Ingin Menjadi Profesional Di Kantor? Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini

kebiasaan buruk di kantor

Image dari Blackloveadvice.com

Saat Anda bekerja di kantor, di perusahaan atau di manapun saja, profesionalitas patut kiranya Anda jaga. Meski kadang kala hanya sesuatu hal yang kecil dan terkesan tidak penting, namun Anda perlu tahu juga bagaimana harus menjaga sebuah profesionalisme dalam bekerja.

Jangan sampai Anda terlihat tidak profesional meski sebenarnya Anda bekerja dengan penuh dedikasi dan integritas. Karena Anda harus tahu beberapa hal kecil yang jika Anda lakukan akan mempengaruhi cara pandang orang lain terhadap Anda.

Anda harus ingat bahwa dunia kerja bukanlah arena permainan yang Anda bisa melakukan sesuatu hal semau Anda. Nah, untuk itu Anda perlu berhati-hati dengan beberapa kebiasaan buruk yang akan membuat Anda terlihat tidak profesional. Kebiasaan apakah itu, dan apakah Anda termasuk yang sering melakukan kebiasaan itu? Simak penjelasan di bawah ini.



1. Kebiasaan Datang Terlambat

Jangan sampai Anda terbiasa terhadap hal ini. Kebiasaan terlambat dengan berbagai macam alasan akan sangat sulit dihilangkan. Kebiasaan terlambat akan membuat Anda sangat buruk baik di mata rekan kerja ataupun di mata bos.

Hargailah waktu dan tentu saja hargai juga rekan kerja yang lain. Jangan seenak sendiri, memang ada kalanya kita ada keperluan yang tidak bisa dihindarkan, namun tentunya bukan setiap hari kan. Maka dari itu, usahakan sebisa mungkin jangan sampai Anda datang terlambat saat bekerja agar nilai-nilai profesionalisme terhadap diri Anda bisa terjaga.

Artikel lain: Tips Menghadapi Kejenuhan dan Kebosanan Pada Rutinitas Kantor

2. Berbusana yang Tidak Sesuai

Busana atau pakaian sangat berpengaruh terhadap cara pandang seseorang terhadap sikap #profesional Anda. Sederhananya, kalau memilih pakaian yang sesuai saja tidak bisa bagaimana bisa Anda mengerjakan pekerjaan sesuai dengan arahan atasan. Meski kadang orang yang berpakaian sekenanya juga tidak bisa serta merta dikatakan tidak profesional.

Namun perlu Anda ketahui bahwa dalam sebuah perusahaan atau kantor tentu ada peraturan baik tertulis maupun tidak mengenai cara berpakaian yang sudah ditentukan. Maka, Anda juga perlu mematuhi peraturan tersebut dalam berbusana.

3. Kurang Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

Anda harus berhati-hati di sini, dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, maka fokus dan konsentrasi kita sangat mudah sekali teralihkan. Dengan adanya berbagai macam #media sosial, itu sangat mudah mengalihkan perhatian kita.

Jika dalam bekerja Anda lebih sering membuka media sosial, menelususi mesin pencari seperti #Google dan lainnya, maka artinya Anda kurang fokus dalam bekerja. Dan itu sangat buruk sekali jika tetap Anda biarkan saja, sama halnya Anda tidak profesional dalam bekerja. Untuk itu mulai saat ini cobalah untuk introspeksi diri dalam bekerja.

4. Tidak Bisa Membedakan Hubungan Pertemanan Dan Profesional

Meski di satu sisi rekan kerja Anda adalah sebagai teman, namun Anda harus paham juga bahwa dalam lingkungan kerja Anda harus bersikap profesional. Anda harus tahu posisi-posisi teman yang rekan kerja Anda tersebut.

Meski Anda sudah kenal dekat dengan mereka, usahakan jaga sikap Anda, terlebih jika teman yang sudah Anda kenal tersebut merupakan atasan Anda. Bagaimanapun juga dalam lingkungan kerja Anda harus menghormatinya, dan jangan sekali-kali Anda berlaku tidak sopan di hadapannya.

Baca juga: Ingin Karir Berjalan Lancar? Jangan Ucapkan Kata-Kata Ini Pada Pimpinan Anda

5. Terlalu Banyak Bicara, Tidak Mau Mendengar

Ini adalah kebiasaan yang sangat buruk dan akan membuat Anda terlihat sama sekali tidak profesional. Katakanlah Anda sudah mengetahui tentang sesuatu, namun dalam sebuah pekerjaan Anda tetap perlu banyak belajar dan banyak informasi. Dan, salah satu cara untuk belajar dan agar bisa mendapatkan banyak informasi adalah dengan mendengarkan dan menyimak.

Anda harus ingat pepatah “tong kosong nyaring bunyinya”, jangan sampai pepatah tersebut melekat dalam diri Anda karena saking banyaknya Anda berbicara.

Nah teman-teman, jika sudah mengetahui beberapa kebiasaan buruk yang membuat Anda terlihat tak profesional, maka selanjutnya adalah Anda harus interospeksi diri. Apakah kebiasaan di atas sering Anda lakukan atau tidak. Jika sering, maka sebaiknya mulai sekarang Anda perbaiki dengan menguranginya sedikit demi sedikit.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud