Ingin Memulai Sebuah Bisnis ? Perhatikan 7 Peluang Bisnis Dengan Masa Depan Cerah Berikut Ini

peluang bisnis 2016

Image dari Covenantgroup.com

Dunia bisnis akhir-akhir ini terus memang terus mengalami perkembangan yang signifikan. Itu terlihat dari inovasi dan kreatifitas yang terus dilakukan, agar bisnis tersebut bisa terus menunjukan eksistensinya meskipun terlindas oleh kerasnya arus globalisasi. Tren bisnis yang sedang menjamur pada saat ini itu tak terlepas dari semakin beragamnya permintaan pasar.

Banyak para pelaku bisnis yang mencoba peruntungannya dengan menjalankan sebuah bisnis dengan banyaknya permintaan dan kesempatan tersebut. Tidak sedikit orang yang merasakan kesuksesan dari bisnis yang telah ditekuninya dan sebagian di antara mereka pun harus mengalami apa itu sebuah kegagalan.

Kedua faktor di antara kesuksesan dan kegagalan dipengaruhi oleh berbagai macam kemungkinan. Salah satunya ialah bagaimana anda sebagai seorang pebisnis bisa menangkap dan memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasar serta mengimplementasikannya dengan baik ke dalam strategi bisnis yang telah terencana sebelumnya.



Namun pada saat yang bersamaan pula kondisi perekonomian yang dialami Indonesia sedang berada di posisi kritis. Itu semua dipengaruhi karena harga dollar yang terus mengalami lonjakan yang tiada henti. Keadaan seperti ini bisa terjadi dikarenakan orang asing atau turis enggan untuk datang ke Indonesia dan melakukan investasi di negara kita.

Artikel lain: Inilah 6 Peluang Bisnis yang Bisa Anda Dilakukan Disaat Waktu Luang

Meskipun demikian, peluang-peluang bisnis yang di prediksi akan membawa keuntungan pada tahun yang akan datang tetap ada. Belum lagi dimulai tahun depan, negara yang berada di Asean akan mengadakan sebuah terobosan dinamakan Free Trade Area. Tentunya hal seperti ini akan menambah #peluang bisnis dan juga tantangan yang akan dimulai pada saat ini.

Berikut ini akan dikupas secara tuntas 7 bisnis yang di perkirakan akan terus mengalami perkembangan seiring perubahan zaman. Maka dari itu simak ulasannya di bawah ini:

1. Peluang Bisnis Ecommerce

Tak bisa disangkal lagi, perkembangan teknologi dan informasi saat ini telah berperan besar bagi kemajuan bisnis sebagian besar orang. Bisnis ini memang sangat menjanjikan baik itu dari segi biaya yang dikeluarkan ataupun dari income yang di dapatkan. Kenapa hal semacam ini bisa terjadi itu dikarenakan pengguna internet semakin kesini terus mengalami peningkatan yang signifikan. Baik itu yang menggunakan internet melalui PC maupun #smartphone.

Situs-situs belanja online yang menjajakan barang dagangannya semakin merebak di antaranya ialah OLX, Lazada, ataupun Tokopedia mulai semakin menunjukan taringnya dalam dunia bisnis berbasis online. Itu berbanding lurus dengan semakin cerdasnya pengguna internet yang juga melahirkan agency digital yang menawarkan jasa optimasi mesin pencari atau digital marketing yang mendukung perkembangan dan meramaikan dunia bisnis #ecommerce belakangan ini.

Sebuah pernyataan yang di publikasikan dari situs ekonomi eMarketer menunjukan data bahwa sampai tahun 2017 perkembangan ecommerce di Asean akan tumbuh pada kisaran angka 25 % dan diperkirakan data ini akan terus mengalami peningkatan ke arah yang positif. Dengan hal semacam ini kita patut berbangga diri karena negara di Eropa sekalipun belum menunjukan grafik kenaikan seperti ini. Oleh karena itu sedianya bisnis ecommerce bisa di jadikan bahan acuan anda untuk mulai membuka sebuah usaha yang bisa terus bertahan untuk waktu yang lebih lama.

2. Bisnis di Bidang Jasa Transportasi

Inovasi di bidang ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi, itu dikarenakan permintaan akan jasa ini terus mengalami peningkatan yang dinamis. Cepat dan dapat diandalkan itu dua hal yang tidak bisa di pisahkan dalam hal ini.

Mungkin kebanyakan orang sudah saatnya mendapatkan jasa transportasi yang tidak mengeluarkan biaya lebih, cepat, bisa diandalkan dan yang paling penting bisa diakses langsung melalui gadget dan smartphone. Terutama di kota-kota yang banyak penduduknya, keunggulan yang disebutkan tadi akan terasa sekali manfaatnya di samping bisa menghemat waktu anda juga dapat meminimalisir kemacetan yang akan terjadi pada perjalanan anda nanti.

Aplikasi pendukung bisnis ini telah menjamur di mana-mana dan langsung bisa digunakan untuk mengakses transportasi yang diinginkan misalnya saja banyak masyarakat yang mengunduh dan menggunakan aplikasi ini seperti Gojek, Ladyjak, Grab Taxi dan sejenisnya. Tidak hanya itu peluang bisnis seperti ini pun terus diburu oleh banyak orang untuk bisa mengambil bagian menjadi pengemudi untuk bisa ikut andil dalam bisnis transportasi ini.

