Ini Bahaya Workaholic, Wasapadalah!

Ini Bahaya Workaholic, Wasapadalah!

bahaya workaholic
Image dari bbci.co.uk

Bekerja dan menjalankan bisnis dengan penuh semangat dan dedikasi tentu adalah suatu hal yang sangat positif. Karena tuntutan ke depan dalam mengelola sebuah bisnis akan semakin ketat. Namun demikian, jangan sampai teman-teman menjdi terbebani dan lupa akan segalanya. Baik untuk kebutuhan dasar teman-teman sendiri maupun untuk orang-orang yang ada di sekitar kalian.

Menjadi seorang yang gila pekerjaan atau workaholic bukanlah hal yang bagus. Kalian harus tetap bisa mengontrol dan menjadikan semua seimbang meskipun kadang itu sangat sulit.

Jika teman-teman mulai melupakan keberadaan diri pribadi dan orang terdekat, maka Anda patut waspada. Jika keadaan seperti ini dibiarkan, lama kelamaan teman-teman akan terjebak menjadi seorang yang tidak peduli dengan keadaan karena pekerjaan. Nah, apa sih sebenarnya bahaya dari workaholic itu sendiri? simak di bawah ini.

1. Penurunan Kesehatan

Tentu saja yang pertama adalah tentang #kesehatan. Bagaimana tidak, forsir bekerja tanpa mengenal lelah, lembur tiada henti, pasti akan membuat kesehatan teman-teman menurun.

Ingat kawan, tubuh manusia juga ada batasnya. Janganlah memforsir tubuh kalian hanya karena memenuhi keinginan bekerja yang tidak pernah ada habisnya. Jika ini terjadi, yang akan menderita juga kalian sendiri.

Artikel lain: Stop! Jangan Lakukan Ini, Jika Anda Ingin Meraih Sukses

2. Ancaman Terhadap Produktivitas

Ingat, workaholic bukan membuat kalian menjadi semakin produktif namun justru sebaliknya. Tahu kenapa, karena kebugaran fisik akan berpengaruh terhadap daya kreasi dan inovasi seseorang.

Tentu saja ini juga akan merembet pada daya produktivitas teman-teman sendiri. Jangan berpikiran bahwa menjadi seorang yang gila pekerjaan akan membuat pekerjaan berjalan dengan baik, itu adalah anggapan yang keliru.

3. Anda Akan Menjadi Seorang Perfeksionis

Kondisi dan keadaan bekerja terus menerus tanpa menghiraukan istirahat, akan membuat Anda menjadi seorang perfeksionis. Dan ini buruk, karena perasaan ini akan selalu menghantui setiap langkah kerja Anda.

Semuanya menjadi akan mudah salah karena mental Anda secara tidak sadar sudah terganggu dengan keadaan yang tidak nyaman. Keadaan ini Anda sendiri yang membuat, bukan orang lain dengan menjadi seorang yang workaholic. Anda akan semakin tersiksa oleh pekerjaan itu sendiri, yang pada akhirnya akan bermuara pada stres dan depresi.

4. Lupa Cara Menikmati Hidup

Jika menjadi workaholic terus Anda biarkan, maka Anda akan lupa bagaimana seharusnya menikmati kehidupan. Bahkan menikmati hidup untuk diri sendiri pun juga sangat sulit diwujudkan. Jika sudah demikian, maka jangan menyalahkan siapa-siapa jika stres akan segera melanda diri Anda sendiri.

Depresi juga sangat mudah menghinggapi Anda jika Anda tidak bisa lagi menikmati kehidupan yang indah ini. Sedikit menikmati setiap langkah yang Anda buat akan membuat kehidupan Anda lebih baik dan nyaman.

5. Hilangnya Interaksi Sosial

Ini sangat berbahaya jika Anda mengalaminya. Bagaimana tidak, dengan berbagai kesibukan kerja yang Anda lakukan, sampai membuat Anda melupakan status sosial Anda. Anda menjadi jarang bergaul dengan orang-orang di sekitar Anda.

Anda tidak pernah hadir dalam rembug desa atau apapun jenisnya. Kehadiran Anda sangat penting dalam menjalin hubungan interaksi sosial yang sehat. Jangan sampai hilangnya interaksi sosial ini membuat Anda menjadi seperti sendirian di tengah keramaian. Ini akan menjadikan Anda terkucil di dalam pergaulan masyarakat. Pikirkanlah, jangan sampai itu terjadi pada Anda.

Baca juga: 8 Aturan Ini Bantu Sukseskan Bisnis Anda, Lakukan Sekarang!

6. Terasingkan Di Dalam Keluarga

Ini yang sangat menyakitkan, percayalah, workaholic tidak akan membuat keluarga Anda menjadi bahagia atau bangga. Namun justru sebaliknya, mereka akan merasa kesepian dan kehilangan Anda. Apalagi jika Anda sudah bersuami atau beristri, maka perhatikan mereka.

Jangan sia-siakan mereka, mereka hanya butuh kehadiran Anda di tengah-tengah mereka. Bercengkerama menikmati hari demi hari bersama penuh dengan kehangatan. Keharmonisan keluarga bisa menjadi terancam jika Anda membiarkan workaholic menguasai Anda.

Nah, itulah beberapa bahaya pada seseorang yang terjangkit oleh virus workaholic. Jika teman-teman belum terkena, sebaiknya waspadalah, karena pada dunia modern seperti saat ini, virus seperti ini sangat mudah sekali menyerang. Hal ini disebabkan begitu besarnya tuntutan kerja yang semakin hari bukan berkurang namun malah semakin bertambah.

1 KOMENTAR

  1. Bener banget tu mas, memaksakan diri untuk bekerja memang mempengaruhi kesehatan jangka panjang…

Tinggalkan Balasan