Google Pusatkan Privasi dan Kontrol Keamanan yang Baru

google-pusatkan-privasi-dan-kontrol-keamanan-yang-baru

Google telah mengumumkan serangkaian improvisasi untuk meningkatkan kontrol privasi bagi para pengguna internet, serta situs khusus yang mencoba untuk menjawab kekhawatiran masyarakat mengenai praktik pengumpulan data #Google di seluruh layanan milik mereka. Di bawah pengaturan baru Google yang disebut My Account, pengguna dapat melakukan konfigurasi pengaturan privasi dan keamanan mereka untuk sejumlah layanan Google, seperti Google Search, Maps, YouTube dan banyak lagi, serta kemampuan menonaktifkan Google untuk menyimpan web dan aktivitas aplikasi dan riwayat lokasi Anda.

Improvisasi Baru yang Dilakukan Google

Pada halaman My Account, pengguna dapat menjalankan Pemeriksaan Privasi serta Pemeriksaan Keamanan yang membantu mereka membuat perubahan yang mereka inginkan melalui pengaturan akun mereka. Hal tersebut dilakukan dengan memeriksa data yang mereka inginkan, entah itu publik atau pribadi, yang dapat digunakan untuk mempersonalisasi data mereka.

Sebagai contoh, pengguna dapat menyesuaikan data pribadi yang ingin ditampilkan pada profil Google Plus mereka. Apakah orang-orang yang memiliki nomor telepon Anda dapat menemukan Anda pada layanan seperti Hangouts, apakah langganan YouTube Anda pribadi, dan banyak lagi.

Anda juga dapat menyesuaikan apakah Google dapat menyimpan informasi tertentu, yang hanya tersedia untuk Anda. Misalnya seperti situs #YouTube atau riwayat pencarian Anda, informasi perangkat, suara dan aktivitas audio, riwayat lokasi, serta riwayat browser web dan informasi lainnya.

Sementara itu, situs baru privacy.google.com dihadirkan guna menjawab pertanyaan mengenai apa jenis data yang dikumpulkan dan mengapa dikumpulkan oleh Google. Sebagian besar isi dari situs ini akan menawarkan pengalaman yang lebih disesuaikan ketika menggunakan produk Google dan menunjukkan pengguna lebih tepat sasaran, dan menampilkan iklan yang lebih relevan.

Ini bukan pertama kalinya Google  berusaha untuk menyimpan informasi pada sebuah layanan di bawah satu atap, perusahaan yang pertama kali diluncurkan Google Dashboard kembali pada tahun 2009 yang memungkinkan pengguna untuk melacak aktivitas Google mereka. Dan pada tahun 2012, Google meningkatkan detail yang ditawarkan dengan meluncurkan metrik bahkan lebih rinci pada situs khusus.

Artikel lain: Google Project Vault, Teknologi MicroSD Anti-Hacker

Kelebihan dan Kelemahan Improvisasi Google Ini

Kelebihan dari improvisasi Google ini membuat pengguna dapat menyesuaikan pengaturan privasi dan keamanan mereka pada properti Google, tetapi dengan gagasan yang baru. Dengan fitur My Account ini Google menyatukan semua pengaturan tersebut di bawah satu atap untuk membuatnya lebih mudah. Namun kelemahannya adalah , akan jauh lebih membingungkan bagi para pengguna yang tidak tahu di mana untuk mencari kontrol ini. Sebelumnya sementara fitur ini juga menawarkan penelusuran yang dipandu yang membantu mereka melakukan penyesuaian.

Improvisasi ini dilakukan untuk menjawab kekhawatiran para pengguna tentang bagaimana perusahaan-perusahaan #internet besar menyimpan dan menggunakan data yang mereka kumpulkan, setelah mengungkapkan agenda pengawasan pemerintah yang telah melibatkan sejumlah besar data atas catatan telepon dan data online lainnya.

Google khususnya telah menjadi perhatian bagi sejumlah pengguna online karena Google sudah sangat luas mencapai ke kehidupan sehari-hari pengguna; banyak yang menggunakan produk Google untuk pencarian, untuk hiburan, untuk email, untuk produktivitas bisnis, dan bahkan untuk daya smartphone dan perangkat lainnya.




Google pada tahun 2012 telah melakukan konsolidasi untuk kebijakan privasi dalam rangka untuk menghubungkan pengguna ke seluruh layanan Google, melalui lukisan bahkan lebih akurat lagi melalui gambar seseorang yang sedang online. Perubahan tersebut tentu saja menarik perhatian sejumlah lembaga perlindungan data di seluruh dunia, dan masih berada pada sisi kontra dengan kritik dan ancaman denda beberapa tahun kemudian.

Baca juga: 4 Kelompok Black-hat Hacker Yang Paling Ditakuti Di Dunia

Tujuan Improvisasi Privasi dan Kontrol Keamanan

Keputusan untuk melakukan improvisasi pada pengaturan privasi dan kontrol keamanan adalah sebuah respon langsung terhadap kekhawatiran mengenai kemanan privasi pengguna. Beberapa kelompok mengatakan Google harus menjelaskan kepada pengguna apa saja data pribadi yang diperoleh dan untuk apa saja data pribadi mereka, dan informasi ini juga harus jelas disampaikan dalam kebijakan privasi Google.

Pada bulan Januari lalu, Google menyelesaikan urusannya dengan Kantor Komisaris Informasi Inggris tentang bagaimana cara kerja Google mengumpulkan data pribadi di negeri ini, dan setuju untuk membuat konten kebijakan privasi lebih mudah diakses konsumen online agar mampu memahami dengan lebih mendalam mengenai privasi mereka yang telah disimpan oleh Google.

Terpusat pada hal baru yang muncul untuk mengatasi beberapa kekhawatiran diatas Google menjelaskan kepada pengguna bagaimana data mereka digunakan dan apa yang bisa mereka lakukan untuk membuat perubahan.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Bagus donk sob, berarti makin kecil kemungkinan kita di ganggu ama malware.

  2. Wah bagus tuh, jadi kita pengguna produk Google bakal tenang-tenang aja :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud