Ingin Jadi Investor Sukses? Pastikan Beberapa Hal Ini Anda Lakukan

Ingin Jadi Investor Sukses? Pastikan Beberapa Hal Ini Anda Lakukan

bisnis investasi
Image dari Uangteman.com

Bidang investasi saat ini telah berkembang dengan adanya semakin banyak investor yang siap menyuntikkan dana demi mendukung berbagai bisnis di segala lini. Lalu jika difikirkan kembali, mengapa saat ini tren investor begitu subur? Jawabannya tentu karena menjadi investor merupakan salah satu peluang untuk mengembangkan keuangan dengan cara yang lebih efektif.

Namun ternyata untuk menjadi pemain di dunia #investasi tidaklah semudah yang kita bayangkan. Tidak jarang muncul permasalahan yang menghinggapi para investor sehingga membuat mereka harus merugi bahkan dalam jumlah yang sangat besar. Meskipun begitu minat untuk berinvestasi tetaplah besar terutama bagi mereka yang memang sudah mapan menjalankan beberapa bisnisnya.

Jadi, bagi rekan-rekan yang ingin menjadi investor sukses, berikut beberapa hal yang pastinya perlu dilakukan untuk mendukung mimpi Anda tersebut.

1. Pertimbangkan Biaya Investasi

Ketika masuk pada bidang investasi hal pertama yang wajib untuk kita pikirkan tentu berkaitan dengan biaya yang muncul selama proses investasi dijalankan. Dalam proses investasi, biaya memang pasti akan muncul bahkan dapat hadir dalam banyak jenis. Pastikan terlebih dahulu bahwa kita mengerti dengan baik, semua biaya-biaya yang akan kita tanggung di kemudian hari.

Pada awal investasi kita mengenal biaya modal investasi yang kemudian diikuti dengan biaya lain seperti administrasi, pendaftaran, biaya transaksi, biaya broker atau makelar, pajak hingga berbagai biaya kecil lainnya. Dari situ kita harus mencatat semua biaya tersebut dengan rinci agar tidak terjadi kesalahan yang dapat merugikan.

Artikel lain: Ini Alasan Mengapa Bisnis Online Bisa Menjadi Sebuah Investasi

Beberapa jenis biaya lain yang sebenarnya tidak terlihat namun cukup memberatkan ternyata juga harus kita pertimbangan. Contohnya yakni biaya terkait dengan keputusan investasi yang kita buat, biaya fleksibilitas pribadi seperti kewajiban untuk melunasi KPR hingga dampak stress yang mungkin timbul akibat investasi yang gagal. Kita harus mempertimbangkan kesemuanya dengan bijak, agar usaha investasi kita dapat memberikan keuntungan.

2. Jangan Mencoba Memprediksi Masa Depan

Dalam berinvestasi seorang investor tidak bisa menempatkan dirinya layaknya peramal yang bisa memprediksi masa depan. Kita tidak akan pernah tahu kapan investasi yang kita jalankan dapat menghasilkan keuntungan atau bahkan mengalami kerugian. Oleh karena itu, janganlah menanamkan pemikiran dalam otak kita bahwa sebuah investasi bisa selalu menghasilkan keuntungan.

Ketimbang merasa jumawa terutama saat investasi kita terus menunjukkan keuntungan, akan lebih baik jika kita melakukan analisis yang mendalam untuk memutuskan langkah berikutnya. Banyak contoh yang menunjukkan bahwa analisa dapat membantu kita setidaknya untuk meminimalisir kerugian yang mungkin timbul dari upaya investasi kita. Data-data yang diperoleh dari analisis, nantinya bisa menjadi acuan perihal rekomendasi dan juga alternatif investasi seperti apa yang bisa kita ambil.

Sebagai contoh seperti yang dilakukan banyak analis saham dalam memutuskan membeli saham mana yang dirasa tepat. Rekomendasi jual beli saham bisa mereka dapatkan berkat adanya analisis yang mendalam terhadap data lampau dan juga kecenderungan pasar yang terjadi saat ini. Hal-hal semacam ini merupakan menu wajib yang harus dilahap oleh para investor untuk dapat merengkuh kesuksesan.

Baca juga: Teliti Berinvestasi dan Berbisnis dengan Konsep Crowdfunding

3. Mempunyai Prioritas Tersendiri

Sama seperti menjalani sebuah bisnis pada umumnya, dibutuhkan fokus yang mantap ketika kita memilih sebuah investasi. Sebagai investor, prioritas untuk memilih jenis investasi dapat membantu kita untuk memperoleh kesuksesan lebih cepat. Ketika sudah memiliki pilihan investasi, pelajari seluk beluknya dan juga untung rugi yang bisa muncul dengan investasi tersebut.

Akan lebih baik jika kita tidak memilih terlalu banyak alternatif investasi ketika kita masih termasuk awam dalam bidang ini. Satu atau dua jenis produk investasi dinilai sudah cukup untuk kita tekuni. Yang terpenting kita fokus dan mempersiapkan diri menghadapi semua kemungkinan yang bisa terjadi.

Untuk mempermudah memilih investasi mana yang tempat, caranya bisa dengan mulai pada produk investasi yang paling umum kita dengar dan kita ketahui. Baru setelahnya pelajari berbagai produk lain yang mungkin menarik dan bisa kita jalankan. Dengan 3 poin di atas, proses kita menuju seorang investor sukses sudah bisa dijalankan dengan cukup baik.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan