Inilah 7 Karakteristik Template yang Baik Untuk Blog Anda

Inilah 7 Karakteristik Template yang Baik Untuk Blog Anda

Image dari Joomlashine.com
Image dari Joomlashine.com

Dalam dunia blogging, melakukan desain template atau layout blog merupakan sesuatu yang tak bisa diremehkan. Ini karena template bisa mempengaruhi profesionalitas blog Anda yang dapat membuat betah atau tidaknya pengunjung blog.

Maka dari itu template atau theme design adalah salah satu unsur yang krusial bagi sebuah blog. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa If the content is King, then the design is the queen. First impression bagi pengunjung yang akan memberikan pengaruh yang cukup besar. Jadi, keduanya sama pentingnya.

Pentingnya Memilih Template yang Baik Untuk Blog

Desain blog merupakan first impression yang kuat bagi pengunjung yang datang ke blog Anda. Maka  pengunjung yang datang ke blog, umumnya hal pertama yang akan dinilai adalah tampilan blog. Tampilan blog memang merupakan hal pertama yang akan dilihat pengunjung sebelum yang lainnya. Pengunjung bisa saja akan langsung pergi dari blog Anda jika template yang ada tidak menarik atau membuat mereka bosan.

Dari hal ini tampilan atau template blog memang tak bisa Anda sepelekan begitu saja. Untuk bisa sukses dalam blogging, Anda harus membuat desain tampilan blog yang unik, meanrik dan berbeda dari blog lainnya.

Artikel lain: 7 Poin Penting Mengapa Anda Wajib Menerapkan Konsep Mobile-Friendly

Dan satu hal yang perlu Anda ingat bahwa template yang baik untuk blog tidak harus penuh dengan gambar, menggunakan flash yang berat dan pernak-pernik yang berlebihan. Template yang simple namun memiliki ciri khas akan lebih baik bagi Anda untuk blog Anda. Selain simple, ada beberapa karakteristik template blog yang baik untuk Anda ketahui. Berikut pembahasannya.

1. Clear Navigation

Yang pertama, karakteristik template yang baik untuk blog adalah template yang menggunakan clear navigation. Dengan menggunakan clear navigation atau navigasi yang jelas, maka pengunjung yang datang akan mampu melihat dengan jelas kesluruhan blog serta akan lebih mudah mencari apa yang mereka butuhkan.

2. Clean Background And Dark Text

Melihat dan membaca blog dalam media layar kaca memang menjadi tantangan tersendiri bagi para blogger untuk mempertahankan pengunjung yang datang dalam waktu yang lama. Namun dengan template yang nyaman seperti background putih dengan teks berwarna gelap bisa jadi solusi Anda untuk membuat pengunjung bisa berlama-lama di blog Anda. Sebenarnya Anda bisa menggunakan kombinasi warna lain selain putih dan hitam, asalkan tidak ada kombinasi warna yang dapat membuat pengunjung sakit mata.

3. No Bad Font

Pilih dan buatlah jenis font template yang mudah dibaca dan juga memiliki ukuran cukup enak dipandang mata. Hindari jenis font yang terlalu berlebihan hingga sulit dibaca atau font yang memiliki ukuran yang terlalu kecil. Jenis font yang terlampau rumit dengan ukuran yang kecil bisa membuat mata pengunjung cepat lelah atau mungkin mereka sudah pergi meninggalkan blog Anda saat melihat font yang sedemikian rupa.

4. No Blingky Images and High Flash

Hal berikutnya yang perlu Anda hindari dalam template blog adalah sesuatu yang berlebihan seperti tampilan bling bling atau flash yang tinggi. Alih-alih membuat tampilan blog lebih atraktif, komponen berlebihan ini bisa menjadikan blogmu akan tampil melambat dan jadi terlihat tidak profesional.

5. No Pop Up Window

Percayalah, pop up window akan membuat pengunjung malas dan jemu. Dan bukan tidak mungkin pop up window bisa membuat pengunjung pergi meninggalkan blog Anda dan tidak datang lagi. Maka dari itu daripada membuat pop up window, alangkah lebih baik Anda fokus untuk membuat konten yang baik dan bermanfaat.

6. Informative Sidebar

Manfaatkan dan maksimalkan fungsi sidebar dengan mengisi link-link artikel terkait atau berhubungan. Dengan memanfaatkan fungsi side bar dengan baik maka pengnjung bisa akan lebih nyaman dan akan betah berlama-lama  lama berada di blogmu. Jangan lupa juga untuk memuat kategori blog, recent posts, dan link-link penting lainnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis di WordPress dan Blogger

7. Use Plugin

Terakhir, karakter template yang baik untuk blog adalah template yang menggunakan dan memanfaatkan fungsi plugin. Dengan memaksimalkan fungsi plugin yang tersedia maka akan membuat tampilan blogmu menjadi semakin menarik. Dan untuk kasus yang satu ini, blog berbasis wordpress merupakan blog yang paling atraktif dibanding blog lain dalam penggunaan plugin.

8 KOMENTAR

  1. no 5 , bagaimana jika tetap menggunakan itu ? tapi pengunjung betah ? soalnya saya menggunakan pop up iklan , supaya mendapat penghasilan tambahan . trims

  2. Muhammad Arifin

    informasi bagus mastah, template memang sangat penting sekali untuk blog atauun website soalnya tampilanya biar bagus dan keren kaya mazmonroe ini, ajib deh

  3. Terima kasih mas tipsnya :) untuk pop up window memang bikin jengkel males mas, makanya saya ngga pernah masang iklan pop up karena benar-benar mengganggu

  4. Pop up memang bikin jengkel mas.
    Nice info, makasih

  5. Maaf mas kiresi sedikit. Judul artikelnya mungkin kurang tepat. Poin nya cuma ada 7, bukan 11.

  6. Nice post nya,.. cukup jelas dan paham :D

Tinggalkan Balasan