Google Inbox ~ Akses Email Kini Lebih Mudah dan Maksimal

google-inbox

Google memang terkenal sebagai raksasa internet yang gemar berinovasi dengan segala kekuatan yang dimilikinya. Inovasi yang dilahirkan pun selalu menarik perhatian para penggiat dunia teknologi. Berbagai inovasi yang telah lahir seperti, Project Volta, Project Ara, Project Soli sampai dengan Project Jacquard.

Pada bulan oktober tahun lalu #Google mengumumkan keberadaan sebuah layanan yang diberi nama Google Inbox. Terkesan biasa saja kalau dilihat dari nama, namun menarik atau tidaknya mari kita ulas sedikit mengenai Google Inbox ini.

Apa itu Google Inbox

Google Inbox atau bisa kita sebut dengan Inbox saja adalah sebuah aplikasi  yang akan memudahkan Anda dalam mengakses surat elektronik (email) Anda di Gmail. Selain mempermudah dalam pengaksesan, layanan ini juga akan memberikan informasi lengkap terkait #email yang anda dapatkan. 

Pada saat pertama peluncurannya, layanan ini hanya bisa digunakan bagi para pengguna yang mendapatkan undangan langsung dari Google Inbox. Namun sekarang pemiliki akun Gmail dapat menggunakan layanan Googgle Inbox secara langsung tanpa menunggu undangan lagi. Anda hanya butuh mengunduh aplikasi Inbox pada Play Store lalu mengintegrasikan aplikasi Inbox di layanan Gmail Anda.

Artikel lain: Cara Membuat Email

Cara Kerja Google Inbox

Google Inbox bukan sebuah pengganti #aplikasi mobile Gmail namun lebih sebagai aplikasi tambahan untuk aplikasi Gmail yang telah ada.  Google Inbox akan secara otomatis  mengelompokkan e-mail yang telah masuk  kemudian menandai bagian-bagian isi pada email tersebut yang mengandung sebuah informasi penting.

Seperti detail informasi email yang diterima,  nomor telepon, status penerbangan, foto, serta lampiran semua akan ditampilkan tanpa harus Anda membuka e-mail masuk tersebut. Anda  juga dapat mengetahui subyek email tanpa harus membuka dan membaca email terlebuh dulu karena sudah terkategori secara otomatis oleh Google Inbox.

Fitur Google Inbox

  • Trip Bundles

Beberapa fitur Google Inbox adalah, anda dapat melihat informasi lain seperti informasi jadwal penerbangan kemudian reservasi hotel beserta tempat wisata yang akan kita kunjungi ketika kita mendapatkan email masuk setelah kita melakukan pemesanan tiket pesawat. Fitur ini dinamakan dengan Trip Bundles. Fitur ini di maksudkan untuk memudahkan pengguna yang akan melakukan perjalanan.

Trip Bundles

Google Inbox juga memungkinkan Anda untuk dapat langsung melakukan reservasi hotel atau restoran, memesan sebuah kamar dan makanan langsung dari #smartphone Anda yang telah terinstall Google Inbox. Sampai dengan saat ini fitur ini belum dapat dirasakan oleh pengguna di Indonesia. Semoga dalam waktu dekat fitur ini sudah bisa dirasakan di Indonesia.




  • Undo Send

Fitur lain yang ada pada Google Inbox dan lebih menarik adalah Anda dapat menarik kembali e-mail yang telah anda kirimkan (Undo Send). Dengan fitur ini Anda dapat membatalkan email yang telah Anda kirim sebelumnya. Jadi misalkan anda mengirimkan email yang salah anda langsung bisa membatalkannya sesaat setelah Anda mengirimkan email tersebut.

  • Sweep

Fitur sweep pertama kali dihadirkan oleh microsoft melalui salah satu layanan email miliknya yaitu hotmail. Meskipun Google Inbox menggunakan nama yang sama namun Google Inbox memiliki cara kerja yang jauh  berbeda. Menggunakan Google Inbox , Anda dapat menghapus atau mengarsipkan email berdasar kategori email tersebut. Dengan Google Inbox semua email yang ada akan terkategori dengan otomatis tanpa perlu repot – repot kita memilahnya.

  • Snooze

Anda sering mendapatkan email pada tengah malam, dan Anda malas untuk membacanya. Dengan fitur Snooze ini Ana dapat menyetel waktunya dan email akan masuk sesuai waktu yang telah Anda tentukan.

Baca juga: Raymond Tomlinson ~ Ahli Komputer Penemu eMail

  • Priview

Priview adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda dapat melihat isi dari lampiran email tanpa harus Anda membuka seluruh email terlebih dahulu. Untuk fitur ini Google telah mendukung berbagai format dokumen, seperti gambar, spreadsheet, #video dan lain-lain untuk fitur ini.

Dengan aplikasi ini aktifitas Anda dalam mengakses email akan jauh lebih menyenangkan dan efisien. Anda akan mendapatkan pengalaman menarik ketika menggunakan aplikasi ini. Bagaimana tertarik mencoba Inbox? Anda dapat langsung menggunakannya melalui smartphone Anda setalah anda mengunduhnya. Anda juga dapat menikmati layanan ini melalui web  browser anda dengan mengakses ( google.com/inbox).




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud