How-old.net, Situs Pendeteksi Usia Karya Microsoft Yang Mengundang Antusiasme

How-old.net, Situs Pendeteksi Usia Karya Microsoft Yang Mengundang Antusiasme

Situs-Pendeteksi-Usia-Karya-Microsoft

Baru-baru ini di #media sosial dan instant messaging heboh dengan postingan wajah yang bertuliskan angka-angka tertentu. Selidik punya selidik ternyata postingan tersebut adalah capture dan sharing dari hasil prediksi atau tebakan usia melalui situs how-old.net. How-old.net merupakan sebuah situs karya Microsoft yang memang memberikan layanan info tebakan usia dari gambar atau foto wajah yang telah diupload.

Tentu saja karena situs pendeteksi usia ini bersifat tebakan, maka hasil yang diberikan bisa salah atau bisa juga benar. Meski tak selalu akurat, namun keberadaan situs guyonan ini ternyata mendapat antusiasme yang cukup meriah dari publik. Anda pun bisa mencobanya untuk mengisi waktu luang Anda. Lalu seperti apakah situs pendeteksi usia How-old.net ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Menggunakan Teknologi API

Bagaimana situs ini bisa mendeteksi usia seseorang? Dalam acara konferensi developer tahunan, Build 2015, Microsoft yang juga memperkenalkan inovasi situs pendeteksi umur menyatakan bahwa How-old.net tersebut menggunakan teknologi API(Apllication Programming Interface) pendeteksi wajah. Dengan teknologi inilah maka situs ini dapat memperkirakan umur dan jenis kelamin asli dari sebuah gambar wajah yang diupload.

Teknologi API yang ada kini telah tersedia di Azure Machine Learning Gallery yang juga berisikan produk lainnya yang telah dituntaskan Microsoft. Pada kesempatan yang sama, Microsoft juga mengkonfirmasi bahwa peluncuran website ini adalah guna memberikan pengalaman seru dan menarik pada audiens secara global.

Artikel lain: Wikileaks – Situs Kontroversial Penebar Top Secret Dunia

Ajang Pamer Teknologi

Dalam acara peluncurannya tanggal 1 Mei 2015 kemarin, situs bernuansa guyonan ini sepertinya terkesan pamer teknologi Microsoft yang selalu dikembangkan. Bagaimana tidak, situs yang menyematkan pengenal wajah ini diklaim lebih mumpuni untuk mengakomodir kekayaan data intelijen.

Namun sayang, sepertinya teknologi ini perlu dikembangkan lagi karena ternyata hasil yang diberikan belum akurat. Hal ini diakui sendiri oleh pihak Microsoft setiap saat hasil penebakan gambar dengan menyatakan bahwa “Sorry if we didn’t quite get the age and gender right – we are still improving this feature”.

Fitur penebakan umur yang kini justru menjadi lelucon di kalangan netizen ini sebenarnya pernah ada pada teknologi smartphone Xiaomi melalui kamera Redmi 2 yang dimilikinya. Namun, tentu saja karena teknologi ini hanya ada pada perangkat tertentu, maka fitur tebakan umur inipun hanya akan bisa dinikmati oleh segelintir orang yang memiliki ponsel pabrikan Tiongkok tersebut.

Tampilan Situs

Saat masuk ke situs ini, Anda akan mendapati tampilan yang sangat sederhana dengan sebuah landing page kotak penelusuran yang berjudul “Search Faces” yang memungkinkan pengunjung mencari gambar atau foto orang lain dan menu “use your own photo”, jika Anda ingin menebak usia dengan foto anda sendiri. Terdapat pula sebuah link dengan judul “Read the story behind this demo” yang bisa Anda baca bila ingin mengetahui lebih detail mengenai kisah dibalik situs pendeteksi usia ini.

Baca juga: Canva, Software Online Untuk Editing Grafis Secara Mudah Dan Lengkap

Cara Menggunakan How-old.net

Untuk menggunakan fasilitas situs ini caranya terbilang mudah, karena Anda tak perlu membuat akun atau melakukan registrasi terlebih dahulu. Yang perlu Anda lakukan hanya menyediakan gambar atau foto untuk nantinya dilakukan analisa dan penebakan usia oleh situs ini. Foto yang disiapkan bisa berupa foto sendri atau foto berkelompok (grup).

Anda pun bisa memanfaatkan gambar dari Bing Image Search jika Anda tak memiliki persediaan foto dengan melakukan penelusuran pada kotak berjudul “Search faces”.  Setelah gambar atau foto telah siap, maka Anda tinggal menunggu hasilnya. Berikut tahapan dan urutan cara menggunakan How-old.net yang lengkap:

  • Buka website How-old.net
  • Pilih kotak “Search Faces” untuk menggunakan gambar dari mesin pencari atau klik menu “Use your own photo” jika Anda ingin menggunakan foto dokumentasi Anda sendiri.
  • Pilih foto terpilih dari mesin pencari atau dari drive komputer Anda
  • Tunggu sebenatar dan situs How-old.net akan melakukan menganalisa pada foto
  • Hasilnya, How-old.net akan menampilkan usia pada bagian atas wajah yang terdeteksi, mirip seperti fitur tag wajah pada Facebook.

Selamat Mencoba!

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan