Indoor Maps ~ Fitur Terbaru Google Untuk Memetakan Lokasi Dalam Gedung

Indoor Maps ~ Fitur Terbaru Google Untuk Memetakan Lokasi Dalam Gedung

indoor maps
Image dari Coolsmartphone.com

Sebagai perusahaan raksasa dunia, Google tak henti-hentinya membuat terobosan untuk selalu memudahkan bagi para penggunanya. Inovasi yang selalu dilakukan selalu ditujukan untuk memberikan layanan maksimal kepada para penggunanya. Beberapa waktu terakhir, #Google menciptakan beberapa fitur baru untuk semakin melengkapi layanan Google Maps. Saat ini, Google Maps menambah fitur baru yang berfokus kepada pemetaan ruang dalam sebuah gedung.

Fitur yang bernama Indoor Maps ini dibuat untuk memudahkan pengguna ketika sedang berada di dalam ruangan. Fungsi dari fitur ini adalah semacam pemandu kepada kita saat kita sama sekali buta pada lokasi yang berada di dalam gedung. Indoor Maps bisa memberikan informasi secara lengkap melalui navigasi detail dalam setiap lantai yang ada di dalam gedung.

Peluncuran Indoor Maps Pertama di Indonesia

Meski belum semua gedung bisa terintegrasi dengan fitur Indoor Maps, namun setidaknya ada 60 tempat populer di Indonesia yang sudah terkoneksi dalam peluncuran pertama fitur ini. Titik tempat gedung-gedung utama seperti mal, bandara, museum sampai dengan universitas yang tersebar pada 13 kota di Indonesia sudah terintegrasi dengan Google Maps. Tempat-tempat umum utama seperti Bandara Udara Internasional Ngurah Rai Bali, Jakarta Convention Centre, Grand Indonesia Shopping Town dan Museum Nasional Indonesia adalah sebagian contoh lokasi yang sudah memiliki fitur Indoor Maps.

Fitur Indoor Maps ini nantinya akan memudahkan kita dalam mencari tempat-tempat penting yang ada di dalam ruangan. Pengguna akan dimudahkan saat mencari gerbang sebuah gedung, tempat ATM berada, toilet dan bahkan nama sebuah toko pun bisa diketahui melalui fitur ini.

Artikel lain: Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android

Sama seperti saat menggunakan Google Maps, pemakai akan melihat sebuah titik biru yang berkedip yang sesuai dengan lokasi tempat berdiri penggunanya. Ketika misalnya Anda berpindah lantai, maka Google Maps pun akan segera menyesuaikan dan memperbarui lokasi baru tersebut. Sederhananya, ketika Anda berada dalam gedung yang sudah terintegrasi dengan fitur ini, maka Anda tidak perlu khawatir untuk tersesat.

Beberapa Fitur Baru Google Maps di Indonesia

Dengan keberadaan fitur baru ini, sambutan sangat baik datang dari beberapa pengelola pusat belanja di Indonesia. Kenapa demikian, karena dengan adanya fitur Indoor Maps, akan memudahkan para konsumen dalam menemukan lokasi sebuah jasa atau bisnis yang mereka inginkan. Ini akan sangat baik dan akan semakin meningkatkan potensi transaksi antara konsumen dan produsen. Efektifitas waktu juga sangat terbantu dengan keberadaan fitur baru ini. Terlebih dengan jumlah pengguna #smartphone yang semakin bertambah, maka potensi pertemuan konsumen dengan penyedia bisnis atau jasa tentunya akan semakin besar.

Di Indonesia sendiri, sepanjang tahun 2015 ini Google Maps sudah memperbarui tiga fitur utamanya. Fitur pertama yang diluncurkan adalah saat Lebaran di Indonesia beberapa bulan yang lalu. Menjelang musim mudik lebaran, Google Maps membuat sebuah fitur yang mampu memberikan informasi secara real time tentang beberapa titik kemacetan pada 23 kota di Indonesia. Kemudian pada bulan September Google meluncurkan fitur lajur dan landmark yang mana dengan fitur ini pengguna bisa memperoleh navigasi suara berdasar pada bangunan fisik yang terlihat oleh mata.

Baca juga: Pihak Asing Boikot Google Maps, Apa Alasannya?

Disusul kemudian pada bulan November yang lalu, Google Maps meluncurkan fitur offline yang bisa memastikan pengguna tetap bisa mendapatkan navigasi meski kondisi #internet tiba-tiba putus. Fitur-fitur terbaru pada Google Maps ini sangat memudahkan penggunanya dalam memandu mereka untuk mendapatkan navigasi secara real di lapangan. Dan sekarang para pengguna bisa dengan mudah menggunakannya dengan ponsel mereka.

“Fitur ini memberikan kemudahan untuk pengguna di Indonesia, baik turis maupun masyarakat setempat,” demikian kata Nikhil Vaishnavi, Product Manager Google Maps. Google Maps sendiri sudah tersedia bagi semua pengguna #Android yang sudah memiliki aplikasi Google Maps dalam versi yang paling baru. Dengan begitu lengkapnya fitur yang ada pada Google Maps, nampaknya kita tidak akan bingung lagi saat berada di dalam sebuah gedung atau area perbelanjaan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan