Google Project Vault, Teknologi MicroSD Anti-Hacker

project-vault

Pada perhelatan tahunan Google I/O 2015 yang diadakan oleh #Google, raksasa internet itu memperkenalkan salah satu project terbaru selain project jacquard dan project soli yang diklaim sebagai produk anti hacker. Divisi R&D Google mengatakan dalam waktu dekat mereka akan kehadiran sebuah proyek baru yang mereka beri nama Project Vault.

Google memang terus melakukan eksperimen, hal tersebut dilakukan guna mendapatkan sebuah teknologi yang mutakhir dan dapat membantu banyak masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-sehari. Project Vault adalah sebuah jawaban mengenai keamanan dalam penggunaan kata sandi dalam menggunakan teknologi sehari-hari.

Apa Itu Project Vault?

Project Vault adalah sebuah microSD namun juga merangkap sebagai #komputer berukuran amat kecil. Meski dari penampilan MicroSD ini tidak jauh berbeda dengan microsd yang ada dipasaran namun microsd buatan Google ini mempunyai sebuah keunggulan dari sisi keamanan. Didalam micro sd buatan Google ini telah dipersenjatai oleh sebuah prosesor ARM, antena dan NFC, dan kapasitas penyimpanan sebesar 4Gb. Project Vault memiliki sistem operasi sendiri, Sistem Operasi tersebut bernama RTOS (Real Time Operating System). Sesuai dengan tujuan dibuatnya, untuk menambah keamanan maka OS ini mengedepankan privasi dan keamanan data.

Project Vault dapat dikatakan sebagai sebuah brankas digital yang mampu melindungi semua informasi pribadi pengguna ponsel. Project Vault ini mampu melakukan enkripsi atau mengacak pesan komunikasi dari sebuah aplikasi. Google Project Vault  ini juga bisa memberikan tingkatan terhadap sebuah otentikasi, sehingga perangkat kita akan mengenali penggunanya.

Artikel lain: Password Alert Chrome Extention ~ Fitur Anti Phising Terbaru Dari Google Crome

Project-Vault-1

Cara Kerja Project Fault

Disinggung masalah cara kerja dari microSD ini Tim pengembang #teknologi Google mangatakan bahwa Project Vault akan mengenkripsi kegiatan dua pengguna smartphone yang tengah berlangsung. Sederhananya adalah, Project Vault akan menjaga dengan ketat setiap data yang masuk dan keluar  dari aktifitas kedua smartphone tersebut supaya tidak melewati jaringan seluler, melainkan melalui sebuah jaringan buatan Vault yang terenkripsi dengan baik. Hal ini juga diklaim operator seluler pun tidak bisa menyadap aktifitas smartphone tersebut. Project Vault sangan mengedepankan Privasi dan Project Vault pun diklaim bisa mengenkripsi video.

Selain untuk menambahkan fitur keamanan, Google Project Vault ingin menghilangkan ketergantungan akan pemakaian kata sandi yang terbilang rumit dan gampang dilupakan dengan Project Vault ini user dapat dengan nyaman beraktifitas tanpa harus memiliki sebuah kata sandi. MicroSD ini juga diklaim bisa mengenali sebuah pola mengetik atau pola sang pengguna, kemudian dengan menggunakan pola yang telah dikenali itu Project Vault akan memastikan agar orang lain tidak akan bisa mengakses smartphone tersebut.

Metode Otentikasi Project Vault

Project Vault memiliki sebuah metode otentikasi yang tebilang unik. Metode otentikasi unik ini dinamai “trust score“. Google mengklaim bahwa Project Vault 10 kali lebih aman dibandingkan dengan penggunaan kata sandi yang biasanya digunakan selama ini oleh user.

Vault menyediakan dua faktor auth dengan cara yang cukup mudah bagi siapa saja untuk menggunakan, dan pengembang tidak perlu melakukan apapun untuk mendapatkan barang-barang siap untuk bekerja dengan itu – sistem melihatnya sebagai perangkat penyimpanan generik dengan sistem file standar .




Dua faktor auth itu adalah, satu untuk membaca dan satu untuk menulis , jadi semua aktifitas pada #smartphone nantinya akan menggunakan Vault untuk komunikasi. Project Vault ini dapat berjalan di berbagai sistem operasi karena pada dasarnya Project Vault hanyalah perangkat penyimpanan umum untuk komputer host atau telepon. Google mengatakan saat ini mereka baru merilis open kit untuk para pengembang. Produk terbaru mereka ini belum tersedia untuk publik.

Baca juga: Peningkatan Kecepatan Internet Dengan Teknologi Transcoding

Menurut Google Project Vault pertama akan dikhususkan untuk kalangan enterprise yang notabenenya memerlukan pengamanan jauh lebih ketat dibandingkan dengan konsumen biasa. Google Project Vault adalah password generasi baru yang akan memberikan kemanan lebih bagi penggunanya. Project yang menarik ini tentunya akan menarik banyak sekali pandangan, bisa positif ataupun negatif. Semoga project ini cepat terwujud dan dapat dirasakan oleh semua pengguna dan tentunya semoga hasilnya tidak mengecewakan dan kita tunggu inovasi-inovasi dari Google selanjutnya.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud