Handy Mantis ~ Menilik Perkembangan Startup Jasa Kurir Barang Aneka Keperluan

handy mantis

Image dari Techinasia.com

Sebuah riset yang dilakukan oleh lembaga swadaya Mindshare, baru-baru ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah tren belanja online terbesar nomor 13 dari total 33 negara yang diteliti. Data tersebut secara umum menyiratkan tentang besarnya potensi pertumbuhan jual beli secara online yang begitu besar di Indonesia.

Di samping bisnis jual beli online, bidang usaha lain yang juga kecipratan rejeki adalah jasa kurir barang karena memang bisnis #e-commerce tidak mungkin dipisahkan dengan jasa yang satu ini. Seakan menjadi satu paket layanan, jasa kurir barang bisa disebut juga sebagai jembatan antara konsumen dengan penjual online.

Sebagai buktinya, saat ini cukup banyak perusahaan baru yang memfokuskan diri untuk mengembangkan layanan jasa antar barang. Di antara sekian banyak nama populer, handy mantis menjadi salah satunya.

Awal Mula Pengembangan Handy Mantis

Jasa kurir barang Handy Mantis diprakarsai oleh seorang pengusaha bernama Ahmad Fathi Hadi. Sebelum terjun ke bisnis kurir barang, Hadi awalnya telah mempunyai usaha di bidang IT. Setelah keluar dari perusahaan tempatnya bekerja, Hadi mengembangkan ide bisnis miliknya selama beberapa tahun.

Selain bisnis di bidang IT tersebut, ia juga mempunyai bisnis lain yakni di bidang kuliner serta pembuatan racun serangga. Dari bisnis-bisnis yang ia kelola tersebut, sebuah #ide bisnis baru muncul dalam benaknya. Kesulitan ketika mengantarkan barang pada konsumen justru memberikan ilham bagi Hadi untuk membuat sebuah bisnis jasa kurir barang.

Baru pada tahun 2013, Hadi melihat besarnya potensi jasa kurir barang yang semakin berkembang akibat meningkatnya tren #jual beli online di Indonesia. Setelah mengembangkan konsep dan mencari sumber daya yang dibutuhkan, Hadi mantap mendirikan sebuah perusahaan jasa kurir barang dengan nama Handy mantis.

Artikel lain: Etobee ~ Mobile Marketplace Solusi Jasa Pengiriman Barang di Indonesia

Mengenai pemilihan nama Handy Mantis, Hadi membeberkan bahwa nama #startup besutannya tersebut terdiri dari dua kata yaitu Handy dan Mantis. Handy dapat diartikan serba bisa atau mampu menjalankan berbagai macam tugas, sedangkan Mantis berasal dari kata dalam bahasa Inggris yang berarti belalang sembah. Layaknya seekor belalang sembah yang gesit, Hadi berharap bisnis jasa kurir barangnya tersebut bisa mencakup dan melayani berbagai macam keperluan konsumen dengan pelayanan yang cepat, tanggap dan akurat.

Layanan yang Ditawarkan Handy Mantis

Meski awalnya memproyeksikan ide bisnis jasa kurir barang ini hanya untuk mendukung bisnis miliknya yang lain, namun seiring berjalannya waktu Handy Mantis justru menampakan potensi yang tak kalah menjanjikan. Dari situ Hadi mulai serius untuk menggarap bidang baru tersebut. Mengenai layanan yang ditawarkan, Handy Mantis memfasilitasi setiap konsumen yang ingin mengantarkan berbagai barang seperti makanan, minuman, dokumen, ASI dan barang-barang lain.

Selain itu, startup tersebut juga melayani konsumen yang ingin berbelanja namun tidak mempunyai waktu lebih. Para kurir Handy Mantis siap membantu mereka membeli beragam hal seperti makanan, obat, perlengkapan sehari-hari serta banyak lainnya. Bahkan yang unik konsumen juga bisa memesan jasa untuk mengantri tiket bioskop, klaim asuransi, tiket konser serta membayar tagihan bulanan, unik bukan.




“Kami mempunyai pandangan bahwa waktu Anda sangatlah berharga dan tak ternilai. Tidak hanya waktu saja, tenaga serta pikrian Anda juga sangat lah berharga. Oleh karena itu Anda layak mendapatkan bantuan dari kami untuk banyak hal, mulai dari jasa transportasi, kurir, belanja kebutuhan sehari-hari, mengantri, dan lain sebagainya. Kami ada dan siap untuk melayani Anda,” jelas sang founder.

Kelebihan Layanan Handy Mantis

Dalam era persaingan bisnis yang sangat ketat, menelurkan sebuah ide atau inovasi adalah keharusan bagi para pelaku bisnis. Dan untuk melengkapi jasa kurir barang yang dikembangkannya, Hadi memiliki beberapa strategi khusus utamanya yang berkenaan dengan fasilitas dan armada “perang”nya.

Yang pertama adalah layanan kurir Handy Mantis dilengkapi dengan box khusus yang bisa membawa makanan dalam kondisi panas ataupun dingin agar tetap terjaga hingga sampai ke tangan konsumen.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Handy Mantis adalah program kerjasama kemitraan bisnis dan UKM. Dengan adanya fasilitas ini, sebagai contoh sebuah #bisnis UKM yang ingin mengirimkan barang ke banyak perusahaan berbeda akan dibantu untuk memasukkan setiap alamat kliennya secara cepat dan praktis tanpa harus menginput data tersebut secara manual.

Baca juga: Go-Food ~ Layanan Delivery Makanan Terbaru Dari Go-Jek

Kemudahan dalam proses pembayaran layanan juga menjadi kelebihan hari startup Handy Mantis. Adanya pilihan pembayaran mobile, kartu kredit serta transfer bank, bisa disesuaikan dengan kemampuan para konsumen.

Dan yang tidak kalah menarik adalah, Hadi menerapkan proses seleksi dan pengawasan yang ketat terhadap para kurirnya. Selain pembekalan skill setiap kurir juga dituntut untuk bekerja secara profesional. Bahkan terdapat peraturan di mana jika seorang kurir merokok selama mengantarkan produk milik konsumen, mereka akan mendapatkan sanksi teguran hingga dikeluarkan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud