Gunakan Perangkat Analisis ini Sebelum Membuat Kontes di Facebook

Membuat-Kontes-di-Facebook

Banyak cara dilakukan oleh pelaku #bisnis online atau suatu brand perusahaan untuk mempopulerkan fanpage #Facebook nya. Hal ini memang wajar sebab persaingan bisnis yang semakin ketat memaksa kita untuk mencari berbagai cara demi memenangkan kompetisi secara sehat. Selain membuat promosi produk secara menarik, masih ada berbagai cara untuk membuat fanpage Facebook kita jadi semakin populer. Salah satu caranya yakni dengan membuat kontes di Facebook.

Membuat kontes di Facebook dapat menjadi cara yang efektif untuk mempopulerkan sebuah Fanpage. Para pengguna Facebook akan tertarik dengan euforia dan hadiah kontes sehingga banyak dari mereka yang mampir untuk menyaksikan bahkan mengikuti kontes. Namun sebelum memutuskan untuk membuat kontes, banyak hal yang harus dianalisis dan dipertimbangkan.

Artikel lain: Facebook vs Twitter, Mana Yang Paling Bagus Untuk Bisnis?

Beberapa perangkat analisis berikut ini dapat membantu kita untuk menganalisis aktivitas fanpage dan memutuskan kapan dan seperti apa kontes yang harus dibuat:

1. EdgeRank Checker

Perangkat yang dikembangkan oleh Social Bakers ini merupakan salah satu perangkat analisis favorit yang sering digunakan untuk kepentingan penelitian sosial. Banyak sekali fitur canggih yang ditawarkan oleh EdgeRank, dengan penyajian analisis berbentuk grafik yang mudah diterjemahkan. EdgeRank Checker akan membantu analisis aktivitas Facebook hingga detail setiap jamnya.

2. Facebook Page Barometer

Ingin mengetahui tingkat popularitas fanpage Facebook kita?




Gunakan saja Facebook Page Barometer untuk membuat analisisnya. Facebook Page Barometer dapat digunakan untuk mengukur popularitas fanpage dengan klasifikasi jumlah anggota fanpage mulai dari dibawah 1.000 hingga lebih dari 100.000 pengguna Facebook. Data dstatistik yang disajikan Facebook Page Barometer mencakup jangkauan posting, virality serta umpan balik yang diberikan para anggota fanpage.

3. Agora Pulse

Cara kerja Agora Pulse sangat mudah untuk dipelajari. Agora Pulse dapat membantu proses penjadwalan posting ketika kita membuat kontes di Facebook atau #Twitter. Tak hanya itu saja, Agora Pulse juga menyediakan berbagai fitur menarik lainnya seperti personality test, lomba foto, fan vote, undian dan fitur-fitur lainnya.

4. Likealyzer

Likealyzer memiliki cara kerja yang sangat mudah dipahami. Kita tinggal memasukkan URL Facebook yang ingin dianalisis, kemudian Likealyzer akan segera membantu proses analisisnya mulai dari score posting per hari, jumlah like, comment dan share serta efektivitas penggunaan hashtag pada setiap posting.

5. Fanpage Karma

Fanpage Karma di desain untuk membantu kita melakukan analisis fanpage Facebook secara terperinci. Dengan menggunakan Fanpage Karma, kita dapat memperoleh analisis yang detail dan sistematis hanya dalam 1 halaman. Keseluruhan analisis yang dilakukan Fanpage Karma mencakup score keterlibatan para anggota fanpage, isi halaman, jumlah respon per satuan waktu dan berbagai analisis lainnya.

6. ShortStack

Bila kita sudah memiliki hasil analisis yang cukup untuk memulai kontes di Facebook, selanjutnya kita dapat menggunakan bantuan ShortStack untuk mengatur jalannya kontes. Desain template kontes yang menarik dan persuasif bisa digunakan melalui ShortStack sehingga kita tak perlu repot-repot mendesain kontes yang ingin diselenggarakan di Facebook.




7. PostPlanner

Perangkat analisis yang satu ini memiliki tagline “triple your engagement in 10 minutes a day”. PostPlanner memang sudah terbukti dapat meningkatkan jumlah anggota fapage dan share posting secara efektif. Bahkan ada sebuah fanpage yang menggunakan perangkat PostPlanner dan berhasil mendapatkan score 3 juta views pada posting pertama dengan laju pertambahan jumlah anggota mencapai 59.000 pengguna Facebook.

8. PageModo

Menggunakan PageModo berarti memperoleh sejumlah kemudahan untuk meng-custom fanpage Facebook, mendesain cover, mendesain konten bernuansa visual serta menjadwalkan posting.Desain cover yang dibuat melalui PageModo bahkan menyerupai desain pada Canva. Tak bisa dipungkiri bahwa desain visual akan memberikan pengaruh besar bagi perkembangan suatu fanpage Facebook. Sehingga tampilan fanpage kita jadi lebih atraktif dan dapat menarik perhatian banyak pengguna Facebook.

Baca juga: Cara Bijak untuk Menangani Kritik di Media Sosial

Demikian referensi seputar beberapa perangkat analisis yang dapat kita gunakan sebelum membuat kontes Facebook. Semoga ulasan kali ini memberikan banyak pengetahuan baru bagi kita seputar penggunaan social media secara bijak, efektif dan tepat guna.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Bagus sekali mas, tips nya baru tahu kalau begitu, tapi agak ribet ya, mungkin ini cocok buat yang bos-bos ja

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud