Hati-hati! Hal Ini Sering Berpotensi Menjadi Masalah Kesehatan Bagi Pebisnis Online

Hati-hati! Hal Ini Sering Berpotensi Menjadi Masalah Kesehatan Bagi Pebisnis Online

Image dari Eyestrain.com.au
Image dari Eyestrain.com.au

Menjalanlan bisnis online di Indonesia semakin hari semakin menjadi primadona. Banyak pengusaha yang berlomba-lomba untuk menjalankan #bisnis online. Karena tentu saja bisnis online menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam menjalankannya. Baik perseorangan maupun perusahaan, saat ini semakin banyak yang terjun di dalamnya. Ada banyak jenis bisnis online yang bisa ditekuni, seperti menjadi seorang freelancer, mengelola toko online, atau juga menjalankan aktfitas blogging.

Nah, pada umumnya, aktifitas bisnis online perorangan ini seringkali dikerjakan dari rumah saja. Setiap hari, bahkan bisa jadi 24 jam dalam satu minggu. Nah, jika kalian termasuk pebisnis online dengan rutinitas yang sangat padat, ada baiknya kalian perhatikan hal-hal yang sering berpotensi menjadi masalah kesehatan bagi pebisnis online yang sering tidak disadari ketika bekerja.

1. Tidur Terlalu Larut Malam

Ini yang paling sering kita jumpai di kalangan internet marketer, tidur terlalu larut malam bahkan sampai dini hari. Sering kali mereka beralasan bahwa bekerja di malam hari menjadikan mereka lebih produktif.

Keadaan yang sepi membuat pikiran menjadi lebih fokus dan mudah konsentrasi. Ini sebenarnya sangat berbahaya jika tetap diteruskan. Begadang setiap malam akan membuat kondisi kesehatan pasti akan menurun. Ketika kondisi kesehataan menurun, efeknya pasti kita menjadi mudah terkena penyakit.

Artikel lain: Bingung Cari Ide Bisnis Online? Manfaatkan Keadaan Ini!

2. Terlalu Sering di Depan Layar Monitor

Karena bisnis yang dijalankan adalah sektor online, maka sudah barang tentu kita akan sering dan bisa jadi selalu menghadap layar monitor. Baik monitor laptop, #komputer maupun smartphone. Ini juga sangat buruk untuk kesehatan.

Paparan cahaya yang terus menerus dari layar monitor akan berpengaruh terutama pada mata kita. Semakin sering kalian di depan layar monitor, maka potensi kemampuan mata menjadi menurun semakin besar. Lalu bagaimana mencegah atau mengatasinya? sedangkan kita bekerja selalu menggunakan layar monitor.

Sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya ada jeda sebentar ketika kalian bekerja di hadapan layar monitor. Jeda beberapa menit dan gunakan waktu jeda untuk mengistirahatkan mata, caranya salah satunya adalah dengan melihat pemandangan alami di sekitar rumah seperti pepohonan, atau dengan melihat air yang bergerak. Cara tersebut bagus untuk mengistirahatkan mata.

3. Terlalu Lama Duduk Dengan Posisi yang Salah

Duduk lama dan terus menerus adalah kegiatan sehari-hari kebanyakan pebisnis online. Karena rutinitas itu dijalani setiap hari dan berulang-ulang, maka kalian harus memperhatikan posisi duduk kalian. Karena kalau sampai posisi duduk kalian salah, maka akibatnya akan sangat buruk untuk kesehatan tubuh, terutama pada bagian punggung.

Duduklah senyaman mungkin secara proporsional, artinya luruskan punggung dan atur jarak mata dengan monitor. Duduk salah dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan sakit pada pinggang dan punggung dan juga akan membuat postur tubuh menjadi kurang ideal.

4. Jarang Terkena Matahari dan Menghirup Udara Segar

Biasanya bekerja online akan menghabiskan banyak waktu di dalam rumah atau di kantor, sehingga jarang keluar untuk mendapatkan sinar matahari dan udara segar. Ini sangat buruk jika kalian terus-teruskan. Dan semakin buruk lagi apabila kalian tidur ketika pagi hari saat udara pagi masih segar-segarnya.

Padahal udara pagi dan sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan kita. Yuk mulai sekarang kita ubah kebiasaan buruk seperti itu. Bekerjalah dengan sehat dan teratur agar hidup jadi lebih sehat, pikiran menjadi lebih segar sehingga bisa meningkatkan potensi diri untuk lebih kreatif.

Baca juga: Jangan Sampai Bisnis Online Dari Rumah Memenjarakanmu!

5. Konsumsi Kopi Dan Rokok Berlebihan

Nah, ini mungkin yang sedikit sulit untuk dihindari, kopi dan rokok. Memang ada sebagian dari internet marketer yang sudah mulai sadar akan bahaya mengkonsumsi kopi dan rokok secara berlebihan. Namun demikian juga tidak sedikit pebisnis online yang merasa kurang afdol kalau bekerja tidak bersandingan dengan kedua menu tersebut.

Kalau mungkin dirasa sedikit berat, saya sarankan untuk mencoba menguranginya sedikit demi sedikit. Kalau biasanya sehari habis satu bungkus rokok, ya usahakan mulai dari sekarang sehari habis setengah bungkus saja. Kopi juga demikian, kurangi sedikit demi sedikit dan gantilah dengan air putih. Lakukan secara konsisten hal tersebut secara sabar, percayalah, itu akan berbuah positif untuk kesehatan kalian.

4 KOMENTAR

  1. Wah om, kalau saya sih gak gitu, karena saya mandiri, jadi saya bisa suka-suka saya kerjanya,…. Cuma kalau udah di depan komputer, saya bisa lupa waktu sampai-sampai gak tidur semalaman, heheh,…

  2. pebisnis online paling betah berlama-lama duduk di depan komputer tp, berbahaya juga kalau kurang air minum putih, pinggang bisa terasa nyeri.

Tinggalkan Balasan