Ingin Toko Online Sukses Di Tahun 2016 ? Persiapkan Dulu 6 Komponen Pendukungnya Berikut Ini

membuat toko online

Image dari Skylinegrid.com

Bisnis berbasis online #ecommerce dalam beberapa tahun belakangan ini memang semakin menunjukan taringnya. Dan telah menjadi trendsetter di kalangan startup dan pebisnis online lainnya beberapa tahun terkahir. Bahkan pada tahun berikutnya yaitu tahun 2017 diperkirakan penjualan yang dihasilkan oleh e-commerce akan menyentuh angka US$ 434.000.000.000.

Perilaku pelaku konsumen online pada waktu-waktu ini lebih condong melakukan kegiatan berbelanja online dengan memanfatkan #smartphone yang mereka miliki. Akhirnya dapat dipastikan angka ini akan terus merangsek naik dan mengalami perkembangan yang signifikan.

Dalam sebuah bisnis berbasis online ini, tidak terlepas dari produk-produk yang selalu up to date mengikuti perkembangan gaya hidup yang ada. Produk yang diciptakan dituntut untuk selalu menghadirkan berbagai keunggulan dan inovasi yang belum ada sebelumnya. Di samping itu komponen yang paling penting ialah tempat untuk melakukan kegitan berjualan (toko online) harus menarik dan memikat para pembeli untuk terus dikunjungi.

Artikel lain: 6 Fitur Penting yang Sebaiknya Ada Pada Toko Online Anda

Dari kondisi seperti ini Anda sebagai pelaku usaha dituntut untuk mampu menyiasatinya. Dan di kesempatan kali ini Anda perlu memperhatikan dan mempersiapkan beberapa komponen yang mendukung pembuatan #toko online yang sukses dan berikut ini ulasannya.

1. Buatlah Kesan Pertama Kali yang Mengesankan

Yang pertama, anda perlu menjaga pengunjung situs Anda untuk terlibat aktif. Dibutuhkan sepersekian detik bagi seorang pengunjung untuk menyukai situs Anda atau tidak. Sebagai pelaku usaha yang baik anda harus memikirkan hal-hal yang bersifat sederhana sekalipun. Seperti nama toko online, cara seperti ini dapat memberikan kemudahaan dalam pemberian nama yang tepat untuk toko online anda.

2. Gunakan Pernak Pernik Menarik Untuk Mengisi Toko Online

Sebagai pemilik toko online yang baik Anda harus mengetahui bahwa pelanggan Anda akan mengingat 80% dari apa yang mereka lihat dan 20% dari apa yang mereka baca. Dua faktor yang paling menentukan desain web yang bagus serta gambar produk terlihat jelas dan memperlihatkan informasi yang detil. Fokus anda harus tertuju sepenuhnya terhadap situs ecommerce yang anda miliki karena dengan begitu bisa memberikan kesan yang baik di mata para pelanggan.

3. Tingkatkan Navigasi Toko Online Anda

Desainlah rancangan navigasi yang tidak membuat pengunjung stress. Navigasi tersebut harus dapat berfungsi untuk memberi kemudahan bagi para pengunjung menemukan apa yang mereka cari karena jika mereka tidak dapat menemukan apa yang dicari pengunjung tidak bisa membeli produk kita. Cara ini mudah untuk diterapkan dan sudah terbukti sangat efektif. Tambahkan produk-produk terbaru karena seorang konsumen yang telah menjadi pelanggan biasanya menginginkan koleksi terbaru anda.

Kebanyakan yang telah terjadi para pelanggan enggan untuk menelusuri dan melihat produk yang lama tapi cenderung ingin selalu melihat produk yang terbaru. Ini dapat disiasati dengan cara menambahkan tab produk baru dalam navigasi utama anda dimaksudkan supaya lebih terlihat dan untuk “menggoda” pengunjung baru untuk melihat situs anda.

4. Miliki Ide Dan Gagasan yang Kreatif

Kita bisa membuat ecommerce baru menjadi kreatif apabila kita bisa menjual sesuatu yang bahkan orang pun tidak tahu. Di sini ide-ide kreatif kita berbicara, produk apa yang jika kita ciptakan itu bisa mendatangkan potensi yang lebih besar untuk perkembangan bisnis online Anda. Contohnya, sesuatu yang sederhana tetapi sifatnya masih membumi itu yang akan lebih dikenal oleh orang banyak dibandingkan sesuatu yang bersifat besar tetapi tidak besifat umum.




5. Menyusun USP (Unique Selling Proposition)

Komponen ini sangat diperlukan bagi pengembangan penjualan Anda. Setiap bisnis memliki sesuatu yang penting dan yang membedakannya dari yang lain, anda hanya perlu memahami dan mencermati apa itu. Alternatif lain ialah dengan melakukan penelitian dengan para pesaing anda. Apa yang mereka fokuskan, apa yang kurang hingga bisakah kita membawa semua kelebihan tersebut untuk para pelanggan.

Baca juga: Kesalahan Fatal Yang Sering Terjadi Dalam Website Toko Online

6. Bangun Pemikiran Positif Pada Halaman Profil

Halaman tentang kami (about us) adalah jendela ke dalam bisnis Anda. Halaman tersebut dapat menarik sekitar 7 % dari pengunjung yang datang. Ini saja sudah menjadi alasan yang cukup kuat untuk mulai merancang bagian halaman ini dengan sebaik-baiknya. Suguhkanlah hal-hal yang bersifat jujur di halaman informasi tentang kami dan di sertai dengan desain yang akan memicu rasa ingin tahu para pengunjung.



1 comment on this postSubmit yours
  1. mantap nih……biasanyya saya lebih suka dengan toko online sederhana yang sistem navigasinya tidak ribettt

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud