Inilah 4 Aplikasi untuk Jadikan Baterai Smartphone Android Anda Irit, Cobalah!

aplikasi penghemat baterai smartphone

Image dari Arstechnica.net

Smartphone Android memang menawarkan banyak hal menarik bagi para penggunanya. Dari sini maka hampir sebagian besar pengguna #smartphone Android sangat suka berlama-lama bermain dengan si robot hijau ini. Dengan penggunaan yang lama inilah maka baterai Android jadi rentan boros alias cepat habis. Hal ini tentu saja menjadi hal yang kurang menyenangkan bagi para pengguna Android yang selalu terus eksis dengan smartphone-nya.

Memang para pengguna ini bisa menggunakan powerbank atau juga mengisi dayanya langsung via colokan listrik sebagai solusi langsung, namun bagaimana jika Anda berada pada situasi yang tidak mendukung kedua cara ini. Ya, untuk lebih mampu mengantisipasi segala kemungkinan yang ada dari habisnya baterai maka cara membuat perangkat tidak boros adalah hal yang tepat? Bagaimana caranya?Mudah, gunakan saja beberapa aplikasi penghemat baterai #Android berikut ini.

1. Greenify

Aplikasi pengirit baterai Android yang pertama adalah Greenify. Dengan cara kerja melakukan hibernasi pada aplikasi atau program yang tidak digunakan, maka aplikasi ini akan sangat cocok untuk bisa menghemat baterai. Selain membuat hibernasi secara otomaits, dengan Greenify pengguna juga bisa melakukan pengaturan sendiri dengan memilih aplikasi yang akan dibuat mode hibernasi.

Dengan cara peng-hibernasi-an ini maka kerja program penting seperti alarm atau messaging tidak akan terhalang. Dan saat akan membangunkan aplikasi yang tadinya mengalami hibernasi ini dengan Greenify maka Anda akan membuat baterai ponsel mengambil daya lebih banyak jika dibandingkan dengan memanggilnya kembali dari awal.

Artikel lain: Baterai Smartphone Anda Cepat Habis? Mungkin Saja Aplikasi Ini Biang Keroknya




#Aplikasi Greenify ini makin menarik ketika muncul di OS (Operating System) Android 6.0 Marshmallow. Pasalnya di OS terbaru ini Greenify menawarkan beragam fitur-fitur khusus yang memperkuat fungsi Doze. Fitur khusus ini antara lain fitur Shallow Hibernation untuk menghentikan sementara laju background tanpa harus mematikannya.

2. Go Battery Saver & Power Widget

Berikutnya aplikasi gratis penghemat baterai adalah Go Battery Saver & Power Widget. Ada pilihan penghematan yang ada pada aplikasi ini yaitu dengan memilih tingkatan irit daya untuk mengaktifkan sejumlah preset dari yang biasa hingga tingkatan paling ekstrem. Selain pilihan pengiritan, dengan aplikasi ini pengguna juga diberikan pilihan untuk untuk membuat custom mode penghematan baterai apa saja yang akan dilakukan.

Dalam hal otomatisasi, aplikasi Go Battery Saver & Power Widget ini mampu melakukan pemonitoran aplikasi yang paling memboroskan baterai. Kemampuan Go Battery Saver & Power Widget ini makin terasa dengan adanya shortcut widget di homescreen yang lengkap dengan opsi pembelian skin tambahan untuk aplikasi .

3. Avast Battery Saver

Selanjutnya, aplikasi pengirit baterai Android adalah Avast Battery Saver. Meski lebih dikenal sebagai developer #antivirus, namun Avast juga mampu menghadirkan aplikasi penghemat daya Android yang tak kalah canggih dan menarik. Kecanggihan aplikasi ini sendiri bisa terlihat dari kemampuannya untuk memprediksi waktu habis baterai ponsel dengan tepat dan akurat.

Selain kemampuan tersebtu, Avast Battery Saver ini juga dilengkapi dengan beragam fitur yang mampu dimanfaatkan untuk melakukan pengaturan aspek-aspek pemboros baterai seperti kecerahan layar, Wi-Fi, vibration dan sinkronisasi data. Pada aplikasi ini sendiri terdapat empat preset yang bisa dipilih dan diatur sesuai kebutuhan pengguna yaitu Home, Work, Night dan Super-Saving Emergency Mode.




Selain pengaturan preset secara manual, aplikasi Avast Battery Saver juga bisa diatur agar pergantian preset ini berjalan secara otomatis sesuai dengan pergantian situasi ponsel. Seperti contoh kasus ketika berganti Wi-Fi network dari jaringan kantor ke jaringan rumah.

Baca juga: Mau Baterai Smartphone Hemat dan Tahan Lama? Cobalah 10 Cara Berikut Ini

4. DU Battery Saver & Phone Charger

Terakhir, aplikasi penghemat baterai smartphone Android adalah Du Battery Saver & Phone Charger. Dengan tampilan yang sederhana, aplikasi ini akan membuat Anda mampu menghemat daya baterai dengan aman dan nyaman. Selain aman dan nyaman, dengan aneka pengaturan dan shortcut yang ada maka pengguna akan dipermudah untuk melakukan pengaturan daya.

Jangan lupa juga aplikasi DU Battery Saver & Phone Charger ini juga mampu mengetahui aplikasi yang paling boros memakan daya. Aplikasi ini sendiri ada dua jenis yaitu versi yang gratis dan cuma-cuma dan versi berbayar senilai 3 dollar AS dengan fitur penghematan daya hingga 70 persen lebih serta fitur pembersihan background process yang tidak penting.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. perlu dipasang semuanya kayanya bisa awet 2 minggu..hihihi

  2. Keren ni aplikasi kelihatannya, bisa untuk melakukan Hangout pada malam hari agar batrei tidak cepat habis…

    trima kasih referensinya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud