Ingin Mengajukan Kredit Mobil? Cermati Dulu Beberapa Hal Ini!

kredit mobil

Kehidupan masyarakat di kota besar memang seringkali menuntut kita untuk memiliki gaya hidup yang terkesan mewah, salah satunya dengan memiliki mobil. Padahal memiliki mobil bukan hanya menjadi cerminan gaya hidup mewah, namun sudah menjadi salah satu bagian dari kebutuhan hidup.

Dengan memiliki mobil, kita jadi lebih leluasa untuk bepergian bersama keluarga. Menggunakan mobil juga membuat kita merasa lebih nyaman dan aman ketika harus bepergian dengan jarak yang jauh. Jadi, keputusan untuk mengajukan kredit mobil adalah hal yang tepat bila kita memiliki kondisi finansial yang memungkinkan untuk mengajukan kredit mobil.

Ketika kita mulai berpikir untuk mengajukan kredit mobil, alangkah baiknya bila kita mencermati beberapa hal berikut ini:

1. Kegunaan Mobil

Mobil yang akan kita kredit sebaiknya bukan hanya untuk tujuan bergaya atau gengsi. Sebab kita harus mempertimbangkan kebutuhan yang akan dipenuhi jika kita sudah punya mobil. Tidak perlu mengajukan kredit mobil sport yang mewah dan mahal kalau ternyata kita malah lebih membutuhkan mobil keluarga untuk mengajak keluarga kita bepergian.

Belajarlah untuk mengesampingkan gengsi dan mengutamakan kebutuhan dalam menjalani hidup secara hemat.

Artikel lain: 7 Langkah Aman Penggunaan Kartu Kredit Dalam Transaksi Online

2. Mempertimbangkan Biaya Operasional

Setelah membeli mobil, ternyata kewajiban kita bukan cuma sebatas membayar angsuran kredit saja. Sebab biasanya kita juga harus mempertimbangkan biaya operasional untuk melakukan service berkala, membeli bahan bakar serta beragam kebutuhan mobil lainnya. Jadi, sudah seharusnya kita menyiapkan biaya operasional yang memadai sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit mobil.

3. Teliti Memilih Kredit

Kita bisa menghemat pengeluaran untuk kredit mobil bila kita mau meluangkan waktu dalam memilih kredit mobil. Memilih perusahaan penyedia jasa kredit yang tepat bisa meminimalkan biaya-biaya yang tidak diperlukan dalam proses kredit mobil.

Pastikan kalau kita sudah memeriksa setiap rincian kesepakatan kredit mobil dengan cermat supaya kita tidak dirugikan dengan biaya-biaya tertentu di kemudian hari. Bijak dan cermat dalam menghitung uang muka dan bunga kredit mobil juga harus dilakukan supaya bunga kredit yang terlalu tinggi tidak merugikan kita.

4. Belajar Mengelola Pengeluaran

Setelah berhasil mengajukan kredit mobil, kita tentu harus lebih teliti mengelola pengeluaran karena kita harus menyisihkan sebagian pendapatan untuk membayar angsuran mobil. Alangkah baiknya bila kita bisa mendahulukan biaya angsuran kredit mobil setiap bulan supaya kita tidak menunggak dan tidak terkena biaya denda karena tunggakan tersebut.




Meskipun nominalnya relatif kecil, namun biaya denda yang dibebankan pada kita seharusnya bisa dihindari jika kita selalu membayar angsuran kredit mobil dengan tepat waktu.

5. Tentang Perubahan Gaya Hidup

Memiliki mobil biasanya membuat kita mengalami perubahan gaya hidup. Kita mungkin akan terbiasa untuk bepergian dengan teman atau keluarga dengan menggunakan mobil. Hal ini justru sebaiknya diminimalkan supaya pendapatan kita tidak terkuras untuk gaya hidup yang tidak terlalu dibutuhkan.

Mencoba untuk berhemat, mengurangi kegiatan makan di restoran dan mengurangi kegiatan jalan-jalan membuat kita bisa menyisihkan lebih banyak uang setiap hari.

6. Jangan Lupa Meminta Pendapat Orang Lain

Pendapat orang lain sangat kita butuhkan saat kita memilih kredit dan jenis mobil. Tanyakan kepada orang yang lebih berpengalaman tentang karakteristik mobil yang akan kita miliki. Apakah mobil tersebut hemat bahan bakar, spare part-nya mudah dicari dan nilai depresiasinya tidak terlalu besar. Hal-hal teknis seperti ini tentu saja harus dipertimbangkan secara matang.

Baca juga: Gesek, Aplikasi Mobile Bagi Para Pengguna Kartu Kredit

7. Mencari Testimoni Tentang Perusahaan Kredit

Banyak perusahaan kredit yang menawarkan promosi kredit dengan sistem yang menggiurkan, namun tidak semua dari promosi tersebut benar-benar membuat kita bisa berhemat. Mulailah giat mencari testimoni mengenai perusahaan kredit yang kompeten, berkualitas dan banyak digunakan oleh orang-orang yang mengajukan kredit mobil.

Karena testimoni yang diberikan oleh orang lain bisa menjadi acuan mengenai kualitas suatu perusahaan kredit.

Tidak perlu ragu untuk memiliki mobil dengan sistem kredit kalau kita memang sanggup untuk melunasi angsuran kredit tersebut. Siapkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan kita dan keluarga, dan bukan untuk memenuhi gaya hidup semata.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud