Beranda Inspirasi dan Motivasi Hampir Buta Total, Blogger Inspiratif Ini Masih Mampu Kantongi $ 15.000 per...

Hampir Buta Total, Blogger Inspiratif Ini Masih Mampu Kantongi $ 15.000 per Bulan!

Image dari Sharia.co.id
Image dari Sharia.co.id

Keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk mengejar impian seseorang. Jargon sosial tersebut memang sangat benar adanya. Bahwa di samping faktor fisik, masih ada hal lain yang jauh lebih menentukan kesuksesan seseorang yakni tekat dan kerja keras.

Bagi rekan-rekan yang menekuni bidang blogging atau internet marketing, sebagai renungan kali ini akan kita bahas seorang blogger inspiratif di mana dengan keterbatasan fisik, khususnya penglihatan, ia masih bisa berkarya bahkan mampu mendapatkan hasil yang bisa dibilang luar biasa.

Mengalami gangguan penglihatan sejak usia 11 tahun dan harus mengandalkan alat bantu untuk membaca, tak lantas menjadi batu penghalang pria dengan nama lengkap M Ikhwan Thoriqu ini. Belum lama,  bahkan ia mengaku mampu meraup penghasilan mencapai 15.000 dolar atau sekitar 200 juta dalam satu bulan dari bisnis online yang ia jalankan!

Pribadi yang Pantang Menyerah

Jika kita ingin mendapatkan kesuksesan besar, maka perjuangan serta pengorbanan yang kita berikan juga harus sama besarnya untuk mencapai hal tersebut. Demikian juga dengan sosok M Ikhwan Thoriqu yang nyatanya juga penuh dengan prestasi.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa gangguan penglihatan tersebut telah dialami Thoriqu sejak sangat belia. Hal ini jugalah yang membuat ruang geraknya dapat mengakses informasi visual sangat terbatas. Dalam sebuah kesempatan ia menceritakan untuk bisa mengikuti pelajaran semasa sekolah hingga bangku kuliah, ia menggunakan bantuan buku berhuruf braile, bantuan teman untuk membacakan hingga rekaman suara dosen ketika menerangkan.

Namun tak lantas kehidupan Thoriqu sepi prestasi. Dulunya ketika masih berada di bangku sekolah, alumnus Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Bahasa Inggris tersebut juga menekuni olahraga atletik, khususnya cabang olarhaga lari.

Artikel lain: Habibie Afsyah, Penyandang Difabel Yang Sukses di Internet Marketing

Dengan kondisi kemampuan penglihatan yang kurang sempurna, ia membuktikan bahwa ia masih bisa bersaing dan berprestasi. Bahkan ia mampu menyabet mendali perak lari 100 meter dalam sebuah event kompetisi olahraga tingkat nasional.  Selian itu, ternyatanya pria kelahiran Palembang 23 Oktober 28 tahun silam tersebut juga mampu mendapatkan pekerjaan di salah satu bank yang ada di Jakarta.

Telah Tertarik Dunia Internet Marketing Sejak SMA

Thoriqu mengisahkan ketertarikan dirinya pada dunia internet telah dimulai sejak masih berseragam putih abu-abu. Bersama beberapa teman sesama penyandang tunanetra yang ada di SMA Negeri 66 Jakarta, ia mulai diperkenalkan dengan luasnya potensi dunia internet.

Kala itu salah satu alat bantu teknologi yang menjadi sahabat setianya adalah screen reading, sebuah aplikasi komputer yang bisa membacakan tulisan yang ada disebuah laman website. Dengan aplikasi tersebut separuh halangan dalam mengenyam ilmu maya bisa teratasi, tentunya disamping konten visual seperti informasi dalam bentuk gambar yang masih belum bisa ia serap sepenuhnya.

Tak menyerah, ia terus memperkaya diri dengan beragam informasi baik seputar internet secara umum, blogging, pembuatan website hingga internet marketing. Disamping itu ilmu seputar bahasa inggris yang didapatkan semasa kuliah nyatanya juga membantu bapak satu orang putra ini lebih fasih memahami beragam informasi berbahasa asing yang ia dapatkan.

Pretasi lain yang pernah ia torehkan yakni tepatnya pada tahun 2006, ia bersama 3 orang temannya berhasil membangun situs Kartunet.com, sebuah website nirlaba sebagai wadah karya penyandang tunanetra yang ingin berbagai lewat dunia maya. Dalam website tersebut kita bisa menemukan banyak karya mulai dari artikel teknologi, sastra, hingga social networking.

Keluar dari Bank dan Menjadi Fulltime IM

Perlahan Thoriqu mulai mengenal seluk belum internet marketing, mulai membangun blog hingga bagaimana menghasilkan uang dari monetisasi blog tersebut. Waktu berlalu dan hasil kerja kerasnya mulai berbuah, dari program periklanan Google Adsense, Affiliate, Cost per Action serta beberapa tipe monetisasi lain yang ia tekuni, ia berhasil mendapat pemasukan yang semakin bertumbuh.

Hingga salah satu titik baliknya yakni ketika ia memutuskan keluar dari pekerjaan di bank untuk menjadi full time internet marketer. Keputusan tersebut tentu tidak sembarangan diambil, pasalnya iya mempunyai 2 alasan kuat mengapa ia harus melepas status pegawainya. Yang pertama adalah ia merasa sulit berkembang jika masih menjadi pegawai dan alasan yang kedua karena bisnis online yang ia jalankan ternyata mampu memberikan pemasukan yang tidak sedikit juga.

Saat memutuskan keluar dari bank, pria yang didomisili di kawasan Warung Buncit, Jakarta tersebut sudah mampu menghasilkan pendapatan sebesar $ 3000 sampai $ 5000 setiap bulannya. Bahkan belum lama ini, pengahasilannya terhitung telah mencapai 5 digit yakni sebesar $ 15.000 dalam satu bulan.

Baca juga: Jordan Bone ~ Blogger Disabilitas Sang Pembawa Inspirasi

Saat ini, kondisi penglihatan M Ikhwan Thoriqu sudah menurun hingga 95%. Ia yang hanya bisa mengenali warna tersebut, bahkan tidak akan mengenali adanya orang lain di depannya jika orang tersebut tidak berbicara atau bergerak.

Namun dalam kondisi tersebut, ia berhasil menyentak kesadaran banyak orang bahwa dirinya bisa, ia mampu menggapai kesuksesan besar. Lalu bagaiman dengan kita yang mempunyai kesempurnaan fisik lebih, sudahkah kita berjuang lebih keras untuk mendapatkan kesuksesan?

27 KOMENTAR

  1. Sangat menginspirasi, kita yg memiliki indra yg normal musti lbh giat..

  2. Cara biar cpat dpat view banyak di youtube..gmana

  3. kagum saya,,, semoga yang normal harus lebih bisa berkreasi.

  4. terima kasih. begitu menyentuh hati cerita bg ikhwan

  5. Wisata dan Kuliner

    Jadi nambah semangat kalo kita dengan punya fisik sempurna seharusnya lebih giat lagi, bukan untuk bermalas”an.

  6. waah hebat sekali om yang satu ini… patut di tiru semangatnya… terimakasih pak infonya… saya benar benar termotivasi sekali

  7. sangat termotivasi, semoga saya juga dapat menghasilkan uang dari blogger.. AMINN

  8. IM itu tidak sulit tetapi juga tidak “sangat” mudah perlu perjuangan besar untuk mencapai tingkatan stabil dari aspek earning. Apapun kondisinya pasti setiap orang punya kesempatan yang sama, kuncinya memang benar konsisten:)

  9. lintasgenerasi.com

    Inspiratif, motivatif dan membakar semangat ngeblog.. Orang yang terbatas secara lahiriah masih punya motivasi bagaimana kita yang normal???

  10. Keren nih orang min Max. Kalau boleh tau URL blog M Ikhwan Thoriqu ini apa ya?

  11. wah inspirasi sekali,,,bisa menjadi contoh buat yg sehat”…terima kasih

  12. sangat inspiratif dan menambah semangat saya belajar im

  13. Keren…
    Keputusan yang bijak, akhirx 5digit, keren bngettt…
    Semoga para IM Indonesia banyak yang menyusul 5 digitx. Sukses terus IM Indonesia.

  14. Kisah ini sangat menyentuh dan membangkitkan semangat untuk terus berkarya.
    Thank you boss informasi nya :)

  15. sangat memotivasi diri agar terus berkembang. salut

  16. Keren, di balik keterbatasan ia mampu melampaui batasnya (y) sngt mnginpirasi

  17. Salut buat Om Thoriq, keterbatasan tidak membatasinya untuk tetap berkreasi. Jadi merasa malu sendiri dengan semua “kesempurnaan” yang telah diberikan Allah karena tidak bisa memaksimalkan manfaatnya.

  18. Seorang yang pantas dijadikan sebagai contoh untuk terus maju dan menjadi sukses

  19. Seorang Blogger yang pantas dijadikan sebagai contoh untuk terus maju dan menjadi sukses

  20. Salut sama agan yang satu ini, bisa dijadiin motivasi nih bagi blogger newbi kayak saya yang sering males-malesan

  21. Banyak motivator mengatakan “hanya orang yang cacat mental saja yang memandang bahwa hidup ini hanya untuk orang2 yang sempurna secara fifik”
    TOP inspirasinya

  22. Kata “Keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk mengejar impian seseorang” itu merupakan salah satu kata yang sukai, bahkan saya tulis di pintu kamar untuk terus termotivasi hingga sukses :D

  23. Bahasa Inggris juga turut membantu. Salut.

Tinggalkan Balasan