Beranda WordPress Hentikan Pencurian Trafik Dengan Plugin WP No Frames

Hentikan Pencurian Trafik Dengan Plugin WP No Frames

Untuk orang yang masih awam mungkin agak sedikit bingung dengan ‘pencurian trafik’ yang saya maksud, tapi bagi orang yang sudah paham Anda pasti tidak heran lagi dengan praktek pencurian trafik ini. Artikel ini bermula ketika saya membaca thread jual beli website di salah satu forum internet publisher di Indonesia yang cukup terkenal. Salah satu member di sana berniat untuk menjual salah satu blog nya dengan statistik pengunjung yang sangat fantastis. Dan cukup banyak member yang tertarik untuk membeli blog tersebut karena dijual dengan harga yang cukup murah untuk ukuran blog yang memiliki trafik luar biasa.

Setelah membaca dengan teliti dan mempelajari blog yang dia jual, saya melihat ada sesuatu yang ganjil. Ternyata umur blog yang dia jual baru berumur 3 bulan dan baru berisi 30 artikel yang biasa-biasa aja – setelah saya cek ternyata beberapa artikel di blog itu juga hasil COPAS sana-sini. Dan anehnya berdasarkan data visitor yang tercatat di Histat yang dia tunjukkan ternyata visitors blog tersebut mencapai 10.000 visitor per hari atau 300.000 visitor per bulan dan mendapat page views hingga 30.000 page views per hari atau sekitar 900.000 page views per bulan… WOW kakak WOW!

Sebenarnya ini adalah trik lama dengan menggunakan frame. Hal ini dilakukan oleh seorang blogger atau webmaster karena beberapa hal, namun dari sudut pandang SEO (search engine optimization) ini hanya akan menguntungkan situs yang melakukan framing. Misalnya blog WordPress Anda memiliki visitor banyak dan seseorang melakukan framing pada blog Anda tersebut, maka menurut search engine google dan search engine lainnya pengunjung tidak benar-benar sedang berada di website Anda karena secara teknis pengunjung tidak pernah meninggalkan blog yang melakukan framing. Jadi “time on site” blog yang melakukan framing akan semakin meningkat dan otomatis meningkatkan SEO mereka sedangkan blog Anda hanya mendapatkan sedikit manfaat dari trafik tersebut. Pada dasarnya ini adalah “pencurian trafik” yang akan merugikan Anda.

Untungnya ada cara mudah untuk menangkal pelaku framing ini, yaitu dengan bantuan sebuah plugins WordPress yang disebut WP No Frames. Plugins ini FREE dan dapat langsung Anda instal melalui dashboard WordPress Anda. Cara menginstalnya juga sangat mudah yaitu masuk ke Dashboard > Plugins > Add New > Search > masukkan kata kunci WP No Frame. Setelah menginstal di blog WordPress, Anda tidak perlu melakukan konfigurasi. Setelah Anda selesai menginstalnya sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi kehilangan trafik Anda. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu.

42 KOMENTAR

  1. Maksudnya visitor di curi nih gimana ya? bisa kasih sedikit info lagi ?

  2. bermanfaat,,, harus lebih hati-hati ,,, sering sering check web kita :)
    mas manroe emng top artikelnya …

  3. Wah baru tahu kalo ada aktivitas kayak gitu…makasih mas…btw bagaimana dengan blog yng memakai platform blogspot? Apakah ada solusi?

  4. Visitor bisa di curi ternyata ya… lebih baik visitor 10 orang perhari tapi keringet sendiri dari pada yang kayak begitu.. semangat aja deh…

  5. hehehee bingung.. ternyata visitor bisa di colong juga :) mantep mas sharenya tambah ilmu lagi heehe.. terima kasih mas manroe :D

  6. Wooowww… Ternyata banyak juga ya pencurian Online. memang fenomena sekarang pencuri tak hanya di dunia nyata saja..

  7. Thx infonya mas, wawasan jadi bertambah. Idealnya umur berapa lama dan berapa banyak artikel blog kita bisa dikenal dan mendapat trafik yang bagus?

    • Ga tentu ya mas, beberapa blog bisa banyak trafik dalam hitungan bulan, sedangkan kebanyakan blog trafiknya tinggi setelah umurnya setahun atau lebih. Itu tergantung topik blognya, dan juga konten yang ada di dalam blog tersebut.

  8. Terimakasih gan,, tadinya ane mau pake teknik ini,, tapi sudah tahu bahwa ini ilegal… hheheh..

  9. lagi – lagi blog maxmanroe yang nyantoll,,
    hehehehe :)
    gila hebat blognya mas manroe,,, isinya berbobot semua,,,,

    saya udah pernah komentar di $100 / hari dari google adsense,,,

    aris

  10. oowww pantesann…. aku pernah lihat blog yang baru berumur bayo tapi kok visitornya luar biasa,,, ternyata begitu ya kak maxmanroe….

    makasih deeh, nambah ilmu lagi malem ini :)

    di tunggu kunjungan balik nya kak..
    http://diary-pricillia.blogspot.com/

  11. ricky pesiwarissa

    apakah mungkin salah satu blog saya kena frame kali ya, soalnya 5 hari yang lalu tiba-tiba pengunjung blog saya menurun drastis yang awalnya visitor 10rb-12rb/hri dan pv 15rb-17rb per hari sekarang udah jadi 1-2rb visitor dan 5-6rb pv /hari.
    itupun saya liat sekitar 60%visitor kebanyakan datang dari facebook/twitter (saya pake 10fp dan 3 twtter buat tebar pesona soalnya)

  12. Memang mantap … biasanya ini banyak digunakan oleh situs-situs social sites, seperti lintas.me, stumbleuppon.com, dan lain-lain. Trafik mereka tidak akan hilang karena pengunjung yg membuka link di dalam situs mereka akan terbuka di tab baru dengan iFrame, dimana itu masih bagian dari situs sosial sites tersebut.

    Tapi kalo kasus nya pada sosial sites, itu justru memberikan keuntungan bagi kita karena konten kita lebih dikenal oleh orang banyak. Nah, untuk memaksimalkan keuntungan itu, digunakanlah plugins WP No Frames ini, plugins ini khusus utk web berbasis WordPress dgn hosting berbayar.

  13. Maaf baru balas, komentar banyak yg masuk. Kalau webnya pake blogspot atau dengan hosting berbayar biasanya bisa dipasang iklan PPC. Tapi harus apply dulu sebelumnya, misalnya ke google adsense, nanti akan ada proses review dari pihak Google apakah webnya bisa diterima dalam program PPC nya itu.

  14. Deny Danu Prasetia

    ini cara framingnya gimana ya gan ? mau tau triknya nih :)

  15. hubungannya dengan traffic blog yang nyuri jadi keliatan besar trafficnya gimana bang? misal blogku aku pasang framing ke detik.com bagaimana blogku bisa keliatan seperti trafficnya jutaan per hari?

    • Contoh sederhana seperti ini mas, berita detik.com kan sangat banyak di share di social media. Misalnya Mas Sriyono mau ambil keuntungan dari trafik detik.com, lalu memasukkan script utk framing di web sampeyan dimana web yg diframe adalah misalnya detik.com. Lalu mengambil salah satu URL konten web yg sudah diframe dan di share di Facebook, biasanya orang tertarik utk baca berita detik karna webnya sudah di percaya banyak orang.

      Nah ketika pengunjung itu klik link yg mas share di facebook, maka pengunjung itu terhitung sebagai pengunjung webnya mas Sriyono bukan pengunjung detik.com. Nah bayangkan kalo yg klik link itu banyak, bot search engine akan menghitung semua trafik itu sebagai trafik ke blog mas Sriyono bukan trafik detik walaupun kontennya adalah dari detik. Itu contoh sederhana :)

  16. Jadi ketika orang membuka sebuah halaman yang kena frame, maka yang mendapat keuntungan lebih banyak itu website yg melakukan frame… bisa dibilang kamuflase hehehe…

  17. Sama seperti artikel diatas, agan juga sudah mencuri dari saya, tapi bukan traffik web saya yang agan curi, agan telah mencuri perhatian saya dengan artikelnya yang sangat berbobot ini. Mau ngak mau saya harus ikutan berkomentar…hehehe…btw thank solusinya, dari pada kena apa-apa nantinya saya coba pasang plugin wp no framenya.

    • Walah ada-ada saja juragan yang satu ini hehehe. Btw plugins ini pas banget utk blog WP yang punya trafik tinggi… kalo trafik masih dikit mah ga usah, soalnya ga ada juga yang mau framing web yg trafiknya sedikit gan :)

  18. Konsepnya adalah mencegah halaman luar untuk utk me-reload halaman yg di-frame.

  19. mekanik komputer

    makasi atas pencerahannya gan, kalau untuk blogspot ada penangkalnya juga kagak gan ?

    • Setau saya untuk blogspot juga ada penangkalnya, bisa dengan cara memasukkan kode di dalam blogspot nya, tp saya kurang paham kalo blogspot karena saya pecinta plugins hehehe :)

  20. Kalau saya kurang tahu cara ngambil trafiknya dari plugin WP ini Mas,tapi sayang sekali itu plugin trafik kita yang gede bisa diambil orang seenaknya saja.

  21. Di tiap blog yang kita posting sisipkan link lokal sebanyak banyak nya, meskipun dia copy paste, link nya tetep ada, semakin banyak copy paste, semakin banyak link referer, sama aja toh ?

    • Ini bukan copy paste mas, tapi FRAMING yg mengambil keuntungan dari sebuah blog/ web bertrafik tinggi untuk mendapatkan keuntungan web yang melakukan framing. Copas dan framing beda mas :)

    • Simple aja sih mas, dapatkan banyak visitor, buat artikel yang menarik, buat layout yg sederhana, itu beberapa cara yg normal. Kalo mau pake cara curang ya framing , tp ga recommended hehehe

  22. Mengerikan sekali.
    Kalo yang berbasis wordpress.com seperti milik saya gimana caranya bisa ngambil plugin no frame, mas? Karena setahuku wp.com tidak menyediakan fitur plugin.

    • Kalo wordpress.com setau saya memang ga bisa menggunakan plugins pak, selain itu wordpress.com juga tidak bisa diutak-atik kode html di dalamnya. Plugins WP itu hanya bisa digunakan utk web wordpress yang menggunakan script wordpress.org di self hosting :)

Tinggalkan Balasan