Baca juga: 6 Kiat Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

3. Bisnis di Bidang Pariwisata

Tak bisa dipungkiri lagi taraf hidup yang semakin ke sini semakin tinggi. Banyak orang yang menyadari pentingnya atau merasa berwisata merupakan sesuatu hal yang telah menjadi kebutuhan. Bisnis agen travel merupakan peluang bisnis yang bisa anda lirik dan menjadi salah satu opsi dari sekian banyaknya bisnis yang berkembang.

Dari banyaknya pengunjung dari berbagai negara yang ada disetiap pameran wisata yang diselenggarakan berbagai pihak baik itu dari pemerintahan maupun dari perusahaan swasta itu telah menggambarkan bahwa bisnis di bidang ini memiliki potensi besar jika ditekuni dengan serius. Meskipun keadaan ekonomi yang kian menurun data dari kementrian pariwisata menunjukan bahwa terjadi kenaikan yang berarti pada jumlah wisatawan pada tahun 2015 lalu. Keadaan seperti ini diprediksikan akan terus mengalami peningkatan besar untuk tahun-tahun yang akan datang.

Cara ini pula yang bisa menangani masalah perekonomian kita, karena semakin banyaknya wisatawan asing yang datang maka dengan begitu negara lain akan melakukan investasi yang bisa mengatasi masalah ekonomi negara kita. Bisnis ini pula banyak cakupannya di antaranya sebagai planner, penyedia tiket transportasi, penyedia tempat untuk berwisata dan yang lainnya. Anda bisa memilih sesuai dengan passion dan keahlian yang dimiliki.

4. Bisnis di Bidang Kuliner

Bisnis ini mungkin sudah terdengar klasik di telinga kebanyakan orang. Tetapi sepertinya peluang bisnis ini tidak akan kehilangan arah dan tujuan meskipun zaman dan keadaan ekonomi berubah begitu cepat. Kalau membicarakan mengenai makanan siapa sih orang yang tidak membutuhkan makanan. Mustahil orang bisa hidup dan menjalankan segala aktifitasnya tanpa dibarengi dengan makanan.

Kebanyakan orang saat ini senang sekali melakukan eksplorasi soal rasa dan ragam wujud dari makanan. Hampir setiap waktu ada saja jenis makanan baru atau makanan khas dari suatu daerah yang belum dimunculkan ke permukaan. Setiap tahun ada banyak jenis bisnis waralaba baru yang merupakan makanan khas yang mengandung nilai sejarah dari daerah tersebut.

Pelaku bisnis yang sudah lebih dulu terjun ke dunia ini mempunyai prinsip yang berbunyi makanan yang enak dan punya fans fanatik pasti bisa bertahan dan bersaing. Anda yang ingin mencoba peruntungan di bisnis ini cobalah dengan memulai usaha kuliner yang bisa memanjakan lidah para penikmatnya.

5. Bisnis di Bidang Advertising dan Publishing

Peluang bisnis ini mungkin jangan anda lewatkan, karena periklanan sedang marak di dunia global dan bisnis. Itu merupakan salah satu cara bagi para pebisnis untuk mengepakan sayapnya lebih tinggi lagi. Karena hampir semua bisnis pasti membutuhkan yang namanya langkah #promosi. Yang lebih menariknya lagi biasanya promosi dari sebuah usaha bisa memakan biaya yang bisa dibilang tidak sedikit. Dengan begitu anda dapat membayangkan berapa banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika anda mengambil peluang bisnis ini.

Apalagi jika di dukung dengan terbiasa berpikir inovatif dan kreatif dan tidak memiliki konsep yang konvensional pasti pasar yang akan jauh lebih banyak lagi bisa anda kuasai. Tidak harus memiliki media yang besar untuk mengaplikasikan bisnis ini cukup dengan mempunyai blog yang dibangun secara professional juga dapat bersaing dengan kompetitor anda yang sama menggeluti media advertising dan publishing.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Peluang Bisnis Online Cocok Sebagai Usaha Sampingan

6. Bisnis di Bidang Startup Technopreneur

Semakin pesatnya laju pertumbuhan di bidang teknologi dan informasi ternyata juga berpengaruh besar terhadap kemajuan dunia bisnis. Dengan kondisi tersebut banyak dimanfaatkan oleh para pengembang aplikasi dan atau biasa kita kenal dengan technopreneur. Saat ini semakin banyak permintaan pembuatan aplikasi untuk menunjang segala kegiatan perusahaan. Apakah aplikasi yang di gunakan untuk mengelola SDM atau aplikasi untuk mengatur keuangan.

Belum lagi kota-kota yang telah mengalami perkembangan dari segi prasarana maupun dari penduduknya mulai menerapkan konsep #Smart city. Sehingga bisnis ini menjanjikan dalam berbagai hal baik itu materi maupun non materi. Jadi persiapkanlah diri anda untuk menjadi seorang technopreneur yang professional dan mendedikasikan segalanya bagi kemajuan dan perkembangan dunia bisnis.

7. Bisnis di Bidang Konsultan IT

Kebanyakan dari kita belum paham dan mengerti bagaimana memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk diaplikasikan ke dalam bisnisnya. Maka dari itu dibutuhkan orang-orang yang memiliki keahlian khusus di bidang IT untuk membantu memecahkan persoalan tersebut. Bisnis di bidang ini menyediakan konsultasi jasa pembuatan web, pemasangan cctv dan aplikasi pendukung berjalannya usaha anda. Dalam hal ini banyak pihak dari pelaku bisnis menginginkan segala hal yang bisa menunjang perkembangan perusahaannya.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud