HalalTrip, Aplikasi Bagi Pencari Makanan Halal Dalam Paket Wisata

HalalTrip-Aplikasi-Bagi-Pencari-Makanan-Halal

Seringkali dalam sebuah perjalanan wisata ke luar negeri, seorang muslim dibingungkan dengan mencari tempat yang menjual makanan halal. Kebutuhan akan menu makanan halal memang merupakan sebuah keharusan bagi para pelancong muslim saat bepergian.

Atas dasar inilah kemudian Fazal Bahardeen membuat aplikasi HalalTrip (HalalTrip.com). Di bawah bendera Crescent Rating, sebuah perusahaan rating untuk layanan travel halal inilah Fazer dan tim melayani kegiatan pariwisata berkonsep halal. Seperti apakah aplikasi HalalTrip ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Layanan Traveling Halal

Pada awal berdirinya pada bulan Januari 2014, #aplikasi asal Singapura ini sejatinya adalah melayani para pelancong dalam sebuah paket wisata halal. Paket wisata ini terdiri dari pemesaan tiket pesawat, hotel, paket perjalanan, hingga pada akhirnya sekarang muncul fitur terbaru yaitu pencarian makanan halal. Untuk paket wisata ini HalalTrip telah bekerjasama dengan perusahaan travel Wego (penerbangan), Booking.com (hotel), dan Kuoni (paket wisata).

Lalu apa yang membuat HalalTrip ini begitu spesial? HalalTrip sendiri menawarkan rekomendasi wisata atas dasar tingkat kehalalan dari database rating perusahaan wisata induknya. Apalagi dengan munculnya fitur terbaru dari HalalTrip ini, pengguna semakin dimudahkan dalam menemukan, berbagi, serta memberikan penilaian mengenai makanan halal yang ada di seluruh dunia.

Menurut CEO HalalTrip Fazal Bahardeen, Pihak HalalTrip memang ingin membuat semua perencanaan perjalanan wisata umat muslim menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Salah satunya adalah menyediakan informasi dan tempat makan halal selama travelling.

Artikel lain: Kulineran.com, Berwisata Kuliner Kini Tidak Perlu Repot Keluar Rumah




Fitur Terbaru HalalTrip

Seperti disinggung sebelumnya, bahwa HalalTrip telah mengeluarkan fitur terbarunya yaitu fitur pencarian menu makanan halal. Dengan fitur ini jelas akan memudahkan pengguna untuk bisa menemukan tempat menu makanan yang halal di seluruh dunia.

Ketika menemukan tempat dengan beragam menu halal ini para pengguna dapat mengambil foto, mengunggah dan membaginya ke sosial media agar diketahui oleh seluruh umat muslim disemua penjuru dunia. Selain itu para pengguna bisa saling memberikan komentar tentang tempat label halal yang telah diungggah.

Potensi Besar HalalTrip

Pihak HalalTrip yang diwakili Fazal ini menganggap bahwa makanan halal ini merupakan salah satu yang paling diminati di dunia travelling pada target pasar Muslim. Menurut Fazal makanan halal memang selalu menjadi salah satu pertimbangan terpenting bagi kaum Muslim sebelum mereka memutuskan melakukan traveling ke luar negeri.

HalalTrip kemudian satu sudut pandang lain yang mencatat bahwa industri kuliner yang menyajikan makanan halal terus bertumbuh dan meningkat setiap tahunnya. Fazal sendiri kemudian memperkirakan bahwa pasar wisata Muslim secara global pada tahun 2020 akan bernilai 192 milyar dolar. Jumlahnya meningkat dari tahun 2013 yang bernilai 140 milyar dolar. Dari data-data inilah yang membuat Fazel sangat yakin dan tidak ragu lagi untuk bermain di sektor #bisnis kuliner halal ini.

Keunikan dan Pembeda dengan Kompetitor

Menurut pihak HalalTrip, mereka memiliki keunikan tersendiri dari layanan sejenis. Keunikan dan sekaligus yang menjadi pembeda dari kompetitor mereka adalah HalalTrip menarget pasar global yang lebih luas dari kompetitor.




Ya kompetitor seperti misalnya HalalMinds dari Jepang ini memang berfokus hanya pada negara atau wilayah tertentu saja. Dengan demikian hal inilah yang kemudian ditonjolkan oleh pihak HalalTrip untuk menjadikan layanan wisata muslim berkonsep halalnya memiliki ciri khas sekaligus lebih memperluas pasarnya dari kompetitor.

Baca juga: Honeycombers, Startup Direktori Hiburan Unik untuk Kawasan Jakarta dan Bali

Rencana HalalTrip Kedepan

Dalam beberapa waktu kedepan, pihak HalalTrip berencana akan mengeluarkan fitur baru lagi yaitu layanan booking secara langsung. Dengan target utama konsumen Asia Tenggara, Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat, HalalTrip pun terus berupaya meningkatkan filter pencarian untuk hotel dan penerbangan. Tim HalalTrip yang kini beranggotakan 10 orang ini juga sedang mencoba menyajikan konten lokal dengan dua bahasa yaitu bahasa Arab dan Perancis.

Selain paket wisata Halal, Aplikasi yang kini bisa didownload secara gratis di platform Android dan iOS ini juga memiliki fitur Crescent Trips yang menunjukkan waktu shalat selama penerbangan dan arah kiblat yang juga akan diintegrasikan ke dalam situs HalalTrip. Sejak diluncurkan pada bulan Januari lalu, HalalTrip telah didownload sebanyak 10.000 kali pada Google Play.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. wah patut dicatat nih kali2 ada kesempatan traveling ke negara minoritas muslim.. biar ga salah makan..

  2. cocok buat saya yg muslim mas :) ap lagi di jaman searang bnyak beredar makanan haram yg terbuat dr minyak babi misal nya,, skali lagi terimakasih untuk info aplikasi ini,,

  3. wah ,, mkasih mas komplit ini buat kegiatan sehari2,, fitur yg ane senengin ni yaitu penunjuk waktu solat dan tanpa bingung di mana arah kiblat,, tak install dlu di pley stor hehehehe

  4. Kabar baik untuk muslim yang suka kulineran nih..
    Good info..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud