Ini Dia 3 Srikandi Entrepreneur Indonesia Dengan Pengaruh Luar Biasa

Image dari Forbes.com

Belum lama ini media bisnis dan entrepreneurship Forbes mengeluarkan daftar tentang sejumlah wanita Asia yang memiliki pengaruh besar terutama di bidang ekonomi dan bisnis. Dalam daftar tersebut, mayoritas memang berasal dari negara besar seperti Jepang dan China, namun ternyata  Indonesia juga menyumbang beberapa nama termasuk tiga entrepreneur wanita berikut ini.

Ketiganya merupakan sosok yang memiliki pengalaman panjang di bidang bisnis serta dedikasi yang luar biasa untuk mengembangkan usaha. Bahkan, pencapaian dari ketiga entrepreneur wanita ini mampu melampaui banyak pengusaha pria di Indonesia.

Siapa saja mereka? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Anne Patricia Sutanto

Image dari Swa.co.id

Entrepreneur wanita asli Indonesia dengan pengaruh besar yang pertama adalah Anne Patricia Sutanto. Hingga saat ini Anne aktif menjabat sebagai Vice President Director PT Pan Brothers Tbk. Perusahaan PT Pan Brothers Tbk sendiri merupakan unit usaha yang bergerak di bidang produksi garmen terutama beberapa merk ternama seperti Uniqlo, Rebook, dan Nike.

Dengan pendapatan mencapai 340 juta dollar, Pan Brothers bisa dibilang menjadi salah satu perusahaan garmen terbesar di Indonesia. Dan menempati posisi strategis sebagai Vice President Director tentu bukan posisi yang sembarangan.  Terlebih, ekspansi perusahaan Pan juga semakin besar dengan total pabrik mencapai belasan unit di seluruh Indonesia.

Artikel lain: Tahukah Anda? Ternyata 8 Dari 10 Miliarder Wanita Terkaya Di Dunia Ada Di China Lo!

Mengenai kehidupan pribadi dari Anne, ia memang terlahir dari keluarga yang berkecukupan dengan background bisnis yang kental dari ayahnya. Pada tahun 1997, Anne mulai bergabung dengan Pan brothers berbekal beberapa saham yang dia miliki. Dari situ perlahan ia berhasil menempati posisi sebagai vice president dan mendapat kepercayaan besar mengembangkan beberapa sektor usaha.

Selain berkecimpung di perusahaan Pan Brothers, lulusan Teknik Kimia dari University of Southern California dan MBA dari Loyola Marymount di Los Angeles ini juga memiliki usaha lain yakni Homeware International. Perusahaan tersebut memproduksi furniture serta aksesoris rumah dengan kualitas ekspor.




2. Noni Purnomo

Image dari Forbes.com

Entrepreneur wanita yang kedua adalah President Director Blue Bird Group Holding, perusahaan armada taksi populer di Indonesia. Lahir sebagai salah satu anak dari pendiri jaringan taxi Blue Bird, Noni memang sudah diarahkan oleh keluarganya untuk meneruskan bisnis tersebut.

Dengan pengalaman serta kedekatan ketika mengenal bisnis keluarga ini, Noni bisa lebih paham bagaimana cara mengembangkan bisnis. Bahkan, ketika perusahaan taksi Blue Bird baru pertama kali berdiri di tahun 1972, pada usia yang masih sangat belia ia sudah sering berinteraksi dengan para pekerja taksi.

Tak mengherankan bila kemudian kedekatan tersebut bisa menjadi tambahan semangat serta inspirasi tentang bagaimana mengembangkan bisnis transportasi.

Pencapaian terbesar yang pernah dirasakan Noni Purnomo adalah ketika PT Blue Bird Tbk (BIRD) mampu memperoleh pendanaan dalam jumlah yang luar biasa besar ketika pertama kali menjalankan rilis saham secara publik. Lewat keputusan IPO tersebut, Blue Bird mendapat suntikan pendanaan hingga 230 juta dollar.

3. Wendy Sui Cheng Yap

Image dari Forbes.com

Dan pengusaha wanita ketiga yang tak kalah inspiratif adalah, Wendy Sui Cheng Yap. Wanita ini menduduki posisi panas sebagai President Director dan CEO PT Nippon Indosari Tbk. Seperti diketahui, Nippon Indosari merupakan perusahaan yang memproduksi banyak produk makanan, salah satunya yang paling populer adalah produk roti dalam kemasan, Sari Roti.

Hingga saat ini bisa dibilang Sari Roti merupakan pilihan utama produk roti bagi masyarakat Indonesia. Terlihat dari penguasaan pasar yang mencapai 90% dari pasar domestik, saat ini ada di tangan perusahaan berlogo biru tersebut.

Baca juga: Lea Kusumawijaya ~ Sebarkan Motivasi Wanitapun Bisa Menjadi Pemimpin Bisnis

Di sinilah Wendy menjalankan tugas yang memiliki kewenangan untuk membawahi tak kurang dari 10 pabrik Sari Roti di seluruh Indonesia. Dengan kapasitas produksi mencapai 4,2 juta roti per hari, Sari Roti kabarnya mampu memperoleh keuntungan hingga 147 juta dolar.

Mengenai background keluarga, Wendy merupakan putri dari salah satu pendiri serta eksekutif Grup Salim, Piet Yap. Piet Yap adalah sosok yang dikenal sebagai pendiri perusahaan Bogasari, produsen tepung populer di Indonesia.

Dari situ, ia fokus mengembangkan perusahaan yang bergerak di bidang makanan serta pengolahan sumber daya alam. Selain itu, lini usaha lain seperti real estate juga pernah dijalankan oleh wanita 60 tahun tersebut.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud