Horee..!! Google AdGrants Layanan Iklan Gratis untuk Organisasi Nirlaba dari Google Sudah Resmi Hadir di Indonesia

Google AdGrants

Image dari Techinfographics.com

Sebagai perusahaan yang sudah mendunia, #Google tentunya sudah memiliki banyak kapasitas dan dukungan yang mumpuni untuk melakukan apa-apa yang ingin diwujudkannya. Setelah sebelumnya berbagai Inovasi seperti Project Loon dan project mobil pintar, kini Google kembali menunjukkan eksistensi dan perhatiannya serta aksi sosialnya dengan menghadirkan Google AdGrants di Indonesia.

Tidak melulu meraup keuntungan, Google memang seringkali terlihat aktif dalam kegiatan sosial. Tepatnya pada hari Selasa, 31 Mei 2016 kemarin Google memang telah resmi mengumumkan kehadiran program Google AdGrants di Indonesia. Lalu seperti apakah program Google AdGrants dan manfaatnya bagi organisasi Non Profit di Indonesia? Berikut ulasannya.

Google Memberikan Solusi Atas Permasalahan Lembaga Non Profit

Organisasi atau lembaga non profit yang menyelenggarakan kegiatan sosial memang seringkali mendapatkan permasalahan untuk mempromosikan diri ke masyarakat. Hal ini disebabkan karena minimnya dana yang dimiliki untuk mengenalkan dirinya dan kegiatan mereka. Nah dengan adanya program Google AdGrants yang diluncurkan maka permasalahan yang sering dihadapi oleh lembaga non profit ini akan bisa segera diatasi.

Sebagai #mesin pencari terbaik di dunia saat ini tentu saja Google akan banyak dijadikan rujukan dan referensi oleh para netizen. Nah di sinilah peran Google pada layanan Google AdGrants. Dalam wujudnya, Google memang tidak serta merta memberikan sejumlah uang pada lembaga atau organisasi non profit ini. Namun dengan kepopuleran fasilitas mesin pencari yang dimiliki ini Google menawarkan space iklan gratis kepada setiap lembaga atau organisasi sosial di Indonesia yang telah memenuhi syarat.

Artikel lain: Dynamic Search Ads (DSA) ~ Inovasi Google Wujudukan Pencarian Iklan yang Lebih Dinamis

Space Iklan Senilai US$10.000 atau Sekitar Rp136 Juta per Bulan

Seperti dinyatakan sebelumnya bahwa Google disini memang menawarkan space iklan yang gratis, jadi tidak ada pemberian sejumlah uang dalam program Google AdGrants ini. Layanan iklan AdWords dari program AdGrants ini sendiri ditaksir bernilai US$ 10 ribu (sekitar Rp 136 juta) setiap bulannya jika mereka membebankan biaya pada lembaga yang berorientasi profit.

Menariknya layanan space iklan gratis senilai besaran uang tersebut akan terus diberikan oleh Google selama lembaga atau organisasi non profit tersebut masih beroperasi dan tidak melanggar syarat dan ketentuan dari AdGrants. Dengan adanya iklan gratis dari Google AdGrants ini maka lembaga atau organisasi non profit ini akan bisa mengenalkan dan mempromosikan misi dan visi mereka dengan maksimal via Google.co.id.

Organisasi Nirlaba yang Sudah Menggunakan Google AdGrants

Google AdGrants sendiri memang akan mempunyai banyak manfaat bagi organisasi non profit. Setidaknya hal ini telah dirasakan oleh tiga lembaga nirlaba Indonesia yaitu Kitabisa.com, Indorelawan.org, dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) yang telah bergabung dengan Google AdGrants sebelum layanan ini resmi meluncur di Indonesia.

Ketiga organisasi nirlaba lokal ini mengaku bahwa trafik situs mereka makin meningkat dan keberadaan mereka makin dikenal masyarakat luas. Google AdGrants memang sudah ada sejak tahun 2003. Dan hingga kini Google AdGrants telah diluncurkan di lebih dari 50 negara serta juga telah diterjemahkan kedalam 48 bahasa. Peserta atau pengikutnya sendiri di seluruh dunia sudah ada sekitar lebih dari 20 ribu organisasi nirlaba.

Organisasi Nirlaba Harus Memenuhi Syarat

Untuk mengikuti program Google AdGrants sendiri, ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus diikuti dan dipatuhi oleh lembaga atau organisasi nirlaba. Beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh organisasi nirlaba tersebut antara lain :




  • Lembaga atau organisasi nirlaba tersebut harus mempunyai status badan amal yang saat ini berlaku di Indonesia.
  • Selain itu organisasi harus mengakui dan setuju untuk sertifikasi #aplikasi yang diperlukan mengenai non-diskriminasi dan penerimaan sumbangan dan penggunaan.
  • Lembaga nirlaba juga diharuskan memiliki situs web yang berfungsi dengan konten substansial.
  • Terakhir, semua persyaratan yang ada tadi harus diajukan dan didaftarkan di Google Ad Grants. Dari sinilah nanti organisasi akan mendapatkan akun AdWords dan AdWords Express dan juga memperoleh kata kunci (keywords) yang diinginkan dan disepakati.

Baca juga: Tips Beriklan di Google Adwords, Memastikan Iklan Sesuai Sasaran

Dan satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh setiap organisasi yang akan mendaftar ke Google AdGrants adalah bahwa tidak diperuntukkan bagi organisasi yang dikelola oleh pemerintah, lembaga kesehatan, dan juga lembaga akademik.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud