Ingin Berfoto Selfie Saat Gerhana Matahari Total? Kenali 5 Tips Amannya Berikut Ini

selfie gerhana matahari

Image dari Viva.co.id

Indonesia beberapa hari lagi akan kedatangan fenomena alam yang terjadi satu tahun sekali, yakni gerhana matahari total. Tepatnya pada 9 Maret 2016, peristiwa ini akan melintas dan dapat dilihat secara utuh di 12 provinsi di Indonesia, di antaranya Palembang, Bangka Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan juga Halmahera.

Ada beberapa kota yang juga dapat menyaksikan peristiwa ini, namun hanya terlihat sebagian saja. Kota tersebut antara lain Jakarta, Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado juga Ambon.

Fenomena gerhana matahari total itu sendiri bisa terjadi karena posisi bulan tepat berada secara keseluruhan menutupi posisi matahari. Jika kita lihat dari sisi lainnya peristiwa tersebut ternyata membawa manfaat bagi perkembangan pariwisata di Indonesia, karena banyak dari wisatawan asing yang akan datang untuk bisa melihat fenomena tersebut secara langsung.

Artikel lain: Sering Lakukan Aktivitas Selfie? Waspadai 6 Bahayanya Berikut Ini

Dengan semakin berkembangnya teknologi, tak sedikit orang yang ingin mengabadikan moment langka tersebut, dengan perangkat canggih yang dimilikinya seperti kamera digital maupun #smartphone. Akan tetapi apakah Anda tahu bahwa mengambil foto selfie saat gerhana matahari total bisa membahayakan mata Anda? Meskipun gerhana matahari total lebih gelap dan lebih mudah jika dilihat, justru dampak yang ditimbulkan dari sinarnya akan dapat merusak mata Anda secara permanen.

Maka dari itu, kali ini akan membahas 6 tips aman untuk melakukan foto selfie saat berlangsungnya gerhana matahari total. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Saat Berfoto Jangan Melihatnya Secara Langsung

Ketika fenomena alam ini sedang berlangsung, jika ingin mengambil foto usahakan jangan melihatnya secara langsung. Mungkin pada saat itu Anda tidak merasakan apapun pada mata, tetapi dampak yang ditimbulkannya akan terasa beberapa hari setelahnya. Karena efek yang muncul dari sinar matahari akan membakar titik pusat di bagian retina mata, hal semacam ini tentunya sangat berbahaya bagi diri Anda.

Kondisi tersebut juga diperkuat dengan data yang telah dilaporkan Rumah Sakit Mata Moorfields, Inggris. Di mana jumlah dari pasien yang mengalami kerusakan mata setelah gerhana matahari di tahun 1999 meningkat grafiknya pada Jumat 20 Maret 2015 lalu.

2. Menggunakan Perantara Kacamata Pelindung

Kacamata berfungsi sebagai pelindung mata Anda dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Memakai kaca mata pelindung, setidaknya akan meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan dari sinar gerhana tersebut, dan bisa melihatnya dengan aman tanpa harus takut terjadi hal buruk pada mata Anda nantinya.

Perlu di ingat juga Anda harus menggunakan kacamata pelindung yang telah memiliki sertifikasi CE Approved. Jika terjadi gerhana matahari usahakan agar Anda tidak memakai kaca mata biasa, karena tidak akan melindungi mata Anda dengan baik.




3. Melihat Gerhana Melalui Perangkat Kamera atau Smartphone

Anda sebaiknya lebih berhati-hati ketika ingin melihat fenomena gerhana, karena jika melihat sinar yang di pancarkannya secara langsung akan merusak bagian retina mata Anda. Tetap gunakan media kacamata pelindung pada saat itu, langkah selanjutnya apabila telah memakainya coba untuk melihat langsung gerhana yang akan Anda ambil fotonya melalui layar kamera atau smartphone. Setidaknya dapat melindungi mata Anda dari sinar gerhana tersebut.

4. Menggunakan Lensa Astrosolar

Untuk menghindarkan diri Anda dari dampak buruk yang dihasilkan dari sinar gerhana matahari, ada baiknya Anda menambahkan komponen pendukung pada perangkat #kamera dengan lensa Astrosolar. Karena lensa ini memiliki fungsi melindungi kamera Anda dan mengurangi radiasi sinar yang datang ke kamera. Bahkan akan membantu Anda untuk dapat menghasilkan kualitas foto yang lebih tajam.

Baca juga: Peluang Bisnis Penyewaan Drone Bagi Yang Doyan Selfie

5. Melakukan Selfie dengan Membelakangi Gerhana Jika Diperlukan

Setiap orang dapat melakukan aktifitas selfie kapanpun juga dimanapun, tetapi saat berlangsung peristiwa gerhana matahari total sangat tidak di anjurkan melakukan foto selfie dengan teman-teman Anda secara langsung. Apabila jika Anda tetap ingin melakukannya bersama teman Anda, coba untuk melakukannya dengan membelakangi gerhana matahari tersebut. Hasilnya memang tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan sebelumnya, namun akan lebih aman jika Anda melakukannya seperti itu.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud