Ingin Tahu Performa Akun Instagram Anda? Cobalah 5 Layanan Statistik Berikut Ini

Ingin Tahu Performa Akun Instagram Anda? Cobalah 5 Layanan Statistik Berikut Ini

performa akun Instagram

Setelah sebelumnya kita membahas tools analitik untuk akun #media sosial Twitter, sekarang kita akan membahas beberapa tools analitik untuk melihat performa akun Instagram kita. Instagram saat ini memang merupakan salah satu media sosial yang juga menjadi andalan bagi beberapa pihak termasuk pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta branding.

Dengan jumlah pengguna yang telah mencapai lebih dari 300 juta penggun aktif per bulan dengan 70 juta foto baru yang diunggah setiap harinya, jejaring sosial kreasi Kevin Systrom ini dianggap sudah mumpuni untuk menarik banyak konsumen dan penggemar bisnis.

Dengan mengunggah foto yang bagus serta tagline yang menarik, pebisnis bisa berpeluang menjadikan produk dan brand bisnisnya meningkat. Jika Anda telah menggunakan #Instagram sebagai sarana promosi, tentu Anda ingin melihat hasil atau performanya selama ini bukan. Nah untuk melihat performa akun Instagram dalam usaha promosi bisnis, Anda bisa menggunakan beberapa tools analitik berikut ini.

1. Iconosquare

Tools analitik pertama yang bisa Anda coba untuk melihat performa akun Instagram Anda adalah Iconosquare. Dengan Iconosquare Anda akan mendapatkan statistik yang cukup lengkap untuk akun Instagram Anda.

Beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan dari Iconosquare antara lain informasi tentang tingkat like, informasi tentang comment per gambar serta informasi mengenai tingkat keterlibatan followers. Selain beberapa manfaat tadi, Iconosquare juga menyediakan fitur yang cukup membantu penggunanya yaitu fitur tab promosi.

Dengan fitur tab promosi ini, pengguna akan mendapatkan saran-saran tentang cara meningkatkan jangkauan akun Instagram kita. Untuk Anda yang memiliki bisnis kecil. Iconosquare juga akan membantu Anda untuk membuat hashtag dan pencarian user, menanggapi tulisan dan komentar pengguna serta memeriksa analisis dari akun Instagram kita.

Artikel lain: Mau Dapat Banyak Respon di Instagram? Jalankan 4 Tips Berikut ini

2. PicDeck

Jika Anda terbiasa menggunakan TweetDeck di media sosial Twitter, Anda akan lebih leluasa menerapkan tools analitik instagram PicDeck. PicDeck memang bekerja mirip seperti TweetDeck namun bedanya PicDeck hanya bisa digunakan untuk Instagram.

Meski tidak memiliki infomasi analisis yang lengkap, namun tools analitik ini memiliki tampilan dan tata letak yang jelas dan tidak rumit. Dengan tampilan yang demikian maka tools analitik ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang hanya ingin melihat beberapa stream foto yang berbeda di satu tempat.

Dengan PicDeck Anda akan mampu menambahkan beberapa akun Instagram sekaligus dalam satu dashboard. Selain itu dengan PicDeck Anda juga bisa menambahkan kolom untuk feed yang kita ikuti untuk follow pengguna dan hashtag tertentu untuk lebih memudahkan melakukan monitoring.

3. Latergramme

Berikutnya, tools analitik instagram yang sering digunakan adalah Latergramme. Latergramme sendiri merupakan tools yang bisa dipakai untuk menjadwalkan post di Instagram. Mengapa harus memakai pengingat? Apa pentingya?

Tentu saja dengan memakai tools pengingat kita akan terbantu untuk menjadwalkan post dan akan memudahkan kita untuk mengelola frekuensi post. Selain menjadwalkan post, Latergramme juga menyediakan beberapa analisis dasar seperti like, comment dan memberikan gambaran tentang foto-foto yang menarik bagi audiens kita. Tools ini sendiri memiliki kelebihan yaitu bisa bekerja dengan baik di #browser maupun aplikasi mobile.

4. Ink361

Jika Anda ingin tools analitik mampu menghubungkan banyak fungsi sekaligus dalam satu tools maka Ink361 adalah jawabannya. Dengan Ink361, kita akan mampu melihat beberapa tab termasuk juga dashboard untuk menampilkan foto dari feed kita. Selain itu dengan dengan Ink361 kita bisa melihat post terpopuler dan berbagai statistik feed seperti tingkat keterlibatan, post history dan distribusi post.

Dalam Ink 361 ini juga terdapat blog untuk melihat berita terbaru Instagram, foto selebritis, tips dan menarik lainnya. Yang pasti tools ini  benar-benar komprehensif untuk bisa melakukan banyak hal yang berbeda.

Baca juga: 5 Trik Memoles Foto Instagram Agar Semakin Populer

5. Twtrland

Terakhir, tools analitik instagram yang bisa Anda gunakan adalah Twtrland. Mungkin Anda yang sudah terbiasa dengan analitik Twitter tak asing lagi dengan tools ini. Ya, Twtrland memang tools analitik yang juga bisa digunakan untuk melihat performa media sosial Twitter dan #Facebook.

Dengan Twtrland Anda bisa mendapatkan tampilan singkat bagaimana setiap akun Instagram bekerja. Bukan hanya akun Instagram milik kita, namun akun instagram milik orang lain bisa kita diamati. Dari sini maka Anda bisa mengetahui dan membandingkan kinerja akun Instagram kita dengan kompetitor.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan