Google Project Jacquard dan Project Soli ~ Revolusi Interaksi Perangkat Digital 

Google Project Jacquard dan Project Soli ~ Revolusi Interaksi Perangkat Digital 

Google Project Jacquard

#Google memang pantas disebut sebagai raksasa internet dunia, bagaimana tidak mereka terus saja melakukan ekspansi dan inovasi – inovasi yang selalu membuat penggiat dunia teknologi berdecak kagum dengan teknologi yang mereka kembangkan.

Google bukan hanya mengubah teknologi password dengan generasi baru yaitu Project Vault. Namun pada event tahunan Google I/o 2015 yang baru saja selesai, Google mengungkapkan sebuah project yang bertujuan untuk merevolusi bagaimana kita berinteraksi dengan berbagai perangkat digital melalui sebuah project yang mereka beri nama Google Project Jacquard dan Project Soli. Terdengan menarik ya nama dari kedua project tersebut, dari pada penasaran lebih baik kita ulas dengan lengkap ya, simak baik – baik jangan sampai anda terperangah karena kagum.

Sekilas Mengenai Google

Buat Anda yang tidak tahu siapa Google simak sedikit infonya, tapi rasanya hampir semua orang tahu ya. Menurut Wikipedia Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. 

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah “mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang”. Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.

Artikel lain: Bocoran 8 Keputusan Penting Dari Konferensi Google I/O 2015

Project Jacquard

Project Jacquard adalah sebuah inovasi yang dibuat Google untuk mengubah apapun yang terbuat dari kain lebih spesifik bisa kita sebut dengan pakaian, menjadi sebuah platform panel sentuh untuk berbagai perangkat seperti smartphone bahkan  tablet. Project Jacquard ini mengembangkan sebuah gulungan benang konduktif yang nantinya dapat di buat kedalam bentuk kain yang berteknologi tinggi.

Project Jacquard

Untuk mewujudkan Project Jacquard ini Google sudah bekerja sama dengan sebuah perusahaakn celana jeans paling terkemuka didunia, Levi’s, guna mengaplikasikan #teknologi yang akan di wujudkan menggunakan Project Jacquard. Jadi ketika project ini benar – benar terwujud celanan jeans milik Levi’s ini akan memiliki bagian kantong depan yang tersusun dari benang-benang konduktif, yang dapat terhubung dengan unit controller yang disembunyikan dengan baik di kantong belakang.

Jadi nantinya celana jeans yang dibuat dengan menggunakan teknologi Project Jacquard ini dapat dijadikan sebuah navigasi #smartphone Anda cukup dengan menyentuh kantung celana jeans saja. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak video berikut.

Project Soli

Ada yang lebih menarik lagi dibandingkan dengan Project Jacquard diatas yaitu Project Soli. Project Soli adalah sebuah perangkat berupa sensor mungil yang nantinya akan ditanamkan pada circuit board yang ada pada perangkat elektronik, mulai dari smartwatch hingga Bluetooth speaker. Sensor yang dikembangkan ini akan menggunakan teknologi radar untuk dapat mengenali dan membaca berbagai jenis gerakan jari-jari kita nantinya.

project-soli

Dengan diimplementasikannya teknologi ini, nantinya kita bisa menavigasikan perangkat-perangkat elektronik milik kita hanya dengan melakukan gerakan jari – jari kita tanpa harus menyentuk perangkat elektronik secara langsung. Sebuah gerakan dengan cara menyentuhkan ujung ibu jari dengan ujung telunjuk, gerakan tersebut akan meniru gerakan menyentuh sebuah tombol. Gerakan seperti scrolling atau swiping  juga dapat kita lakukan dengan menggunakan jari-jari kita.

Baca juga: Google Project Vault, Teknologi MicroSD Anti-Hacker

Tim pengengambangan teknologi dari Google mengklaim bahwa  teknologi radar yang diadopsi oleh Project Soli ini jauh lebih akurat ketimbang teknologi sebuah kamera. Dengan teknologi ini sebuah gerakan kecil dari jari-jari kita dapat dikenali dan dibaca oleh Project Soli, dan setalah itu teknologi dari project soli akan menterjemahkan menjadi sebuah input pada perangkat tempatnya di letakkan.

Anda pasti penasaran dengan project – project yang dikembangkan Google ini, Pantau terus info terupdatenya hanya di Maxmanroe.com, kami akan memberikan informasi terkini secara jelas dan dari sumber yang akurat. Dan kita tunggu project – project yang tidak kalah mengagumkan selanjutnya dari Google.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan