Ide Bisnis Jual Es Batu, Laku Gak Laku Produknya Pasti Habis

Bisnis Jual Es Batu

Ilustrasi es batu dari Google.com

Peluang usaha sebenarnya ada banyak sekali, baik itu online maupun offline. Namun, seringkali kita tidak melihat peluang usaha yang ada di depan mata, dan malah mencari-cari ide bisnis dari orang lain. Salah satu peluang usaha yang sering disepelekan dan kurang peminatnya adalah peluang bisnis jual es batu.

Ide bisnis yang satu ini (usaha es batu rumahan) ternyata menguntungkan dan cukup mudah untuk dikerjakan. Selain bisnis jual es batu resikonya kecil, segmen pasar yang membutuhkan produk es batu sudah jelas, dan modal untuk menjalankan bisnis ini cukup terjangkau.

Jika saat ini Anda sudah memiliki refrigerator yang dilengkapi freezer, maka Anda sudah bisa langsung mencoba peluang bisnis ini. Di awal-awal membulai bisnis, keuntungan dari bisnis jualan es batu terlihat kecil tapi tentu saja keuntungan ini bisa ditingkatkan seiring bertambahnya pelanggan Anda nantinya.

Lalu bagaimana potensi bisnis es batu ini sebenarnya? Berikut ini ulasan singkatnya.

Target Market Bisnis Jual Es Batu

Semua bisnis pasti harus terlebih dahulu memperhatikan target market (konsumen) yang akan dibidik. Ini sangat penting karena bisnis yang target marketnya sudah jelas akan lebih mudah untuk menjual ke konsumen yang tepat.

Di bisnis es batu rumahan, target market Anda adalah mereka yang membutuhkan es batu dalam jumlah tertentu. Lalu, siapa yang butuh es batu? Mereka adalah para pebisnis minuman dingin  yang membutuhkan supply es batu dalam jumlah banyak. Misalnya bisnis minuman jus buah, minuman bubble drink, es teh, dan minuman dingin lainnya.

Bukan hanya pebisnis minuman dingin yang membutuhkan es dalam jumlah banyak, tapi bisnis makanan juga demikian. Misalnya bisnis di bidang makanan beku yang menjual daging, ikan, dan sebagainya. Selain itu, kebutuhan es batu pada event-event tertentu juga sering terjadi, misalnya acara penikahan yang menyuguhkan aneka minuman dingin.

Lebih lengkapnya berikut ini target market yang bisa Anda bidik dalam menjalankan bisnis batu es:

Artikel lain: 15 Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Untung Besar dan Halal

1. Perusahaan Bahan Makanan Beku

Ada banyak sekali perusahaan makanan beku yang ada di Indonesia, dan mereka bergerak di berbagai bidang usaha. Salah satu bidang usaha yang seringkali membutuhkan batu es dalam jumlah yang besar adalah perusahaan supplier bahan makanan hasil laut (ikan, kepiting, gurita, kerang, udang, dan lain sebagainya).

Mereka membutuhkan es batu dalam jumlah yang sangat besar dan harus disuplai secara kontinu. Es batu ini biasanya digunakan untuk membantu menjaga kesegaran bahan makanan hasil laut yang disimpan. Begitu juga pada saat pengiriman dan penjualan, dibutuhkan es batu dalam jumlah yang banyak untuk menjaga kesegaran bahan makanan tersebut.

2. Restauran, Cafe, dan Usaha Minuman

Restauran, cafe, rumah makan, dan usaha minuman dingin pasti butuh suplai es batu yang cukup. Mereka ini adalah target market yang akan selalu menghubungi pengusaha es batu. Bukan hanya untuk membuat minuman dingin dan segar, es batu juga seringkali digunakan untuk menjaga bahan makanan tetap segar di tempat penyimpanan.




Namun biasanya restauran, cafe, dan usaha minuman tersebut lebih banyak memesan es batu untuk keperluan membuat hidangan dingin. Dapat dipastikan bahwa mereka akan selalu membutuhkan suplai batu es yang berkualitas untuk membuat hidangan kepada pelanggannya.

Cara Memulai Bisnis Es Batu dan Tantangannya

Ketika akan memulai usaha jual es batu, para pemula pasti akan menghadapi tantangan, baik itu dari diri sendiri maupun dari luar. Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh calon pengusaha adalah kurangnya modal dan tempat usaha. Untungnya, bisnis es batu ini tidak perlu modal besar dan kita bisa memulinya dari rumah.

Modal awal untuk memulai bisnis jual es batu ini tentu saja freezer untuk membuat batu es. Jika Anda belum memilikinya, tentunya Anda harus membelinya terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan plastik untuk kemasan.

Sedangkan untuk proses pembuatan es batu itu sendiri sebenarnya sangat mudah. Semua orang pasti bisa melakukannya tanpa kesulitan. Pastikan air yang akan dibekukan adalah air bersih saat membuat es batu. Khusus membuat es batu untuk bahan minuman/ makanan, Anda harus mendidihkan airnya terlebih dahulu sebelum dijadikan es batu.

Tantangan Bisnis Jual Es Batu

Selain modal usaha dan tempat usaha, yang paling sering menjadi tantangan di bisnis ini adalah faktor cuaca. Ketika musim hujan biasanya permintaan akan es batu akan merosot tajam. Kemungkinan besar beberapa pelanggan Anda akan mengurangi permintaan atau bahkan menyetop pembelian es batu selama musim hujan.

Tapi tentu saja permintaan akan es batu tidak akan berhenti begitu saja saat musim hujan. Beberapa konsumen akan tetap membutuhkan es batu untuk keperluan mereka, walupun memang tidak sebanyak pada saat musim kemarau/ panas.

Baca juga: 6 Bisnis yang Menguntungkan Saat Musim Penghujan, Layak Untuk Dicoba!

Tips Sukses Bisnis Jual Es Batu

Sebuah bisnis yang sukses tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisnis batu es Anda bisa menjadi sukses. Mungkin saat ini bisnis tersebut masih kecil-kecilan, tapi suatu saat bisa saja bisnis es batu yang Anda bangun bisa menjadi lebih besar dan membangun sebuah pabrik es batu milik Anda sendiri.

  1. Menyiapkan mental
  2. Mempelajari kebutuhan pasar
  3. Menawarkan produk ke pebisnis minuman dingin
  4. Berikan produk es batu yang berkualitas
  5. Berikan harga khusus pada pelanggan setia
  6. Berikan layanan antar gratis
  7. Jangan mudah menyerah
  8. Berinovasi

Analisis BEP Bisnis Batu Es

Investasi Awal
Kulkas / Refrigerator Rp 2.000.000,-
Biaya Operasional
Plastik, air, listrik Rp 100.000,-
Omset per bulan Rp 500.000,-
Laba per bulan Rp 400.000,-
Analisis BEP 6-7 bulan




10 total comments on this postSubmit yours
  1. Sulit untuk gak comment di artikel ini soal “judul”-nya.

    “Ide Bisnis Jual Es Batu, Laku Gak Laku Produknya Pasti Habis”

    Serius, saya geli baca judulnya.

    Great Job, Mas! Semangat terus!

  2. Wow, salut buat Taufik yang berani jualan batu es sambil kuliah

    Btw, sulit juga ngebayangin jual es batu. Iseng-iseng ngitung BEP sendiri kenanya beda min.

    Modal awal 2jt blom termasuk filter air (di videonya kyknya mahal tuh), trus operasional 100rb ntu kyknya baru listriknya 100Wx24jamx30HarixRp1,467.28 (Asumsi nyala terus sepanjang hari), Klo omsetnya sama labanya jelas kurang nih.

    Klo BEPnya 6-7 bulan dengan penjualan yg turun-naik ngikutin musim, kyknya mending jualan pulsa aja tuh yang steady sepanjang tahun :)

    • Itu analisisnya sebenarnya cuma kira-kira saja. Pada kenyataannya mungkin berbeda, kalau sudah punya freezer sendiri dan udah punya perlengkapan lainnya mala lebih kecil bedanya.

      Masing-masing lokasi pasti punya potensi sendiri. Di tempat saya malah bisnis jual pulsa kurang laris karena kebanyakan orang udah beli sendiri lewat internet banking.

  3. perlu dicoba nih…apalagi ramadhan

  4. pokoknya manteb deh usahanya..

  5. Sepertinya usaha yang menjanjikan, tapi kekuranggannya hanya untuk lokal ya Kak…

    • Di luar negeri juga banyak bisnis jual es batu pak, dan laris manis. Tapi kalo bisnis es batu nya di Indonesia ya jangan jual ke luar negeri lah… bisa cair di perjalanan es batunya hahaha

  6. Saya jual sambel pecel nih Kak, kalau mau pesan langsung hubungi saya.

    • Enak tuh sambel pecel, bisa kirim ke luar kota ga?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud