Ingin Lebih Produktif? Bangkitkan Kemampuan Multitasking Dalam Diri

Image dari Cake.hr

Image dari Cake.hr

Baik untuk seorang pebisnis ataupun pekerja, kemampuan multitasking merupakan hal yang sudah selayaknya dimiliki. Dengan adanya kemampuan tersebut, kita bisa semakin produktif dan mampu menyelesaikan baik masalah atau tanggung jawab dengan lebih baik.

Secara sederhana, kemampuan multitasking dapat diartikan sebagai sebuah kemampuan di mana seseorang bisa membagi perhatian dengan baik dalam mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu. Kemampuan yang lebih erat dikaitkan dengan kaum hawa ini, nyatanya memang sangat penting dan sangat layak untuk ditanamkan pada diri kita.

Namun terkadang tak sedikit orang yang langsung menjustifikasi dirinya sendiri bahwa ia tidak bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Inilah yang harus diluruskan, bahwa sebenarnya setiap manusia bisa saja menguasai kemampuan ini.  Kuncinya adalah bagaimana mengkondisikan otak kita untuk selalu siap ketika ada suatu pekerjaan baru datang.

Artikel lain: Bisnis Selalu Berkembang, Anda Harus Mampu Menyesuaikan Diri!

Bagi rekan-rekan yang ingin belajar menumbuhkan kemampuan multitasking dalam dirinya, bisa mengikuti beberapa tips sederhana di bawah ini.




1. Kerjakan Pekerjaan yang Masih Berhubungan

Tips pertama untuk melatih kemampuan multitasking adalah dengan mengelompokkan dan mengerjakan pekerjaan yang masih saling berhubungan. Bagaimana maksdunya?

Pada dasarnya ketika seseorang mengerjakan satu pekerjaan, maka otak akan mulai merekam apa-apa stepnya, keperluan, hingga pemecahan bila muncul masalah. Nah, ketika ia diberikan satu pekerjaan baru, maka secara otomatis otak dipaksa untuk mencerna kembeli berbagai informasi tentang pekerjaan tersebut. Nah dengan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sebenarnya masih berhubungan, beban kerja otak akan lebih ringan dan kitapun bisa mengerjakan banyak pekerjaan tersebut dengan lebih fokus dan baik.

Berhubungan di sini bisa diartikan berada di satu tempat yang sama atau menggunakan peralatan yang sama. Sebagai contoh mengetik laporan, mengeprint file, dan membuat bahan presentasi. Semua pekerjaan tersebut bisa dilakukan dalam satu tempat dan dalam waktu yang hampir bersamaan. Yang pasti biasakanlah mengerjakan banyak pekerjaan sesuai dengan pengelompokannya.

2. Susun Prioritas Kepentingan Pekerjaan

Berikutnya agar rekan-rekan dapat lebih handal menangani banyak pekerjaan dalam satu waktu, coba buatlah sebuah skala prioritas pekerjaan berdasarkan tingkat kepentingannya. Jika pada tips sebelumnya kita mengelompokkan berdasarkan hubungan, kini berdasarkan tingkat urgensinya.

Dengan mengetahui pekerjaan mana yang harus diselesaikan dulu atau pekerjaan mana yang dirasa lebih sulit, maka otak lebih mudah menangani banyak pekerjaan. Hal tersebut bisa terjadi karena antara tubuh dan otak sudah “berkoordinasi” terlebih dahulu untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan kemampuan terbaik kita. Sebagai hasilnya, semua pekerjaanpun bisa dikerjaan dengan baik dalam waktu yang relatif lebih cepat.




 Lebih luas lagi, jika memang Anda seorang pebisnis yang mempunyai bawahan atau karyawan, Anda bisa menularkan kebiasaan menyusun skala prioritas pada mereka. Dengan begitu tidak hanya pekerjaan Anda yang bisa selesai lebih baik, namun dengan dukungan kinerja maksimal dari bawahan maka bisnis Anda akan berjalan lebih sempurna.

3. Berikan Waktu Sejenak Untuk Otak Anda

Untuk poin yang satu ini, terkadang memang ada sebagian orang yang tidak dianugrahkan kemampuan kinerja otak yang bisa memikirkan sesuatu dengan cepat. Oleh karena itu, sangat wajar jika kita membutuhkan waktu sejenak agar otak bisa memproses perintah.

Dalam mencerna perintah yang masuk, otak manusia secara tanpa sadar akan bekerja. Dan sama seperti mesin yang digunakan secara terus menerus tentu satu waktu akan mengalami overheat dan justru bermasalah. Begitu juga saat akan berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain, coba untuk diam sesaat, tenangkan otak agar informasi tentang pekerjaan berikutnya bisa dicerna sempurna.

Setelah semua informasi perintah diterima, maka otak bisa jauh lebih siap mengerjakan pekerjaan baru disamping pekerjaan yang sudah ada sebelumnya. Dari sinilah kemampuan multitasking perlahan bisa kita dapatkan.

Baca juga: 3 Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Salesman

4. Kemampuan Multitasking Perlu Dilatih

Setelah mengetahui 3 tips dasar di atas, selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mulai berlatih mengerjakan beberapa hal bersamaan secara kontinyu dan konsisten. Coba 2 pekerjaan dulu, lalu tiga dan seterusnya. Ketika otak dan fisik Anda sudah terlatih maka, mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktupun bukan hal yang mustahil.

Yang tak kalah penting perhatikan juga batas kemampuan fisik Anda. Karena semua akan sama saja jika pada akhirnya  fisik Anda berkata tak sanggup.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Iya bener. Semakin banyak kemampuan yg kita kuasai semakin besar pula peluang untuk sukses

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud