Hati-hati, Rencana Bisnis Bisa Terbuang Sia-sia Karena Hal Ini

Image dari Startups.co.uk

Image dari Startups.co.uk

Menjalani karir sebagai seorang #entrepreneur memang sangat menarik dan menantang. Jika teman-teman memiliki minat tentang bisnis, tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis. Salah satu persiapan yang harus teman-teman persiapkan adalah sebuah rencana bisnis yang matang. Paling tidak teman-teman sudah memiliki rencana apa yang bisa dijadikan untuk bisnis.

Akan sangat bagus sekali jika Anda memiliki rencana bisnis yang sudah siap sebelum mengeksekusinya kemudian. Nah, rencana bisnis ini menjadi sangat bagus jika Anda benar-benar menerapkannya dalam dalam waktu yang tepat. Namun akan menjadi sesuatu yang sia-sia jika teman-teman melakukan beberapa hal ini.

Apa sajakah yang bisa membuat rencana bisnis menjadi sia-sia? Perhatikan uraian di bawah ini.

1. Tidak Memulai Bertindak

Sebagus apapun rencana bisnis yang teman-teman buat, namun jika Anda tidak bertindak, maka semuanya akan menjadi sia-sia. Perlu Anda ketahui bahwa tujuan dari rencana bisnis yang dibuat adalah untuk dikerjakan. Jadi sekecil apapun rencana bisnis yang sudah Anda buat, maka segera laksanakan.

Jika Anda tidak segera melaksanakan rencana bisnis yang sudah Anda buat, maka semakin lama akan justru membuat Anda semakin malas mengerjakannya.




Artikel lain: Ubah Niat Jadi Semangat, Karena Berbisnis Bukan Cuma Rencana!

2. Terlalu Fokus Pada Hal yang Kurang Penting

Anda terlalu berpikir tentang sesuatu yang tidak terlalu penting, itu akan membuat rencana bisnis Anda tidak berguna. Apa saja sesuatu yang tidak penting itu? Membuat kartu nama, membeli properti seperti hal-hal yang bukan kebutuhan primer, akan menjadi penghalang rencana bisnis Anda bisa dijalankan.

Hal-hal tersebut bisa Anda pikirkan lagi nanti jika bisnis Anda sudah Anda mulai dan sudah berjalan dengan stabil. Saat ini, lebih baik fokus saja bagaimana menjalankan rencana bisnis yang sudah teman-teman buat lalu bekerjalah denga maksimal.

3. Terlalu Percaya Pada Saran Orang Lain

Saran dari orang lain sangat bagus untuk diterima dan kemudian disaring untuk dicari yang paling bagus dan paling cocok dengan keadaan kita. Akan menjadi sangat rumit jika Anda terlalu mempercayai saran dari orang lain sehingga kemudian mengorbankan rencana bisnis yang sudah teman-teman buat sebelumnya.

Kenapa ini buruk? Karena jika selalu menerima saran dari berbagai orang, maka Anda bukan sibuk memulai bisnis namun justru hanya sibuk membuat rencana bisnis dan merubahnya saja. Perhatikan ini!




4. Rencana Bisnis Wajib Dimulai dari Bawah

Nah, inilah kadang yang sering menjadi penghalang seseorang dalam mengaplikasikan rencana bisnisnya. Berpikir besar sangat diperlukan, namun perlu juga teman-teman ketahui bahwa untuk menjalankan ide bisnis besar tentu semuanya harus dimulai dari yang kecil dahulu. Bagaimana Anda bisa mengerjakan yang besar jika menjalankan yang kecil saja teman-teman tidak mau mengerjakannya.

Maka dari itu, memulai hal dari yang kecil adalah sesuatu yang sangat diperlukan untuk menggapai rencana yang besar. Perlu adanya kerja nyata step by step untuk memulai rencana bisnis yang sudah direncanakan sebelumnya. Percayalah, setiap bisnis yang besar pasti dimulai dari yang kecil terlebih dahulu.

5. Inginnya Langsung Enak

Tentu semua orang ingin enak, namun sebelum mendapatkan itu, Anda harus melalui proses yang harus Anda lalui. Nah, dalam proses tersebut tentu akan banyak ditemui sesuatu yang tidak enak. Kadang orang hanya ingin segera mendapatkan enaknya saja dan tidak mau berproses bagaimana cara menggapainya.

Jika Anda hanya berpikiran ingin langsung enak saja, maka bisa saya pastikan rencana bisnis yang sudah Anda buat tidak akan bisa kalian kerjakan.

Baca juga: Inilah 5 Sinyal Bahwa Anda Telah Siap Terjun ke Dunia Bisnis

6. Tidak Adanya Partner yang Ideal

Kadang kita menemui kesulitan dalam menjalankan rencana bisnis yang sudah kita buat. Untuk memudahkan dan meringankan beban Anda dalam menjalankan rencana bisnis yang sudah Anda buat, maka partner bisnis adalah pilihan yang bagus.

Jika partner bisnis yang ideal tidak kunjung Anda dapatkan, bisa jadi hal ini akan membuat rencana bisnis Anda menjadi sia-sia. Saran saya, untuk mengantisipasi hal ini terjadi, maka sebaiknya Anda cari partner bisnis yang ideal sebelum Anda menjalankan bisnis.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud