Gummo ~ Street Footwear Asli Bandung Dengan Kualitas Mendunia

Gummo ~ Street Footwear Asli Bandung Dengan Kualitas Mendunia

gummo bandung

Bandung sepertinya tak pernah berhenti menelurkan beragam produk-produk kreativitas dan inovasi. Entah produk kuliner dan fashion, Bandung sepertinya sudah akrab dengan terobosan-terobosan yang unik dan menarik. Saya sendiri mengaku kagum dengan kreativitas dan inovasi yang selalu dilakukan oleh anak-anak muda Bandung. Salah satu produk kreatif dari kota Bandung dari sektor #fashion adalah Gummo.

Produk footware atau sepatu Gummo ini adalah kreasi Mohammad Rizki Yanuar, founder Gummo yang berdiri dibawah naungan CV. Sailan Industries (CVS Industries) sebuah holding company yang juga menaungi street brand lokal bernama Ouval Research. Lalu seperti apakah produk Gummo ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Inspirasi Lahirnya Gummo

Gummo (dibaca: Gamo) sendiri  lahir tanggal 28 April 2002 dan terilhami dari sebuah komunitas olahraga skateboard yang bukan hanya sekadar olahraga tetapi juga menjadi suatu gaya hidup. Dari komunitas ini, Rizki bercerita bahwa awalnya Gummo lahir berwujud produk sepatu, namun seiring perkembangan bisnisnya, Gummo secara bertahap mulai memproduksi  dan merambah berbagai produk street sporty life style seperti t-shirt, jacket, tas, topi, aksesoris serta komponen fashion lainnya.

Saat mendirikan Gummo, Rizki sendiri memiliki visi yang cukup besar. Selain ingin mengangkat pamor kota Bandung dan mengangkat serta memajukan perekonomian Bandung, Rizki juga ingin membawa produknya ke mancanegara. Walhasil saat ini Rizki telah sukses mencapai visi dan misinya dengan mengharumkan nama Bandung di tingkat nasional maupun mancanegara lewat brand yang dimilikinya seperti Ouval Research dan Gummo Footwear.

Artikel lain: Evrawood ~ Bisnis Tas Casual Urban Yang Telah Menembus Pasar Mancanegara

Startegi Branding Lewat Endorsement

Dalam mejalankan bisnis sepatu ini, Rizki tetap optimis meski sebenarnya persaingan pasar komponen fashion ini semakin ketat. Menurut Rizki masuknya beberapa merk luar negeri menjadi pemicu sengitnya persaingan di bisnis ini.

Meski demikian, Rizki tetap optimis terhadap peluang bisnisnya karena Rizki menganggap bahwa sepatu merupakan bagian dari fashion yang akan selalu dibutuhkan dan hampir sering dipakai sehari-hari dengan menyesuaikan cara berpakaian konsumen. Dengan image dan brand yang kuat, Rizki mengaku tak mempermasalahkan tingkat persaingan selama persaingan tersebut berlangsung secara sehat.

Guna mencapai image dan popularitas yangkuat, Rizki melakukan branding melalui kegiatan endorsement. Menurut Rizki, Gummo yang memiliki karakteristik muda, dinamis, dan memiliki selera busana yang khas ini akan melambung tinggi jika di endorse oleh orang yang sesuai dan cocok. Maka dari itu kemudian Rizki memilih Muhammad Rizqi Ghazwa Hulil Amry (GEA) dan Ahmad Fathin yang merupakan seorang skateboard riders sebagai endorser untuk memperkuat brand image sekaligus mengenalkan sepatunya ke konsumen.

Gea dan Fathin yang berbakat dalam olahraga skateboard masa depan dianggap Rizki sangat cocok dan potensial untuk mempromosikan produknya. Citra pribadi Gea dan Fathin dianggap sangat mewakili Gummo. Selain endorser, Rizki juga melakukan pemasaran dengan #social media marketing, mensponsori event-event musik, dan tentu saja pertandingan skateboard.

Meningkatkan Ekuitas Merk Gummo

Dalam membangun branding Gummo, Rizki memang sangat serius. Baginya ekuitas produk adalah jalan yang bisa mengantarnya pada loyalitas konsumen. Ekuitas merk sendiri bisa berubah-ubah, naik-turun bergantung pada usaha pembangunan branding yang dilakukan. Dalam hal ini Rizki menjalankan program pemasaran dan komunikasi pemasaran yang efektif dan konsisten.

Menurut Rizki, merek produk yang memiliki ekuitas tinggi akan menciptakan produk yang memiliki kualitas tinggi dan merepresentasikan nilai yang baik. Semakin tinggi ekuitas merek, akan semakin tinggi pula nilai yang akan diberikan kepada konsumen.

Tentang kualitas Gummo, Rizki menyatakan bahwa produknya dijamin memiliki kualitas sepatu yang baik. Maka dengan harga mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 400.000, pembeli akan mendapatkan kompensasi yang tidak akan mengecewakan.

Baca juga: Arshend Leather ~ Gelang Kulit Asli Indonesia Yang Telah Mendunia

Dalam proses pembuatan, pihak intern Gummo memang melibatkan langsung dirinya untuk proses pemilihan raw material hingga pada uji kelayakan bahan. Gummo menurut Rizki adalah sebuah produk yang bukan hanya inovatif tapi juga mengandung nilai-nilai estetika yang tinggi, kenyamanan dan keamanan dalam penggunaan, environmental friendly, serta mengimplementasikan teknologi yang akan memudahkan kehidupan kaum muda.

Dengan semua upaya yang dilakukan Rizki, penjualan Gummo mengalami peningkatan yang signifikan yaitu antara 20% hingga 30% setiap tahunnya. Tahun ini sendiri Rizki menargetkan pertumbuhan penjualan bisa mencapai di atas 50%.

1 KOMENTAR

  1. Sandi Iswahyudi

    Kota yang memiliki atmosfer positif baik bagi yang suka bisnis dan kreatifitas. Semoga lewat ini banyak lahir pengusaha muda. Dan kota2 lain menyusul hihi

Tinggalkan Balasan