Ingin Belajar Coding? Coba Kunjungi 10 Situs Gratis Berikut Ini

belajar coding online

Image dari Theinternetdigest.net

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih, dan telah membawa perubahan signifikan di berbagai bidang. Misalnya saja aktifitas belajar tidak hanya lagi dilakukan di dalam kelas saja dengan guru sebagai pengajarnya. Sebagian besar orang menganggap biaya untuk menimba ilmu terbilang cukup mahal, bahkan tidak sedikit orang berhenti belajar karena terbentur masalah biaya. Tapi tidak usah khawatir karena sekarang hanya dengan memanfaatkan teknologi, belajar bisa dilakukan dimana saja dan juga kapan saja, cukup bermodalkan #komputer dan koneksi internet Anda sudah bisa mengakses banyak materi yang tersebar di website-website tanpa dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Khususnya bagi mereka yang ingin mulai mengenal dan belajar coding atau pemrograman. Belajar coding memang bukanlah perkara mudah, akan tetapi banyak cara yang bisa dilakukan agar proses tersebut bisa menjadi lebih menyenangkan. Seperti diketahui bersama, ilmu coding itu tidak saja bisa didapatkan melalui jalur resmi seperti halnya perguruan tinggi. Nyatanya ilmu coding bisa diinterpretasi dari kehidupan sehari-hari kita, termasuk online learning. Metode satu ini bahkan akan sangat mudah diterima berbagai kalangan yang berminat dan juga memiliki keinginan dalam mempelajari coding.

Artikel lain: Siap-siap! Tahun 2016 “Coding” Akan Jadi Pelajaran di Sekolah

Maka dari itu bagi Anda yang ingin belajar pemrograman tanpa harus takut akan biaya, masih terdapat beberapa situs yang menawarkan bagi penggunanya supaya bisa belajar coding gratis. Seperti dilansir dari laman Fortune menyebutkan bahwa ada 10 situs yang menawarkan layanan belajar coding gratis. Untuk lebih mengetahuinya simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Codecademy

Image dari Andrewkkirk.com

Image dari Andrewkkirk.com

Situs satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sudah mahir atau baru belajar coding. Serupa halnya dalam bermain game, belajar di situs Codecademy juga terdiri beberapa level atau tingkatan. Misalnya seperti belajar membuat website, di level pertama Anda diajarkan elemen-elemen yang bisa digunakan dalam pembuatan #website.

Untuk  level selanjutnya Anda mulai belajar coding dasar secara langsung. Anda nantinya akan diberikan instruksi-instruksi untuk bisa memodifikasi kode yang telah disediakan. Apabila mendapat masalah atau kebingungan dalam menjalankan instruksi tersebut, tidak perlu khawatir karena Codecademy telah menyediakan petunjuk yang akan menjelaskan maksud dari instruksi yang dimaksud.

Di situs ini, Anda bisa belajar banyak bahasa pemrograman seperti HTML dan CSS, Javascript, jQuery, PHP, Phyton, dan bahasa lainnya.

2. Code Combat

Image dari Wpi.edu

Image dari Wpi.edu

Situs yang kedua adalah Code Combat. Sedikit berbeda dengan Codecademy yang mengajarkan kode melalui instruksi-instruksi, Code Combat sendiri mengajarkan coding dengan bermain game. Cara ini tentu saja akan sangat menyenangkan bagi Anda yang gemar bermain game. Pada situs ini ada dua bahasa pemrograman yang bisa Anda pilih yaitu JavaScript dan Python.




Kedua bahasa ini cukup familiar dan mirip satu sama lain, dan sangat bagus untuk tingkatan pemula mengingat deklarasi sintaknya cukup mudah untuk dipahami. Setelah memilih bahasa pemrograman langkah selanjutnya adalah memilih game yang ingin Anda mainkan. Tersedia dua jenis game yang bisa dimainkan untuk pemula Anda bisa memilih game Campaign.

3. The Code Player

Image dari Emarketeers.com

Image dari Emarketeers.com

Situs yang ketiga ini sesuai namanya yang berarti pemutar kode dalam bahasa Indonesia. Pada Code Player Anda bisa memutar presentasi yang menjelaskan bagaimana seseorang membangun sesuatu dari awal. Nantinya setiap presentasi akan menampilkan kode dan hasilnya secara real time, sehingga Anda dapat mengetahui apa kode yang digunakan dan bagaimana hasilnya. Seperti #aplikasi musik player pada umumnya Anda bisa mem-pause dan mempercepat presentasi.

Ada beragam presentasi yang bisa Anda lihat di situs ini, misalnya seperti membuat tabel harga menggunakan CSS3, membuat logo, hingga wireframming menggunakan HTML5 dan CSS3.

4. HTML5 Rock

Image dari Html5rocks.com

Image dari Html5rocks.com

Sesuai dengan namanya situs ini hanya membahas tentang web developer khususnya menggunakan #teknologi HTML5 yang dipakai saat ini. Pada situs ini sendiri terdapat tutorial, slide, dan resource yang bisa Anda gunakan sebagai bahan referensi dalam mengembangkan web.

Tutorialnya yang ada pada situs ini cukup beragam misalnya tutorial membuat animasi, membuat gambar berkualitas tinggi, dan lain sebagainya. Pada bagian slidenya terdapat berbagai referensi presentasi dari developer ternama, seperti halnya presentasi dari Eric Bidelman tentang Polymer yaitu teknologi web component yang dapat memudahkan developer.

Sedangkan untuk bagian resourcenya sendiri terdapat sumber-sumber seperti referensi HTML5, dokumentasi, hingga tools-tools yang biasa digunakan oleh developer.

5. Coursera

Image dari Designerfund.com

Image dari Designerfund.com

Berikutnya situs yang satu ini didirikan pada tahun 2012, Coursera telah tumbuh menjadi sebuah perusahaan edukasi teknologi profit yang menawarkan lebih dari 1000 jenis kursus dari 119 institusi yang berbeda. Bahkan mereka telah menawarkan beberapa jenis kursus spesialisasi di universitas terkemuka. Contohnya seperti University of Washington, Stanford, University of Toronto, dan Vanderbilt.

6. edX

Image dari Openedx.fr

Image dari Openedx.fr

edX merupakan platform online learning opensource yang didirikan oleh Massachusetts Institute of Technology bersama Harvard University pada 2012 lalu. Saat ini edX telah mendirikan sekitar 60 sekolah yang menawarkan program khusus mata pelajaran Introduction ComputerScience secara eksklusif.

7. Udemy

Image dari Coursetalk.com

Image dari Coursetalk.com

Didirikan pada 2010 lalu, Udemy merupakan salah satu platform online learning dengan menawarkan materi coding melalui video. Beberapa kursus populer yang ditawarkan antara lain Programming of Enterpreneurs, HTML dan CSS, dan juga Introduction to Phyton Programming.

8. GitHub

Image dari aha.io

Image dari aha.io

Apabila Anda ingin belajar melalui e-book, Anda bisa mencoba situs yang satu ini. Di GitHub penggunanya dapat mencari buku programming yang diinginkan. Bahkan GitHub sendiri menawarkan beberapa koleksi buku programming dalam jumlah yang cukup banyak, yakni lebih dari 500 buku dengan pilihan 80 bahasa pemrograman berbeda.

Baca juga: Clevio Coder Camp ~ Sekolah Coding Game Dengan Visi Tanamkan Jiwa Technopreneur

9. CodeAvengers

Image dari Ywcalakecounty.org

Image dari Ywcalakecounty.org

Situs asal Selandia Baru ini juga menyediakan kursus coding yang lebih menyenangkan dan juga interaktif. Dimana akan mengajarkan penggunanya bagaimana melakukan pemrograman melalui serangkaian game, aplikasi, dan situs yang menggunakan HTML dan CSS serta JavaScript.

10. KhanAcademy

Image dari Lakeheadschools.ca

Image dari Lakeheadschools.ca

KhanAcademy diciptakan oleh Salman Khan pada tahun 2006 lalu, yang mana menyediakan kursus coding gratis dengan menggunakan video tutorial. Dimana penggunanya bisa belajar lewat animasi, bermain #game dengan JavaScript dan ProcessingJS.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud