Janji Rombak Microsoft, Inilah 4 Bukti Transformasi yang Diusung Satya Nadella

Janji Rombak Microsoft, Inilah 4 Bukti Transformasi yang Diusung Satya Nadella

CEO microsoft Satya Nadella

Menyebut perkembangan teknologi rasanya tidak lengkap jika kita tidak membicarakan perusahaan #Microsoft. Perusahaan yang satu ini memang menjadi salah satu daya tarik dalam dunia teknologi. Beroperasi selama lebih dari 22 tahun, selalu ada saja gebrakan baru yang dilakukan Microsoft.

Beberapa waktu yang lalu, jabatan CEO yang disandang oleh Steve Ballmer akhirnya diturunkan pada sang generasi penerus, Satya Nadella. Kepemimpinan Nadella diharapkan membawa perubahan besar bagi perusahaan Microsoft.

Karena persaingan di bidang #teknologi kian ketat saja, tak ada banyak waktu yang tersedia untuk membuat perubahan. Sehingga dalam waktu 8 minggu, Satya Nadella sudah mulai melakukan perombakan besar menuju Microsoft yang baru. Lalu, gebrakan apa saja yang sudah dibuat oleh Satya Nadella untuk membangun the “new” Microsoft? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Pangkas Biaya Produsen Smartphone dan Tablet Windows

Dulu, produsen #smartphone dan tablet Windows harus membayar sebesar $5 hingga $15 untuk fitur Microsoft Windows yang terdapat di dalamnya. Namun sekarang sama halnya dengan Android dari Google, Windows 8.1 bisa digunakan secara bebas pada semua perangkat smartphone dan tablet.

Pengumuman mengejutkan yang dipublikasikan pada konferensi di San Fransisco tahun 2014 ini berlaku untuk para pembuat gadget dengan ukuran maksimal 9 inch. Inovasi besar ini secara tak langsung membuat para pengguna #gadget Windows jadi rela membayar untuk masuk ke cloud Skype atau aplikasi Microsoft lainnya.

Artikel lain: Mengenal Sosok 10 Pemimpin Paling Berpengaruh Di Dunia Teknologi Saat Ini

2. Cortana Siap Menyaingi Kedahsyatan Siri

Siapa pengguna teknologi yang tidak mengenal kepintaran Siri dari #Apple?

Siri memang layaknya asisten pribadi yang serba tahu dan pandai multi tasking. Demi menyaingi keunggulan Siri, Microsoft pun tak mau kalah meluncurkan Cortana. Demi menyukseskan Cortana, Microsoft bahkan menggandeng aktris Jen Taylor sebagai pengisi suara.

Jen Taylor juga menjadi pengisi suara untuk Xbox halogame series. Tidak cuma mengandalkan popularitas pengisi suaranya, tampaknya Cortana juga harus bekerja keras agar bisa menyaingi kemampuan Siri yang sudah lebih dulu hadir di dunia teknologi.

3. Berhasil Memasukkan Microsoft Office Ke iPad

Mungkin sudah sejak lama pengguna iPad menginginkan kehadiran perangkat Microsoft Office pada gagdet andalannya. Dan akhirnya penantian panjang tersebut mulai berbuah manis. Karena kini Microsoft Word, Excel, dan Power Point secara resmi bisa digunakan melalui iPad.

Ketiga aplikasi andalan Microsoft itu memang bisa diunduh secara gratis di iPad. Tetapi bila kita tidak membayar untuk Office 365, maka kita hanya bisa menggunakannya untuk membuka dan membaca dokumen. Tampaknya siasat dari Satya Nadella ini cukup ampuh mendongkrak penjualan #aplikasi Microsoft.

4. Satya Nadella Susun Tim Eksekutif yang Baru

Kepemimpinan Satya Nadella ternyata juga berimbas pada tim eksekutif Microsoft. Pemimpin tim marketing officer dan tim business development Microsoft mengalami perombakan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik lagi.

Menurut Satya Nadella, perampingan tim Microsoft sangat dibutuhkan supaya nantinya tim bisa bekerja secara efisien sesuai dengan kepentingan divisi. Eric Rudder, sang wakil presiden eksekutif Microsoft nantinya juga akan ditempatkan pada posisi Bates sambil terus menjalankan peran lamanya.

Baca juga: Inilah 7 CEO Perusahaan Teknologi dengan Gaji Tertinggi

Sedangkan sang senior, Chris Capossela akan mengambil posisi sebagai wakil eksekutif presiden. Urusan pemimpin tunggal untuk bagian pemasaran sepenuhnya akan dilimpahkan pada pemegang posisi CMO (Chief Marketing Officer).

Menyimak dinamisnya perkembangan perusahaan teknologi memang menarik. Selalu ada saja strategi baru yang dibuat demi mengejar ketertinggalan dari perusahaan lain. Utamanya untuk perusahaan sekelas Microsoft, inovasi tiada henti merupakan harga mati yang harus terus dipertahankan.

Lalu bagi kita selaku pengguna teknologi, tentu tak lantas hanya menikmati teknologi tersebut. Di sisi lain ini juga harus menjadi motivasi bagi kita untuk ikut berkembang memanfaatkan teknologi dalam berbagai bidang yang kita kuasai. Sudah siap menantikan kejutan lainnya dari perusahaan Microsoft?

2 KOMENTAR

  1. Blog Misteri Dan Unik

    Wahh,, microsoft tambah maju aja yaa min,, keren dah tak sbar pngen nyoba beberapa pembaruam diatas.

  2. Agan ini sangat rajin tiap hari update.. ini semua artikelnya dari sumber atau terjemahan mas..
    Kalau saya sering translate setelah itu re write lagi agar enak dibaca

    Kalau agan

Tinggalkan Balasan