Ingin Jadi Blogger Sukses? Jangan Abaikan 6 Mental Positif Ini 

Image dari Problogger.net

Image dari Problogger.net

Sama halnya dengan profesi lain, untuk menjadi blogger yang sukses itu tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan pengorbanan yang tiada tara untuk mewujudkannya.

Dalam meniti jalan menuju kesuksesan tersebut, #blogger pasti juga akan menemui beberapa rintangan dan kesulitan yang berliku untuk dihadapi. Seorang blogger tentu tidak bisa mengandalkan ilmu saja untuk bisa menjadi sukses. Ada banyak hal yang bisa mendukung kesuksesan atau sebaliknya kegagalan blogger.

Salah satu faktor pendukung kesuksesan seorang blogger itu adalah sikap dan mental. Ya, sikap dan mental memang memiliki peranan yang sangat penting bagi blogger untuk menyongsong kesuksesan. Dengan mental yang kuat maka ia akan berpeluang besar untuk mencapai seorang blogger sukses, dan sebaliknya dengan mental yang lemah maka blogger akan sangat sulit bahkan mustahil untuk mencapai kesuksesan.

Berikut adalah beberapa mental positif yang wajib dimiliki blogger agar mampu meraih kesuksesan di dunia blogging.

1. Berani Bermimpi Besar

Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Itulah sepenggal bait yang ada pada lagu Laskar Pelangi yang dibawakan oleh Nidji. Ya, mimpi memang landasan dan pijakan awal untuk menggapai kesuksesan. Tanpa mimpi dan cita-cita, blogger akan sulit mencapai suskes, karena tidak ada penggerak dalam diri mereka untuk berjuang dan melakukan sesuatu yang lebih. Maka dari itu, Anda sebagai blogger harus memiliki impian besar jika ingin menjadi blogger yang sukses.




Untuk bermimpi besar, Anda bisa memulainya dengan menuliskan daftar 10 impian sukses untuk blog Anda dalam selembar kertas. Tulisakan target pencapaian blog Anda untuk 1 tahun, 5 tahun dan 10 tahun mendatang. Terakhir, tulislah aktivitas harian atau hal-hal (to-do-list) yang bisa dilakukan untuk mencapai impian Anda tersebut.

Artikel lain: 7 Komponen Penting Untuk Mendukung Kesuksesan Blog

2. Mencintai Aktivitas Blogging

Cinta adalah sesuatu yang akan membuat Anda selalu bersemangat dan berjuang memberikan yang terbaik pada aktivitas blogging Anda. Dengan mencintai aktivitas blogging dengan sepenuh hati, Anda akan mampu menjalankan blog dalam jangka waktu yang lama.

Ya, cinta memang sesuatu yang mengakar dalam diri manusia yang sulit untuk dihilangkan atau dihentikan jika ia memang benar-benar mencintainya. Untuk dapat menemukan cinta Anda yang sejati pada aktivitas #blogging, Anda harus menemukan hal atau sesuatu yang benar-benar Anda cintai pada aktivitas blogging (misalnya menulis, mendesain, bercerita, berbagi informasi, berinteraksi, bersosialisasi).

Setelah itu, Anda juga harus menemukan tema blog yang sesuai dengan diri Anda. Jangan memaksakan diri untuk memilih tema blog yang tidak Anda sukai dan tidak Anda kuasai.




3. Memberikan yang Terbaik

Ya, untuk menjadi yang terbaik dan sukses, Anda juga harus memberikan yang terbaik. Maka dari itu Anda tidak bisa melakukan hal-hal di seputar aktivitas blogging ini dengan setengah-setengah. Anda harus melakukannya dengan maksimal. Anda harus mengerahkan seluruh kemampuan yang Anda miliki.

Inilah bentuk perjuangan yang memang harus Anda tempuh untuk bisa menjadi sukses. Melakukan hal yang terbaik dalam aktivitas blogging bisa berwujud menulis artikel terbaik dan bermanfaat, selalu membalas komentar yang ada di blog, menjalin hubungan baik dengan sesama blogger serta saling berbagi ilmu dan pengalaman diseputar dunia blogging.

4. Blogger Sukses Selalu Belajar

Blogger sejati yang mendambakan kesuksesan pantang untuk berhenti belajar. Jangan merasa diri paling jago dan ilmu yang dikuasai sudah maksimal. Jika Anda melakukannya, maka bisa dipastikan Anda akan terjatuh dan terpuruk. Ya, kesuksesan memang biasanya akan didapat oleh orang-orang yang terus belajar tanpa henti.

Dalam bidang blogging ini Anda bisa melakukan pembelajaran dengan selalu mengupdate ilmu dari buku atau berdiskusi dengan sesama blogger. Untuk semakin tajam dalam tema blog Anda, blogger bisa berlangganan 5 RSS blog dengan niche yang sama dengan blog yang Anda miliki.

5. Disiplin Terhadap Diri Sendiri

Sikap positif berikutnya yang wajib dimiliki blogger sukses adalah disiplin. Ya, disiplin adalah kunci untuk Anda terus menapak jejak kesuksesan. Anda harus tetap menjaga mimpi-mimpi Anda, mencintai aktivitas blogging, melakukan yang terbaik dan terus belajar tanpa henti.

Semua ini harus Anda lakukan secara disiplin dan konsisten. Hanya dengan disiplin diri yang tinggi inilah Anda akan terus membuka peluang besar menuju kesuksesan.

Baca juga: 6 Teknik Membangun Otoritas Blog Mulai Dari Nol

6. Sabar dan Persisten

Terakhir, mental yang perlu dimiliki blogger sukses adalah dengan memiliki sikap sabar dan persisten. Kesuksesan yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar memang membutuhkan sikap sabar dan persistensi atau kegigihan yang tinggi.

Anda tak boleh lembek dan cepat menyerah meskipun target-target Anda meleset di beberapa waktu. Anda harus selalu kuat dan sabar menjalani aktivitas blogging ini. Dengan kesabaran dan persistensi, Anda akan semakin mendekatkan diri dengan kesuksesan blogging.



14 total comments on this postSubmit yours
  1. berat juga untuk membentuk mental blogger yang oke mas…. thanks

  2. Terima kasih mas, artikelnya sangat bagus dan bermanfaat. Saya sebagai seorang bloggers newbi jadi bertambah semangat lagi untuk menjadi seorang bloggers yang bisa bermanfaat bagi orang banyak. :)

  3. mkasih atas bimbingannya semoga di kendala2 yang dulu tidak membuatku terjun ke jurang yg dalam untuk kedua kalinya.
    mkasih mas atas motivasinya

  4. Setuju sama point2 diatas, fokus dan jangan cepet nyerah penting banget karena banyak yg baru mulai bikin blog blom apa2 pusing mikirin pengunjung, pusing mikirin penghasilan :) ujung2nya blog malah ga keurus

  5. Inspiratif, bisa menjadi bahan buat belajar SEO nantnya dan semuanya butuh kesabaran

  6. Terimakasih Om,sangat Inspiratif. Saya bisa,karena saya yakin

  7. Tambahan masukan untuk pembelajaran bagi saya,
    memang semua harus melalui proses yang tidak sebentar,sikap mental yang di uraikan pada artikel diatas membuat saya menjadi optimis karena hal-hal tersebut memang sangat relevan dengan kehidupan,,,,,,
    kita dalam kehidupan sehari-hari juga membutuhkan sikap mental yang demikian,mulai dari mimpi/cita2,cinta pekerjaan,displin dan segala sesuatu yang telah diuraikan diatas untuk memperoleh kualitas hidup yang lebih baik….

    makasih mas manrikson
    sukses selalu

  8. wah betul banget mas, kalo mau sukses harus punya mimpi juga semangat

  9. Saya masih sangat baru di dunia blogger,salam kenal.

  10. Terimakasih atas ilmunya gan.
    Saya amati seluruh artikel agan langsung to the point tidak bertele tele, apakah ini juga mempengaruhi SEO?

  11. Sangat bagus sebagai referensi sekaligus masukan terhadap saya, terkadang saya juga merasa kurang sabar atau bahkan bosan dengan kegiatan blogging, sehingga pekerjaan yang seharusnya selesai dengan cepat harus terhambat dengan rasa malas…
    Mungkin dari postingan ini bisa membantu merubah mindset dan semangat baru saya, sehingga bisa lebih telaten “menggarap” blog sederhana saya.
    Mas Maxmanroe, minta doanya ya semoga saya bisa jadi blogger sukses seperti mas ini :)
    terima kasih sudah berbagi,.,…

  12. Untuk profesi blogger saya masih tergolong newbie, rasanya sangat sulit untuk mepertahankan performance seperti sabar, disiplin, persisten dan lain-lain. Saya ingin bertanya, bagaimana caranya meningkatkan pageview di web kita sedangkan untuk mengapdate artikel jarang dilakukan ?

  13. Ini menjadi bahan pembelajaran bagi saya….terutama sabar dan persisten, karena ini yang belum dimiliki, untuk yang lainnya masih bisa dipelajari

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud