Ingin Bisnis Anda Tetap Langgeng? Lakukan 7 Hal Ini

bisnis

Dalam mengelola sebuah bisnis, dibutuhkan konsistensi juga tenaga lebih agar sebuah bisnis tetap bisa berjalan dengan baik dan bahkan lebih maju. Konsistensi yang sering menjadi masalah, karena biasanya yang kerap terjadi adalah energi yang berlebih di awal namun lambat laun akan mengalami penurunan secara signifikan.

Jika penurunan tersebut tidak segera terantisipasi dengan baik maka kehancuran bisnis Anda sudah di depan mata. Hal yang tidak kita sadari ini  kadang – kadang yang menjadikan eksistensi bisnis kita tidak bisa langgeng. Membangun sebuah bisnis dari nol banyak orang bisa melakukannya, namun untuk bisa bertahan dan tetap eksis sepanjang masa adalah suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan.

Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda dalam mempertahankan eksistensi bisnis Anda agar tetap bisa bertahan dan eksis.

1. Selalu Kuatkan Niat, Motivasi dan Tujuan Awal Anda Dalam Berbisnis

Sebelum melakukan sesuatu yang lain untuk mempertahankan sebuah bisnis, kuatkan dulu niat dan tekat dan tujuan awal Anda dalam berbisnis. Sesekali buka memori ketika dulu Anda memulai bisnis Anda untuk pertama kali. Ingat – ingat kembali masa – masa pertama atau kesulitan dalam membangun sebuah  bisnis. Dengan membuka memori masa lalu, diharapkan timbul rasa “eman” jika harus mengakhiri sebuah bisnis.

Artikel lain: Tips Memangkas Pengeluaran Bagi Bisnis Kecil Agar Tetap Bertahan




2. Buatlah Rencana Ketika Bisnis Sedang Mengalami Kemunduran

Meskipun kemunduran dalam berbisnis pasti tidak kita harapkan, namun percayalah dalam suatu bisnis pasti akan mengalami pasang surut. Yang penting di sini adalah bagaimana Anda menyiapkan plan yang baik ketika bisnis sedang mengalami penurunan. Sehingga ketika hal itu benar – benar terjadi Anda tidak panik dan tidak mengalami kebingungan.

3. Jadikan Bisnis Anda Sebagai Pemenuh Kebutuhan Konsumen

Ketika sebuah bisnis berjalan di atas rasa butuh dari koonsumen, maka keputusan sukses ada di tangan Anda. Tinggal bagaimana Anda bisa mengelola konsumen yang sudah membutuhkan produk Anda tersebut. Buatlah konsumen menjadi loyal terhadap produk Anda, jangan sampai membuat konsumen berpaling pada produk yang lain. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan konsumen agar tetap setia pada produk Anda.

4. Selalu Kreatif dan Update Terus Perkembangan Pasar

Menjadi kreatif adalah kunci utama dalam berbisnis. Selain itu selalu mengikuti perkembangan  terbaru dari bisnis yang Anda geluti juga sangat dibutuhkan. Jika tidak melakukan hal tersebut, maka bisa dipastikan Anda akan tergerus oleh pesaing yang lain, cepat atau lambat.

Gunakan media informasi yang ada saat ini untuk terus meng update perkembangan pasar. Bisa lewat medsos, situs berita, TV atau komunitas yang ada juga bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk menjadi kreatif.

5. Fokus dan Serius

Dua kata sederhana di atas sangat berat dilakukan memang, namun jika Anda berhasil melakukannya, maka eksistensi bisnis Anda akan mudah dicapai. Keseriusan dalam menjalankan sebuah bisnis yang dikelola menjadikan perjalanan usaha akan semakin mantab. Sedangkan tingkat fokus yang Anda punyai akan menjamin seberapa besar bisnis Anda akan berkembang. Jadi fokus dan serius dalam berbisnis mutlak diperlukan, apalagi untuk mempertahankan kelanggengan usaha Anda.




6. Semakin Banyak Relasi Semakin Banyak Rejeki

Kata – kata biijak di atas sangat tepat untuk mempertahankan eksistensi bisnis Anda dan bahkan untuk mengembangkannya. Logis memang jika dengan memperbanyak relasi tentu kemungkinan bertambahnya rejeki akan semakin dekat.

Sederhananya yang perlu Anda lakukan adalah dengan menambah teman. Mencari teman saat ini bukanlah suatu hal yang sulit, apalagi didukung dengan teknologi #media sosial yang berkembang dengan pesat. Namun demikian Anda juga perlu melakukan seleksi, tidak harus semua orang Anda jadikan teman.

Baca juga: Ketika Gagal dalam Bisnis, Bagaimana Bertahan & Bangkit?

7. Lakukan Promosi Setiap Waktu

#Promosi dalam berbisnis tidak cukup hanya pada waktu mulai mendirikan usaha. Namun ketika dalam perjalanan bisnis, Anda juga perlu melakukan promosi untuk mempertahankan bisnis Anda.

Tidak harus promo besar – besaran seperti ketika awal memulai usaha, namun sekedar memberi tahu orang – orang terdekat Anda mengenai keberadaan bisnis Anda sudah cukup membantu mempertahankan eksistensi usaha Anda. Jika Anda bisa melakukan promo dengan cara yang lebih namun tetap efektif dan efisien, itu akan semakin baik.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud