Hapus Segera Pertemanan Anda di Facebook, Inilah 4 Alasannya!

Hapus Segera Pertemanan Anda di Facebook, Inilah 4 Alasannya!

pertemanan facebook
Image dari Gopego.com

Memiliki teman yang banyak memang dambaan semua orang. Tapi yang perlu Anda tahu bahwa kehidupan di dunia nyata dan di dunia maya terkait pertemanan ini sangatlah jauh berbeda. Beberapa pakar bahkan ada yang menyatakan bahwa banyaknya jumlah teman yang dimiliki seseorang di dunia maya ini sebenarnya tidak mencerminkan atau berbanding terbalik dengan kenyataanya.

Jadi bila di media sosial seseorang ini memiliki teman yang sangat banyak, bisa jadi di kehidupan nyatanya mereka sebenarnya tidak mempunyai banyak teman. Dan juga sebaliknya, bila di dunia maya ia memiliki sedikit teman bukan berarti ia juga mempunyai sedikit teman pula di kehidupan nyata. Salah satu #media sosial yang biasanya sangat mudah untuk mendapatkan teman adalah Facebook.

Namun untuk Anda yang masih berpikir bahwa mempunyai banyak teman di #Facebook adalah hal yang baik, maka Anda perlu memperbaiki pola pikir Anda. Tidak hanya sekedar memperbaiki pola pikir saja, namun lebih dari itu Anda juga perlu menghapus pertemanan Anda. Menghapus pertemanan? Mengapa. Setidaknya ada beberapa alasan yang bisa menguatkan Anda untuk melakukannya. Berikut ulasannya.

1. Buruk Untuk Kesehatan Otak

Alasan pertama yang membuat Anda harus menghapus pertemanan Anda di Facebook adalah bisa membuat kesehatan otak mengalami penurunan. Pernyataan ini memang bukan sekedar jargon omong kosong. Sebab ada sebuah riset dan hasil penelitian yang datang dari Ronbin Dunhar, seorang pakar Antropologi dari Oxford University. Dari risetnya kemudian ia menyimpulkan bahwa manusia cenderung untuk mengatur persahabatannya dengan rata-rata 150 orang di Facebook.

Tapi bila seseorang kemudian memaksakan dirinya untuk menambah persahabatannya di Facebook dengan lebih dari 150 orang, maka yang akan terjadi adalah terjadi kelelahan dalam kapasitas kognitif dari otak manusia untuk mengelolanya. Hal ini sendiri kemudian terbukti dari beberapa pengguna Facebook yang memiliki lebih dari 1000 orang yang ternyata hanya bisa menjalin hubungan yang intens pada kurang lebih 150 orang saja. Nah bila seseorang memaksakan diri menjalin pertemanan dengan sebanyak-banyaknya orang di Facebook, maka memang hal ini akan berpengaruh buruk untuk kesehatan otak Anda.

Artikel lain: Inilah 7 Tipe Teman Facebook yang Umumnya Membuat Rasa Sebal dan Jengkel

2. Mengorbankan Persahabatan Sejati

Berikutnya, alasan yang membuat Anda harus menghapus pertemanan di Facebook adalah karena bisa mengorbankan persahabatan sejati. Ya, semakin banyak teman kita di Facebook memang semakin besar peluang kita “menyelingkuhi” teman-teman terbaik kita. Ya, saat pertemanan di Facebook kita bertambah dengan teman-teman yang baru maka kita akan sedikit demi sedikit melupakan teman lama yang notabene sahabat sejati kita.

Seorang pakar media sosial yaitu Maria Konnikova bahkan menyatakan bahwa semakin banyak teman yang seseorang punyai di Facebook maka semakin kecil kemungkinan mereka untuk bertemu dengan banyak orang, termasuk teman-teman lamanya. Dari sini maka muncul asumsi bahwa Facebook hanyalah akan menjadi hiburan semu semata yang justru akan memperburuk persahabatan sejati mereka.

3. Privasi Anda Jadi Bermasalah dan Terancam

Selanjutnya, alasan yang membuat seseorang harus menghapus pertemanan di Facebook adalah privasi yang jadi terancam. Ya, ketika Anda menjalin pertemanan dengan banyak orang di Facebook maka Anda akan mengalami gangguan pada privasi Anda.

Mengapa demikian? Sebab saat Anda memposting sesuatu atau mengubah profil ke Facebook maka apa yang akan Anda share atau bagi akan langsung diketahui banyak orang. Kondisi seperti ini maka akan membuat privasi Anda terancam, karena tentu saja akan banyak orang yang tidak Anda kenal secara baik yang melihat postingan Anda.

Baca juga: 4 Cara Agar Pertemanan Anda Tak Dihapus Oleh Sahabat di Facebook

4. Newsfeed yang Terganggu

Terakhir, alasan untuk menghapus pertemanan di Facebook adalah newsfeed yang akan terganggu. Ya, bila Anda terlalu banyak menambah teman di Facebook maka Anda juga harus bersiap dengan newsfeed yang penuh dan sesak. Ya, inilah memang sebuah konsekuensi yang harus ditanggung oleh pengguna Facebook yang memiliki pertemanan yang banyak.

Dengan adanya newsfeed yang terganggu maka Anda akan kesulitan untuk mendapatkan kabar orang-orang terpenting yang harusnya perlu Anda ketahui terlebih dahulu di beranda. Maka dari itulah Anda oleh beberapa pakar media sosial diharuskan menghapus pertemanan Anda yang terlalu berlebihan.

3 KOMENTAR

  1. Bisnis 100% gratis

    Mantao infonya gan

  2. Benar sekali :) kadang malah sahabat kita paling pertama kali di facebook sudah tidak terlihat lagi karena tertutup dengan teman2 baru kita yang sebenrnya hanya sekedar teman di dunia maya saja :) Triims, nice info :)

  3. wah iya juga ya. saya juga mengalami hal seperti diatas, benar adanya karena facebook rasa sosialisasi kita terhadap teman nyata “real” terganggung. ketika teman nyata mengajak kita bermain, maka karena kecanduan oleh facebook sering kita menolaknya dengan cara berbohong.

    banyak mudarotnya dari pada manfaatnya

Tinggalkan Balasan