Gorilla Glass ~ Mengenal Teknologi Screen Protector Terbaik Saat Ini

Corning_GorillaGlass

Smartphone yang sering mengalami lag dan error tentu membuat kita menjadi kesal dan tidak sabaran. Tapi selain kondisi smartphone yang lemot, ada satu hal lagi yang bisa membuat aktivitas mobile menjadi menjengkelkan. Ya, menggunakan #smartphone dengan layar yang lecet akan mengganggu pandangan dan membuat kita sulit menggunakan smartphone dengan baik.

Tapi kini semuanya berubah sejak teknologi Gorilla Glass mulai banyak diterapkan pada smartphone dan sejumlah perangkat elektronik lainnya. Seperti apa sih teknologi Gorilla Glass yang dikenal tangguh namun tetap estetis tersebut?

Sejarah Pembuatan Gorilla Glass

Jauh sebelum Gorilla Glass ditemukan, perusahaan Corning Inc. sudah lebih dulu mengembangkan kaca yang disebut “project muscle” dengan tambahan bahan kimia tertentu pada tahun 1960. Setelah “project muscle” terhenti, Corning juga sempat membuat Chemcor Glass yang menjadi cikal bakal hadirnya Gorilla Glass di masa kini. Kala itu Chemcor Glass diproduksi sebanyak 100 buah untuk diaplikasikan pada mobil. Karena diketahui bahwa penggunaan kaca mobil yang ringan ternyata mampu menambah kecepatan maksimum mobil.

Sejarah penciptaan Gorilla Glass berawal ketika Steve Jobs menggunakan plastik berat sebagai bahan material layar iPhone. Ketika Steve menyimpan iPhonenya di saku, ternyata kunci yang juga ia simpan disaku membuat permukaan layar iPhone tergores. Melihat hal itu, Steve langsung menghubungi CEO Corning untuk memesan kaca yang ringan dan kuat supaya bisa digunakan di iPhone. Akhirnya dengan menyanggupi permintana tersebut, Corning berhasil melanjutkan “project muscle” untuk menghadirkan Corning Glass sebagai bagian dari material iPhone sejak tahun 2007.

Artikel lain: 5 Produsen Smartphone Lokal yg Siap Bersaing dengan Apple dan Samsung

Definisi dan Keunggulan Gorilla Glass

Secara harafiah, Gorilla Glass bisa didefinisikan sebagai lembaran-lembaran kaca dengan karakteristik yang ringan, tipis namun kuat yang dibuat dari kaca aluminosilikat alkali. Kehadiran Gorilla Glass tentu membawa kecanggihan tersendiri bagi perkembangan dunia smartphone dan gadget mobile modern. Karena Gorilla Glass menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh #teknologi layar smartphone lainnya. Dengan komposisi garam kalium cair yang diproses dengan pemanasan 4000 derajat celcius dan disertai dengan tambahan ion lainnya, kalium bisa menyebar secara merata sebagai ion pada kaca dan membuat kekuatan kaca menjadi lebih baik daripada jenis kaca lainnya.

Selain itu Gorilla Glass mampu memberikan tampilan layar yang jernih dan tajam sehingga dapat mendukung teknologi layar Full HD dan layar 3D. Meski dilengkapi dengan teknologi yang canggih, Gorilla Glass memiliki tekstur yang tipis sehingga mampu meningkatkan sensitivitas sentuhan bagi perangkat teknologi dengan sistem touch screen. Gorilla Glass juga menjadi teknologi layar yang ramah lingkungan karena tidak terbuat dari besi berat yang bisa mencemari lingkungan. Layaknya kaca biasa, Gorilla Glass bisa didaur ulang menjadi kaca yang baru.

Gorilla Glass Waterproof dan Gorilla Glass Scratch Resistant

Gorilla Glass yang canggih dan sudah banyak digunakan pada beberapa perangkat teknologi rupanya memiliki 2 jenis yang berbeda, yaitu Gorilla Glass wateproof dan Gorilla Glass scratch resistant. Gorilla Glass waterproof memiliki ketahanan bila digunakan di bawah air sehingga lebih cocok diaplikasikan pada #gadget atau perangkat teknologi yang digunakan untuk aktivitas bawah air. Berarti para instruktur selam atau orang-orang yang hobi diving membutuhkan teknologi Gorilla Glass waterproof supaya bisa tetap menggunakan perangkat teknologi saat sedang berkegiatan di bawah air.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Smartphone Versi Android

Sementara itu Gorilla Glass scratch resistant memiliki teknologi yang tahan dengan benturan dan goresan. Tidak perlu khawatir dengan layar smartphone kita karena teknologi Gorilla Glass scratch resistant akan membuat permukaan layar smartphone tidak mudah tergores.




Teknologi yang terlihat sederhana namun begitu hebat ini tentu membuat banyak produsen perangkat teknologi berlomba-lomba untuk menggunakan teknologi Gorilla Glass pada produknya. Di masa depan bukan tidak mungkin akan lahir generasi Gorilla Glass dengan kecanggihan yang jauh melebihi generasi teknologi pendahulunya. Let’s see.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud