Ingin Mendirikan Perusahaan Tapi Tak Punya Pengalaman, Ini Yang Harus Anda Lakukan

building business

Image dari Influxentrepreneur.info

Dalam proses mendirikan perusahaan, tentu latar belakang #pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting. Namun demikian pendidikan tidak bisa dijadikan sebagai satu-satunya alasan utama terhadap kesuksesan suatu perusahaan bisnis. Karena faktanya banyak sekali pendiri perusahaan bisnis sukses yang justru tidak memiliki latar belakang pendidikan bisnis. Kesuksesan ini biasanya diraih dengan perpaduan antara pengetahuan dan pengalaman otodidak.

Lalu bagaimana jika kita memiliki beragam ide bisnis namun sama sekali tak punya latar belakang pendidikan bisnis, apalagi pengalaman dalam dunia bisnis. Apakah kita bisa sukses dalam membangun perusahaan bisnis tanpa pengalaman. Jika Anda adalah orang yang minim pengalaman atau bahkan tanpa pengalaman, namun Anda memiliki keinginan untuk membangun perusahaan bisnis, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Perbanyak Bacaan Tema Entrepreneurship

Bacaan yang kita baca sebenarnya sangat besar pengaruhnya terhadap pola pikir dan tindakan pada diri kita. Apa yang kita baca akan dengan sendirinya membuat pola tertentu pada alam bawah sadar kita. Maka dari itu, jika Anda ingin mendirikan sebuah perusahaan bisnis namun sangat minim pengalaman, Anda bisa menopangnya dengan memperkaya bacaan yang bertemakan bisnis dan kewirausahaan.

Anda bisa mendapatkan bahan bacaan baik dari buku maupun dari koran, majalah atau juga #internet. Intinya adalah perkaya wawasan Anda tentang dunia bisnis dan kewirausahaan untuk mempersiapkan diri dalam proses membangun sebuah perusahaan bisnis.

Artikel lain: 3 Rahasia Sukses Dahlan Iskan Dalam Membangun Bisnis




2. Berguru Pada Mentor yang Bisnisnya Sudah Sukses

Membaca saja tidak cukup, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mencari mentor yang tepat. Bergurulah pada senior atau mentor yang benar-benar ia terjun langsung dalam dunia bisnis. Jangan sampai Anda memilih mentor yang hanya pandai bicara saja, namun sama sekali bukan pelaku bisnis itu sendiri.

Banyak orang yang hanya pandai memberi masukan dan saran saja, namun mereka belum pernah sama sekali mengalaminya. Jadi Anda harus benar-benar memilih orang yang terjun langsung dan menjalani bisnis itu sendiri. Karena pengalaman dari mereka sangat Anda butuhkan untuk mengawal perjalanan bisnis Anda yang baru Anda bangun.

3. Jangan Menjadi Orang yang Berlagak Tahu Segalanya

Sebagai seorang yang belum berpengalaman sama sekali dalam dunia bisnis, jangan sekali-kali Anda menjadi orang yang berlagak tahu. Sikap sok tahu hanya akan membunuh karir Anda sendiri. Lebih baik Anda mengakui bahwa Anda tidak tahu dan kemudian mencari tahu, itu proses yang benar. Banyak entrepreneur pemula yang sering terjebak dalam keadaan ini, sehingga membuat mereka justru sulit berkembang karena belenggu sok tahu itu sendiri.

Perbanyaklah informasi, pengetahuan, pengalaman dan apapun dari orang-orang yang sudah sukses sebelum Anda. Jadilah orang yang aktif dan kritis bertanya, maka itu semua akan menambah modal Anda untuk menggapai kesuksesan dalam membangun perusahaan bisnis.

4. Selalu Update Informasi Bisnis Anda

Anda harus menjadi orang yang up to date tentang segala macam informasi bisnis yang sedang berkembang. Ikuti semua informasi terbaru tentang yang sedang trend di pasar, jangan sampai Anda ketinggalan informasi. Seringkali terjadi pada pengusaha pemula, mereka terlalu sibuk mengembangkan produknya namun lupa memperhatikan perkembangan pasar. Padahal perkembangan pasar di era seperti ini cepat sekali mengalami perubahan, jika Anda terlena sedikit saja, maka Anda akan tertinggal dan terlindas oleh yang lainnya.




Terlebih lagi jika Anda belum memiliki pengalaman sama sekali dengan dunia bisnis, maka akan sangat mudah sekali bisnis Anda dihancurkan oleh keadaan. So, fokus terhadap pengembangan produk itu penting, namun jangan sampai fokus Anda tersebut justru memalingkan Anda dari perkembangan pasar di lapangan secara faktual.

Baca juga: Bisakah Membangun Bisnis Properti dengan Modal Minim?

5. Daya Juang Anda Bisa Menjadi Modal Dasar

Tanpa pengalaman dan pengetahuan, mungkin daya juang Anda bisa sedikit menggantikan peran mereka. Dengan keinginan yang kuat, perjuangan tak kenal menyerah, bisa menjadi modal utama Anda dalam mendirikan perusahaan bisnis. Jangan cepat menyerah meski Anda tak memiliki pengalaman cukup, fokus dan serius saja dalam berproses, lalu tunggu hasilnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud