Ingin Sukses Rangkul Millennial? Inilah Perilaku Penggunaan Twitter Yang Harus Diketahui Internet...

Ingin Sukses Rangkul Millennial? Inilah Perilaku Penggunaan Twitter Yang Harus Diketahui Internet Marketer

media sosial Twitter
Image dari Socialmediaweek.org

Membicarakan generasi teknologi atau yang sering kita sebut dengan generasi millennial, memang sama sekali tidak bisa dipisahkan dari adanya perkembangan yang begitu cepat dan dinamis. Ketika kita ingin mendekati para generasi millennial, kita tentunya juga membutuhkan cara yang lepas dari struktur konvensional yang nyatanya tidak mampu menarik minat generasi teknologi ini.

Untuk memperkuat pengetahuan kita dalam pemahaman generasi millennial, utamanya dalam upaya internet marketing, sebuah lembaga survey international TNS belum lama ini merilis hasil penelitian terhadap perilaku penggunaan #Twitter para pengguna millennial.

Mengambil sampel di beberapa negara seperti India, Singapura hingga Afrika Utara, penelitian tersebut diharapkan mampu menjadi panduan bagi para pemasar internet untuk mampu merangkul generasi milenial lebih baik lagi.

Millennial Dan Twitter

Mengenai penelitian yang telah dilakukan oleh lembaga TNS menyebut bahwa, setiap pemasar atau marketer harus mempunyai pemahaman yang baik terkait dengan nilai-nilai personal, perilaku, kebiasaan serta kehidupan sosial dan digital kaum millennial.

Dalam penelitian yang dilakukan pada pertengahan 2016 tersebut, melibatkan tak kurang dari 3000 sample yang ada di beberapa negara termasuk Indonesia, India, Singapura, Korea Selatan, Timur Tengah serta Afrika Utara. Sesuai dengan titlenya sebagai generasi millennial, para responden tersebut  memiliki rentang usia mulai dari 16 sampai 24 tahun.

Artikel lain: Menilik Potensi Video Twitter Sebagai Media Marketing Online

Yang menarik, ternyata lebih dari 83% generasi millennial di Indonesia memiliki perhatian besar terhadap platform #media sosial Twitter sebagai pendukung aktivitas sehari-hari. Setidaknya ada 4 fokus utama yang harus diperhatikan oleh marketer terkait dengan penggunaan Twitter millennial.

Yang pertama, ternyata konten video masih menempati posisi puncak sebagai konten yang paling menarik dan sering diperhatikan oleh millennial pada akun Twitter mereka. Responden mengaku bahwa Twitter membantu mereka untuk menemukan 50% dari video-video baru atau kejadian yang sedang menjadi tren. Selain itu, lebih dari 60% responden mengaku lebih menyukai video online yang mempunyai durasi pendek.

Yang kedua, 7 dari 10 pengguna twitter millennial yang ada di Indonesia menyatakan suka untuk mencoba berbagai produk atau jasa yang sedang menjadi trend. Hal ini dikarenakan, mereka juga ingin terlibat sebagai pemakai dan dapat berkontribusi dalam percakapan sosial yang sedang populer.

Yang ketiga, mengenai jenis brand yang paling banyak diikuti oleh pengguna twitter millenial Indonesia adalah brand fashion dan kecantikan, makanan/minuman serta akun travel. Ketiga jenis industri ini, tentu tidak mengejutkan mampu menarik perhatian kaum muda dengan alasan kecepatan perkembangan varian terbaru yang mereka keluarkan.

Dan yang terakhir, ternyata para pengguna Twitter di Indonesia yang berstatus sebagai generasi milenial banyak menggunakan Twitter sebagai panduan yang membantu ketika berbelanja baik itu online maupun offline. Mereka akan mencari referensi serta komentar terkait dengan sebuah produk atau penjual, sebelum memutuskan untuk membelinya. Selain itu mereka juga seringkali mencari informasi terkait dengan potongan harga.

Tanggapan Pihak Twitter

Menurut Roy Simangunsong selaku Country Business Head Twitter Indonesia, fenomena penggunaan Twitter oleh generasi millennial di Indonesia memang menjadi hal yang wajib diperhatikan oleh pemilik bisnis dalam industri apapun. Jika ingin mampu menarik perhatian para millennial tentunya ada beberapa hal penting yang secara umum sudah dijelaskan di atas.

Seperti contohnya, saat ini banyak pengguna Twitter di Indonesia yang mengikuti akun Twitter dari acara televisi yang mereka tonton. Kebanyakan dari para pengguna tersebut, menggunakan Twitter untuk mencari informasi terkait sebuah acara atau mengikuti kuis yang diselenggarakan oleh akun Twitter acara televisi tersebut.

Baca juga: 2 Tips Keren Agar Twitter Marketing Anda Lebih Terarah

Saran yang diberikan oleh Roy untuk para pemasar yakni yang pertama  gunakan konten video yang menarik dan memiliki durasi tidak terlalu panjang. Berikutnya jangan lupa untuk selalu mengutamakan keterkaitan antara pengguna dengan akun Twitter bisnis. Karena generasi millennial mempunyai tipe yang ingin selalu didengar opini ataupun keluhannya.

Oleh karena itu, melibatkan para pengguna dalam kampanye brand semisal melalui kuis atau kompetisi online, merupakan salah satu contoh terbaik untuk menciptakan engagement antara brand bisnis dengan konsumen, dalam hal ini pengguna Twitter.

1 KOMENTAR

  1. www.bloger.co.in

    Makin mantap aja si mark zucky :v

Tinggalkan Balasan