nya.dan hacker tu banyak.apa lagi di indo nesia .yang menyampai 33%

  20. klo mnurut saya anonymous. punya tujuan. tujuannya menyerang pemerintahan yang korupsi dan menghentikan the new world order. dan anonymous sama lizard squad itu hubungannya lg gk baik

  21. Robert Alexander

    Itu yang di atas bukan lah hacker tapi cracker karena kami para hacker bersifat membangun kalau cracker bersifat merusak kayak daftar kelompok di atas

    • hacker mana mau ngaku. ini ngaku pake “kami”

  22. Bukanya untuk mengatasi hacker itu mudah, tinggal datang kerumahnya lalu penjara orangnya, kalau orangnya kagak mau ngaku, pukuli saja sampai ngaku.

    • mencari rumah kami tidak semudah mencari alamat rumah di google maps

Tinggalkan Balasan