Ingin Memulai Sebuah Usaha? Jangan Abaikan 5 Hal Ini

memulai sebuah usaha

Memulai sebuah usaha merupakan salah satu tahapan yang paling sulit dalam dunia bisnis. Utamanya bagi mereka yang masih sangat baru dalam bidang ini, kerap kali akan menemui banyak rintangan pada awal mengembangkan usaha. Tak jarang bahkan ada yang gagal sebelum berkembang.

Alasan itu lah yang mendasari mengapa kita harus sangat memperhatikan langkah-langkah pada saat awal mendirikan usaha. Jika dipelajari kembali memang akan sangat banyak item yang harus kita cermati dan terapkan. Namun secara sederhana artikel kali ini akan menyuguhkan pada rekan-rekan, 5 resep rahasia agar sukses dalam memulai usaha.

1. Pertahankan Fokus

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah pertahankan fokus Anda. Sudah tak terhitung banyaknya pelaku usaha pemula yang gagal karena tidak bisa mempertahankan fokus dan tujuan bisnisnya. Mereka cenderung tenggelam dengan terlalu banyak pemikiran tanpa ada tindakan nyata.

Inilah yang pelan-pelan akan mengantarkan kita pada kegagalan. Sebagai pemula, fokus merupakan modal awal yang wajib tetap dipertahankan. Ketika kita sudah mempunyai satu tujuan atau satu bidang usaha, cobalah untuk menekuni dan mempelajari usaha tersebut sedetil mungkin. Terus kembangkan satu usaha tersebut dan coba untuk tidak memecah fokus pada bisnis yang lain.

Mempunyai banyak usaha memang boleh saja, namun pada taraf pemula hal tersebut sangat tidak dianjurkan. Kecuali saat ini nanti satu usaha Anda telah berkembang dan terbilang stabil, bolehlah mulai mengembangkan usaha lain untuk mendukung usaha yang sudah ada.

Artikel lain: Ingin Berbisnis Tapi Modal Usaha Terbatas? Tenang Ada Tipsnya Kog

2. Memulai dari Apa yang Disukai

Tips yang kedua adalah mulailah mencari bidang usaha dari apa yang menjadi kegemaran kita. Hal ini nyatanya telah banyak mengantar para pengusaha menuju tangga kesuksesan mereka.

Mengapa bisa demikian? Jawabnya sangat sederhana, yakni karena kita akan mencintai pekerjaan kita. Sebagai contoh kita gemar menulis dan akhirnya kita menjadi seorang jurnalis surat kabar, maka kita tidak akan merasa berat meski harus menulis beberapa artikel dalam satu harinya. Semua itu karena kita nyaman dan senang ketika menulis.

Selain dari itu, saat memulai usaha berdasarkan apa yang disukai kita cenderung akan lebih mudah kuat saat mendapat cobaan. Kita akan lebih mudah meredam emosi atau kepenatan fikiran saat masalah melanda. Dan dengan cepat kita bisa kembali fokus dan menjalankan usaha dengan maksimal.

3. Tidak Berhenti Belajar

Bagi seorang pebisnis handal dengan pengalaman bertahun-tahun sekalipun, belajar merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan. Apalagi bagi rekan-rekan yang baru memulai usaha, tentu harus jauh lebih giat menimba ilmu terkait usaha yang sedang dikembangkan.

Dan kini disaat akses #teknologi informasi seakan sudah tanpa batas, nyatanya bukan hal yang sulit untuk mendapatkan ilmu yang bisa mendukung usaha kita. Dengan adanya internet, semuanya sudah bisa kita dapatkan dengan mudah.




Namun tepat ingat, pengalaman juga adalah ilmu yang paling berharga. Dan untuk belajar dari pengalaman, kita bisa mendapatkan dari para pengusaha lain yang sudah sukses. Oleh karena itu jangan sungkan-sungkan untuk bertanya atau sekeder berbagai pengalaman dengan para senior dalam bidang bisnis yang kita tekuni.

4. Fahami Konsep Bisnis yang Dijalankan

Ini juga menjadi salah satu penghancur terbesar bagi para pengusaha pemula. Tanpa mengetahui dengan jelas konsep bisnisnya, mereka langsung saja terjun ke dalamnya. Sebagai akibat dari hal tersebut, merekapun akan gampang kehilangan arah dan tidak bisa mengatasi permasalah yang bisa muncul kapan saja.

Memahami konsep bisnis berarti tahu dan dapat menerapkan segala hal tentang bisnis tersebut mulai dari hal kecil hingga yang terpenting. Ini masih erat hubungannya dengan poin ketiga tentang terus belajar. Setiap orang sebenarnya bisa menguasai konsep sebuah bisnis dan bagaimana menjalankannya dengan baik jika mereka mau terus belajar.

Baca juga: 6 Alasan Keliru Saat Memulai Bisnis, Hindari Sebisa Mungkin

5. Terapkan Pola Hidup Hemat

Slogan bisnis mengatakan, “Pengeluaran Sekecil Mungkin untuk Dapatkan Pemasukan Sebesar Mungkin”. Hal tersebut tidaklah berlebihan, dengan ditunjang pola hidup hemat kita akan bisa menjalankannya.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita menjaga gaya hidup. Tentu kita bisa dengan sangat mudah menemukan contoh mereka yang hidupnya berantakan terlilit masalah keuangan gara-gara mempunyai gaya hidup berlebihan. Meskipun dalam proses membangun usaha kita dianugrahkan Tuhan dengan kesuksesan berlebih, jangan sampai kita terlena dan mulai merubah pola hidup hemat.

Itulah beberapa tips bagi para pengusaha pemula yang ingin menjalankan usahanya dengan lebih baik. Semoga artikel dari HaloMoney tersebut bisa memberikan inspirasi sekaligus motivasi untuk terus semangat dalam memulai sebuah usaha.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud