Inilah 4 Hal yang Harus Perhatikan Sebelum Memasarkan Produk Kelas Premium

memasarkan produk kelas premium

Menjalankan bisnis memang penuh dengan resiko. Ada resiko rugi bahkan tak jarang juga muncul resiko yang lebih besar yaitu bangkrut. Namun di balik resiko-resiko tadi, ada buah yang sangat manis bagi para pebisnis yang menjalankan usahanya yaitu keuntungan, kelegaan dan kepuasan. Tiga hal inilah yang kemudian membuat berbisnis atau berwirausaha tetap menjadi sebuah kekuatan dan pilihan favorit bagi beberapa orang.

Berbicara tentang resiko, ada sebuah ketakutan besar yang umumnya muncul dari para pengusaha yang memiliki usaha jual-beli dengan produk premium (eksklusif/ kelas atas). Berjualan produk kelas premium memang memiliki sedikit resiko yang lebih besar dari pada berjualan barang biasa (umum). Ini karena selain pangsa pasar yang tidak banyak di Indonesia, produk premium yang harganya tinggi akan membuat banyak orang akan berhitung kembali sebelum membelinya.

Namun selalu ada jalan menju Roma, bagi Anda yang memang memilki niat dan rencana untuk berjualan produk-produk premium, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jalankan sebelum menawarkan produk premium kepada konsumen.

1. Beri tahu Konsumen benefit yang akan didapatkan

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum menawarkan produk premium adalah memberitahu konsumen tentang benefit yang akan didapatkan. Memang seringkali alasan mengapa orang enggan mengeluarkan uang dengan nominal besar adalah karena mereka belum mengerti benefit atau keuntungan yang bisa mereka dapatkan dari produk tersebut.

Maka dari itu sebelum Anda benar-beanr memasarkan produk premium Anda alangkah baiknya Anda memberitahukan benefit dari produk Anda tersebut. Apalagi jika produk Anda terkategori produk baru, dimana beum banyak orang yang mengenalnya.




Artikel lain: Produk Mahal Sulit Dijual? Ketahui Dulu Triknya!

Dengan konsumen mengetahui benefit atau keuntungan yang bisa didapat, maka mereka akan lebih memiliki antusias untuk membeli. Ini karena saat mereka mengetahui berbagai keuntungan tersebut, pemikiran “rugi” yang ada pada pemikiran mereka akan hilang dan efeknya akan memandang produk premium Anda memang pastas dibeli dengan harga yang lebih dari produk lainnya.

2. Gunakan Testimoni Pelanggan Produk Kelas Premium

Tips berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk kelas premium Anda adalah dengan menggunakan pengalaman orang yang telah menggunakan produk Anda. Setiap kali ada konsumen yang membeli produk Anda dan merasa puas, maka Anda wajib meminta testimoni atau pernyataan meraka.

Dokumentasikan pernyataan atau testimoni mereka tadi sebagai bukti bahwa produk Anda bisa memberikan kepuasan. Biasanya testimoni yang berisi “Kata puas”, “meskipun harganya tinggi tapi sesuai dengan kualitas”, “akan membeli lagi” adalah kalimat-kalimat yang diperhatikan oleh pelanggan sebelum memutuskan membeli sebuah barang. Namun Anda juga tidak perlu memaksa pelanggan Anda untuk mengatakan kata-kata tersebut.

Biarkan mereka memberikan testimoni sesuai dengan apa yang mereka rasakan atas produk Anda. Satu hal lagi yang perlu diingat jangan memberikan testimoni yang palsu kepada calon konsumen Anda. Jika Anda nekat melakukannya maka hal ini bisa berdampak sangat buruk untuk bisnis Anda.




3. Bandingkan barang yang Anda punya dengan kompetitor

Jika Anda yakin dengan kualitas produk premium Anda di banding dengan produk lainnya maka kenapa harus ragu untuk menjualnya kepada orang lain? Namun untuk mengetahui bahwa kualitas produk premium Anda lebih baik dari produk sejenis, Anda mau tak mau harus melakukan survey atau riset.

Lakukanlah riset produk Anda dengan produk sejenis dan bandingkan beberapa komponennya seperti bahan, fitur, harga dan juga kualitas pendukung produk lainnya. Jika memang Anda menemukan kelebihan yang ada pada produk Premium Anda, maka Anda bisa memberitahukanya kepada calon pembeli yang Anda target. Dengan mengetahui keuntungan berlipat yang bisa didapat calon pembeli Anda, maka produk Anda akan berpeluang terjual dengan baik.

Baca juga: 5 Strategi Menaikkan Harga Tanpa Khawatir Kehilangan Pelanggan

4. Pastikan Anda menawarkan produk kepada target pasar yang tepat

Terakhir, hal yang perlu diperhatikan sebelum memasarkan produk premium adalah memastikan penawaran Anda tepat kepada target pasar yang tepat. Karena ini adalah produk kelas premium yang berkelas dan eksklusif maka Anda tidak bisa menjualnya secara sembarangan.

Target pasar yang tepat untuk produk high class ini tentunya mereka yang memiliki tingkat ekomoni tinggi. Untuk itu kenalilah siapa yang sedang berhadapan dengan kamu sekarang. Apakah mereka betul-betul target pasar yang dituju? Pastikan mereka memiliki kemampuan finansial yang cukup guna membeli barang Anda yang memang berada di kelas premium.

Selain itu, cari tahu pula apakah barang yang Anda jual sesuai dengan kebutuhan mereka. Jangan sampai sudah membidik pasar yang tepat tapi sayangnya barang yang dijual tidak sesuai dengan kebutuhan calon pembeli.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud