Inilah 4 Jurus Sakti Menghadapi Kondisi Ekonomi yang Tak Pasti

cara mengatur keuangan

Saat ini pereknomian global memang sedang terguncang. Diawali dari krisis dan kebangkrutan Yunani, ternyata ketidakjelasan perekonomian kini juga menguncang kawasan Asia, termasuk Indonesia. Ketidakpastian kondisi ekonomi Indonesia sendiri terjadi sejak Kuartal I tahun 2015. Ketidakpastian ekonomi ini kemudian berdampak sangat nyata dengan efek yang dirasakan oleh semua kalangan dari para pengusaha besar hingga rakyat jelata.

Ketidakjelasan dan labilnya ekonomi ini memang sudah merupakan hal yang hampir tidak bisa dihindari bagi semua negara. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Albert Einstein bahwa “uncertainty is part of reality” atau “ketidakpastian adalah bagian dari kenyataan”.

Penyebab Ketidakpastian Kondisi Ekonomi

Munculnya ketidakpastian kondisi ekonomi ekonomi ini memang tidak datang dengan sendirinya. Ada penyebab yang kemudian menimbulkan hal ini. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa runtuhnya perekonomian negeri dewa-dewi Yunani ini diprediksi kuat menjadi awal gejala munculnya ketidakpastian ekonomi di negara-negara lainnya.



Menurut penelitian mendalam dari Kolonel Stephen J Gerras,Phd, seorang profesor  di bidang Behavioral Science menyatakan bahwa sejak keruntuhan ekonomi Yunani, kondisi dunia memang semakin rapuh dan mudah menjadi tidak pasti.

Artikel lain: Tips Menjaga Keuangan Tetap Sehat Saat Dollar Menguat

Dari penelitian Kolonel Stephen J Gerras tersebut, ia menyebut kondisi dunia saat ini disebut sebagai VUCA. VUCA sendiri adalah akronim dari Volatile yang bermakna sementara dan berubah-ubah, Uncertainty yang berarti tidak pasti, Complex yang diterjemahkan sebagai rumit, dan Ambiguous yang ditafsirkan dengan ambigu alias multi tafsir. Kondisi VUCA inilah yang kemudian membuat perekonomian global saat ini menjadi tidak stabil.

Bergerak untuk Menghadapinya

Adanya perubahan memang menjadi faktor penentu yang membuat terjadinya ketidakpastian yang tidak bisa dihindari saat ini. Perubahan memang sesuatu yang abadi dan uniknya setiap perubahan yang muncul akan membawa ketidakpastian yang nyata dan tak bisa dihindari. Meskipun ketidakpastian ini bersifat pasti bukan berarti kita, terutama pebisnis hanya bisa pasif saja menerimanya.

Daripada hanya pasif dalam menghadai kondisi ekonomi yang tak pasti, berbuat dan menghadapinya dengan sebuah strategi atau jurus tertentu mungkin akan bisa membantu kita dalam meminimalisir dampak yang bisa ditimbulkan dari ketidakpastian ini.

Lantas bagaimana cara merespon ketidakpastian yang sekarang harus dianggap normal itu? Berikut beberapa strategi dan jurus sakti yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi sesuatu yang tak pasti tersebut.

1. Vision

Jurus sakti pertama adalah Vision yaitu menetapkan dan menguhkan visi atau pandangan jauh ke depan. Vision ini adalah cara ampuh untuk mengatasi kondisi Volatile atau perubahan yang sementara dan cepat. Visi yang lugas akan berfungsi sebagai pemandu jalan mencapai harapan sekaligus rel yang kuat ketika terjadi kondisi Volatile.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jack Canfield membuktikan bahwa 75 persen orang yang sukses adalah mereka yang memiliki visi yang jelas dan lugas. Syaratnya, Anda tidak boleh kompromi dengan visi tersebut jika terjadi perubahan yang mendadak. Sebaliknya Anda harus tetap terus berusaha mencapai dan mewujudkan visi tersebut.

2. Understanding

Understanding merupakan bentuk pemahaman untuk mengatasi situasi Uncertainty atau ketidakapastian. Jurus yang kedua ini sungguh sangat dianjurkan ketika ketidakpastian datang silih berganti. Dengan adanya pemahaman yang komprehensif terhadap situasi perubahan tersebut, Anda pun akan mampu mengantisipasi dampak burtuk dari ketidakpastian yang terjadi.

Dengan pemahaman yang kuat, Anda pun akan semakin percaya diri bahwa Anda akan mampu bangkit dan bahkan membuat peluang yang lebih baik yang datang dari setiap perubahan tersebut. Maka dari itu temukanlah peluang terssebut dengan pemahaman yang baik serta pengetahuan yang selalu diperbarui.

3. Clarity

Kejelasan atau ketajaman (clarity) memang sangat dibutuhkan setiap pebisnis untuk mengatasi kondisi Complex atau rumit yang diakibatkan dari ketidakpastian ini. Dengan ketajaman maka segala kompleksitas yang ada dalam situasi yang tidak pasti bisa diurai satu per satu. Namun untuk mendapatkan ketajaman ini, Anda harus memenuhi atau menjalankan secara akitf dua jurus sebelumnya yaitu vision dan understanding.

Baca juga: 6 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun Mulai Dari Sekarang

4. Agility

Terakhir, jurus jitu dalam menghadapi kondisi ekonomi yang tak pasti adalah Agility (kelincahan). Alih-alih pasif dan menyerah, pebisnis seharusnya lincah, tangkas dan gesit untuk mengatasi keadaan Ambiguous (ambigu). Ketika kondisi berubah menjadi ambigu dan sulit untuk ditafsirkan apa makna dibalik ketidakpastian tersebut, kelincahan bergerak adalah cara paling jitu untuk merespon apapun makna dari kondisi yang ambigu tersebut.

Agility ini sendiri bisa diartikan Action. Setelah menjalankan ketiga jurus sebelumnya, maka Anda memang harus action. Karena hanya dengan bertindak (action) Anda akan menciptakan sebuah dampak atau perubahan.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud