Ingin Email Bisnis Anda Dibaca Penerima? Lakukan 7 Trik Berikut Ini

Image dari Feldmancreative.com

Image dari Feldmancreative.com

Email adalah surat elektronik yang dalam penulisan dan pengirimannya akan berbeda dengan surat konvensional yang ditulis diatas kertas. Dengan perbedaan inilah maka akan ada beberapa kesulitan atau permasalahan yang muncul dari sebuah surat elektronik (email). Salah satu bentuk kesulitan atau permasalahan yang muncul dalam email adalah proses penerimaan hingga pembacaaan surat.

Mungkin akan lebih mudah untuk membuat si penerima membaca email saat Anda mengirimkannya ke teman atau kerabat. Namun bagaimana jika surat ini Anda tujukan ke klien, mitra bisnis atau konsumen Anda. Tentu hal ini tak akan mudah saat Anda mengirim email ke tean atau saudara.

Maka untuk bisa membuat rekan bisnis, klien atau konsumen mau membaca email, Anda membutuhkan trik dan strategi. Lalu tips dan trik apa saja yang bisa membuat email bisnis dibaca oleh penerima? Berikut ulasannya.




1. Membuat Baris Subject yang Menarik

Trik pertama untuk membuat email bisnis Anda dibaca penerima adalah membuat baris subject yang menarik. Subject yang dalam hal ini adalah judul email tentu akan menjadi sangat penting buat Anda untuk bisa mengikat perhatian penerima untuk membacanya.

Sama halnya dengan sebuah judul artikel atau judul buku, maka subject email juga menjadi langkah awal agar pembaca mau membaca atau hanya akan melewatinya. Semakin menarik subject yang akan Anda buat, maka semakin besar pula peluang email bisnis Anda dibaca penerima.

Artikel lain: 5 Jenis Email Marketing Yang Bisa Diterapkan Pada Bisnis Anda

2. Tetap Singkat dan Jelas

Email adalah surat, bukan buku. Jadi email dengan pesan yang sangat panjang tidak akan mencerminkan sebuah konsep surat elektronik. Maka dari itu cobalah untuk membuat isi email yang singkat dan jelas. Meskipun Anda pandai bercerita dan mengolah kata, isi email yang terlampau panjang tidak akan membuat Anda terlihat mumpuni oleh pembaca.

Justru yang terjadi adalah sebaliknya, si penerima email seringkali akan malas bahkan sebelum mereka membacanya. Jika Anda seringkali mengirimkan email bisnis yang demikian, maka citra Anda sebagai pebisnis bisa saja menurun.




3. Sertakan Poin – Poin

Apabila Anda ingin membuat isi email yang agak panjang, Anda akan membuat pembaca jenuh dengan tulisan berupa pararaf-paragraf. Untuk menghindari kejenuhan pembaca ini, Anda bisa membuat poin-poin yang membagi panjangnya isi email Anda.

Dengan adanya poin-poin ini maka isi tulisan Anda akan lebih mudah untuk dimengerti dan dibaca oleh penerima. Dan yang pasti isi tulisan email Anda akan dibaca tanpa membuat jebuh dan bosan.

4. Berikan Pujian

Jangan ragu untuk memberikan atau menyatakan pujian dalam tulisan email Anda. Mengapa? Hal ini dikarenakan pujian akan membawa perhatian penerima email untuk semangat membaca tulisan Anda. Dengan pujian atau penghargaan, penerima email akan merasa dirinya penting. Dan saat Anda sudah bisa membuat penerima email merasa penting maka email bisnis Anda akan berpeluang dibaca dengan tuntas.

5. Cek Typo Anda

Sebagai seorang manusia, kita semua memang tak akan luput dari kesalahan. Begitu pula dalam menulis email bisnis, kita bisa saja melakukan kesalahan dalam menulis kata atau tanda baca (typo). Namun sebagai pebisnis yang ingin sukses, tentu sebisa mungkin Anda harus menghindari typo ini. Mengapa? Hal ini karena typo yang ada dan sering muncul dalam tulisan email akan membuat pembaca jadi malas atau enggan menuntaskan bacaan email.

Baca juga: Apa Itu Email Marketing dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis Online?

6. Hormati Privasi Penerima

Terakhir, trik untuk membuat email bisnis Anda dibaca oleh penerima adalah menghormati privasi penerima email. Tentu kita sudah tahu bahwa dalam email ada fitur CC (Carbon Copy) yang berfungsi mengirimkan sebuah email ke lebih dari satu orang penerima.

Sayangnya fitur yang akan bsai terlihat oleh semua penerima ini seringkali membuat penerima merasa risih. Akibatnya banyak penerima yang mendapatkan email dengan fitur CC ini akan merasa privasinya tidak dihormati.

Hasilnya mereka bisa saja akan merasa malas untuk membaca dan memutuskan untuk meninggalkan email bisnis Anda. Daripada menggunakan fitur CC akan lebih baik jika Anda menggunakan fitur BCC(Blind Carbon Copy) yang akan menyembunyikan identitas penerima email yang dikirimkan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Keren gan, bermanfaat banget. Tapi saya sering melihat juga bahwa ada seorang internet marketer yang lebih suka polanya bercerita dulu, katanya sih manusia cenderung suka dengan cerita jadi lebih masuk isi emailnya :)

    Tapi terima kasih banget gan atas tulisan untuk email marketingnya!
    Pembelajaran baru untuk saya…..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud