Hadiah $30.000 Menunggu Sang Pemenang Kontes Doodle 4 Google 2016

doodle-4-google

Image dari Google.com

Pada sebuah artikel terdahulu kita pernah membahas tentang salah satu fitur milik Google yakni Google Doodle. Bagi yang belum tahu, Google Doodle merupakan tampilan visual yang muncul pada halaman utama situs pencarian Google. Tampilan visual ini umumnya bersifat tematik sesuai dengan tanggal saat gambar tersebut dirilis.

Bagi kebanyakan orang, adanya Google Doodle ini sangatlah menarik karena mampu mengingatkan kita akan sesuatu yang terjadi, baik itu kejadian, lahirnya tokoh atau mungkin event tertentu di tanggal tersebut. Lebih uniknya lagi, Google Doodle terkadang juga dibuat secara lokal atau disesuaikan dengan negara tempat pengakses situs #Google.

Dan Tahukah Anda, ternyata juga ada sebuah kontes membuat doodle yang bernama Doodle 4 Google. Dan tahun ini, kontes Doodle 4 Google sudah mulai bergulir. Tak tanggung-tanggung, sang pemenang utama nantinya berhak mendapatkan hadiah dana pendidikan sebesar $30.000.

Sekilas Tentang Kontes Doodle 4 Google

Sebelum membahas tentang kontes tersebut, tidak ada salahnya sedikit kembali ke belakang pada awal penciptaan Google Doodle. Pada waktu itu logo Google masih tampil dengan bentuk yang standar hingga suatu saat, di tahun 1998 ketika pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page membuat doodle yang pertama yakni berbentuk “burning man stick”.

Doodle ini mereka ciptakan untuk memberitahu para pengunjung bahwa kedua pendiri Google tersebut sedang tidak aktif karena pergi ke sebuah Festival di Nevada desert. Mereka berharap, dengan adanya tampilan visual tersebut bisa semakin meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk mengakses situs Google.




Artikel lain: Mengenal Doodler, Ilustrator Di Balik Kreasi Google Doodle Yang Berkarakter

Dan tidak disangka ternyata harapan tersebut melahirkan hasil yang di luar ekspektasi. Ketika doodle pertama tidak lagi ditayangkan, muncul permintaan dari pengunjung untuk membuat gambar visual menarik yang lain. Dari situlah istilah Doodle mulai berkembang, bahkan Google mempunyai divisi tersendiri untuk membuat dan mengkreasikan Google doodle yang akan dirilis setiap hari.

Dari situ, Google merasa bahwa kreatifitas untuk membuat visual Doodle tidaklah terbatas. Oleh karena itu Google berinisiatif untuk menggelar sebuah kontes pembuatan Doodle untuk para siswa yang diberi nama Doodle 4 Google. Dari tahun ke tahun, para peserta semakin meningkat hingga di tahun ini diharapkan mampu melahirkan karya menarik lain dari para pesertanya.

Bertema Futuristic

Salah satu hal yang selalu berbeda dari kontes Doodle 4 Google setiap tahunnya adalah adanya tema tertentu yang dijadikan dijadikan patokan karya yang dimasukkan oleh para peserta. Dan untuk gelaran Doodle 4 Google 2016, tema yang diangkat adalah “What I see for the future…,” atau dalam bahasa Indonesia “apa yang saya lihat di masa depan”.

Penjelasan dari tema ini secara umum yakni mengharuskan para peserta mengimajinasikan apa saja yang mereka fikirkan tentang masa depan. Masa depan di sini bisa berarti banyak hal, mulai dari imajinasi akan munculnya makhluk dengan bentuk baru, kemampuan untuk bisa hidup di luar angkasa, atau mungkin teknologi baru yang belum kita temui saat ini. Semuanya bisa dieksplor melalui kreativitas dan imajinasi para peserta, yang memang mayoritas merupakan anak-anak hingga remaja.




Kesempatan Mendapatkan Beasiswa 30.000 Dolar

Tahun lalu hadiah yang diberikan untuk pemenang kontes ini yakni hadiah beasiswa untuk pendidikan tingkat lanjut. Namun pada tahun ini, jumlah hadiah yang diberikan ternyata lebih besar mencapai $30.000 untuk pemenang utama. Selain itu, nantinya sang pemenang utama juga memiliki kesempatan untuk bekerja dengan tim doodle di markas utama Google, Mountain View, California.

Baca juga: Menelisik Kerja Para Ilustrator di Divisi Google Doodle, Seperti Apa ya?

Tidak hanya hadiah dalam bentuk beasiswa perguruan tinggi, nantinya sekolah dari pemenang utama juga akan mendapatkan hadiah sebesar $50.000 yang bisa digunakan untuk meningkatkan akses teknologi baik dalam bentuk peralatan ataupun pengembangan sistem pembelajaran dan semuanya difasilitasi langsung oleh Google.

Namun sangat disayangkan, kontes yang akan berakhir pada tanggal 2 Desember 2016 ini sifatnya masih terbatas karena hanya bisa diikuti oleh siswa mulai tingkat 3 hingga 12, yang ada di kawasan negara bagian Amerika Serikat, termasuk Guam dan Puerto Rico. Kita tunggu saja hingga nanti Google membuka kontes ini secara internasional.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Sudah antusias baca, ternyata masyarakat indonesia belum bisa ikut berkompetisi,

  2. ayo …semangat untuk dapatkan uang ribuan dollar dari duddle 4

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud