Ingin Memulai Bisnis yang Unik? 5 Ide Bisnis ini Bisa Jadi Pilihan

ide bisnis

Menjalankan bisnis memang bukan perkara yang mudah. Tantangan bukan hanya datang dari inovasi dan kreatifitas bisnis, tapi juga bisa datang dari pihak kompetitor. Persaingan ide bisnis yang sangat ketat kerap memaksa sebagian bisnis untuk berhenti beroperasi dan mengalami kebangkrutan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang mampu bertahan menghadapi kompetisi yang sengit.

Sebenarnya masih banyak lho ide bisnis unik yang minim saingan dan memiliki prospek yang menjanjikan. Lima ide bisnis ini bisa menjadi alternatif pilihan bisnis yang inovatif dan belum banyak dijalankan orang lain :

1. Ide Bisnis Bengkel Darurat Panggilan

Ide bisnis yang pertama yakni bengkel darurat panggilan. Semua orang pasti setuju kalau penggunaan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat seakan sudah jadi kebutuhan primer di kota-kota besar. Pertumbuhan penggunaan kendaraan bermotor juga menjadi kesempatan untuk mengembangkan bengkel darurat panggilan. Ketika kendaraan bermotor mengalami mogok di jalan.

Tim bengkel darurat panggilan siap datang ke lokasi untuk memperbaiki kerusakan kendaraan dalam waktu yang relatif singkat. Tidak hanya menyediakan jasa reparasi kendaraan, bengkel darurat panggilan juga bisa menyiapkan bahan bakar untuk kendaraan yang sedang kehabisan bahan bakar sehingga mogok di jalan. Kedengarannya ide bisnis ini tentu sangat menarik dan menjanjikan, ya.

Artikel lain: Pom Bensin Mini, Peluang Bisnis yang Berawal dari Kebutuhan Sehari-hari




2. Jasa Pertukangan

Pesatnya perkembangan bisnis properti beberapa tahun belakangan ini rupanya membawa peluang emas bagi bisnis jasa pertukangan. Ini bisa menjadi ide bisnis yang briliant ketika jasa lain mungkin telah sesak dipenuhi persaingan.

Jasa pertukangan bisa menjadi solusi untuk mengerjakan proyek pembangunan rumah, kantor atau bangunan lainnya. Sejumlah pekerjaan sederhana juga bisa menjadi fokus bagi bisnis jasa pertukangan, seperti jasa memperbaiki pipa air yang bocor, jasa memperbaiki atap yang bocor, pengecatan bangunan atau perbaikan tembok yang rusak karena pengaruh cuaca dan kecelakaan. Tinggal tentukan tarif borongan atau tarif harian, jasa pertukangan bisa meraup keuntungan yang maksimal.

3. Jasa Kebersihan Panggilan

Ketika kita ingin mengadakan acara besar di rumah, biasanya kita melakukan bersih-bersih rumah sendirian atau dibantu dengan beberapa anggota keluarga yang lain. Rasanya tentu sungguh repot dan melelahkan jika harus membersihkan rumah dalam waktu yang singkat. Dari sinilah ide bisnis jasa kebersihan panggilan muncul.

Bersih-bersih rumah justru bisa menjadi ide bisnis bagi kita lho. Karena kita bisa mulai merintis jasa kebersihan panggilan bagi orang lain yang juga sering mengalami kerepotan saat membereskan rumah. Jadi, tinggal siapkan saja paket-paket pembersihan rumah yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan kita.

4. Jasa Penjaga Keamanan Rumah

Budaya mudik membuat sebagian masyarakat yang tinggal di kota besar memilih untuk pulang ke kampung halaman pada hari libur atau hari raya tertentu. Masyarakat yang mudik kadangkala tidak pulang dengan keadaan tenang karena memikirkan keamanan rumah yang mereka tinggalkan untuk jangka waktu yang agak lama. Nah, keadaan ini membuat masyarakat biasanya mempercayakan jasa penjaga keamanan rumah untuk menjamin keamanan rumah mereka.




Jasa keamanan rumah bisa beroperasi dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang memanfaatkan teknologi CCTV dan perangkat pendukung lainnya supaya bisa memantau keadaan rumah dari jarak jauh, namun ada juga yang mempercayakan keamanan rumah pada pihak-pihak yang terbiasa mengamankan suatu gedung atau bangunan. Jadi, kita tinggal memilih jenis jasa keamanan rumah mana yang paling cocok untuk lingkungan yang  menjadi target bisnis kita.

Baca juga: Peluang Bisnis Pulsa ~ Jenis Usaha yang Tak Ada Matinya

5. Penitipan Hewan Peliharaan Musiman

Satu lagi masalah yang biasanya dihadapi oleh orang-orang yang sering mudik. Masalah tersebut adalah hewan peliharaan yang akan ditinggalkan. Solusi mudah untuk hewan peliharaan yang ditinggal mudik adalah menitipkannya pada jasa penitipan hewan peliharaan.

Menjalankan jasa penitipan hewan peliharaan bisa dilakukan di kawasan tempat tinggal dengan jumlah perantau yang cukup banyak. Pilihan hewan peliharaan yang bisa dititipkan juga sebaiknya tidak terbatas pada anjing dan kucing saja, namun juga bisa mulai membidik jenis hewan lainnya seperti kelinci, reptil, ular, ikan atau unggas.

Sudah terbukti kan kalau bisnis yang sukses itu bukan berarti harus bisnis yang mainstream dan banyak dijalankan oleh orang lain. Pilihlah ide bisnis yang unik dan minim persaingan supaya kita bisa meraih sukses dengan kesempatan yang lebih besar daripada bisnis lainnya. Selamat berbisnis!



5 total comments on this postSubmit yours
  1. saya… msih bingung… bakat gambar punya..
    tp saya nggak berpendidikan, karna orang tua saya gak mampu buat nyekolahin saya… tp saya akan cari tahu terus… demk keluarga dan masa depan saya sendiri….
    trimakasih banyak tips-tips nya sangat betguna… :)

  2. Menurut saya usaha penitipan hewan musiman merupakan langkah terbaik untuk memulai bisnis ini karena lebih mudah dilakukannya. Menurut saya mah

  3. Mantab ide bisnisnya, terima kasih artikelnya Mas Max.

  4. banyak ide… sebaiknya juga punya banyak kesempatan untuk mewujudkannya… supaya sinkron…

  5. Kalo ide sih saya ada banyak bang.. Bahkan ada yg sudah dibuatkan proposal segala..hehe , cuma tetap saja terkendala di dana awal utk mengembangkan dan mewujudkan ide tersebut. Menurut Maxmanroe solusi terbaik utk kasus sy sperti apa? Tindakan apa yg harus sy lakukan? Mohon pencerahannya bang Marixon.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud