Godaan Belanja Online Sering Menghantui Anda? Terapkan 3 Trik Jitunya Berikut Ini

Godaan Belanja Online Sering Menghantui Anda? Terapkan 3 Trik Jitunya Berikut Ini

belanja online
Image dari Rew-online.com

Budaya belanja secara daring (online) saat ini memang sudah mulai membumi. Dengan segala kelebihan dan keuntungan yang ada pada belanja online memang akan membuat banyak orang kemudian tertarik untuk memanfaatkan metode ini. Ya, dengan belanja online, kita memang tak perlu lagi repot-repot untuk keluar rumah, karena dengan satu dan tiga sentuhan (klik) maka dalam beberapa waktu, barang yang kita inginkan akan segera tiba dihadapan kita.

Belum lagi dengan banyaknya promo yang digelar oleh beberapa toko online dan marketplace, menjadikan belanja online di Indonesia semakin tahun mengalami perkembangan yang cukup pesat dan signifikan. Namun sayangnya pertumbuhan peminatan belanja online ini seringkali membuat seseorang kecanduan dengan godaannya.

Tentu saja perilaku belanja online karena kecanduan ini sangatlah tidak baik karena hal ini akan bisa memperburuk kondisi keuangan atau finansial seseorang. Lalu bagaimanakah cara atau trik untuk bisa mengatasi godaan ini? Berikut ulasannya.

1. Risetlah Kebenaran Promo yang Diadakan

Trik pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengatasi godaan belanja daring atau online adalah dengan melakukan riset promo. Seringkali seseorang memang langsung tergoda dan melakukan transaksi belanja online ketika melihat ada promo yang diadakan sebuah toko online. Tapi meski memang seringkali diadakan, Anda tetap perlu memastikan apakah promo tersebut benar-benar ada dan merupakan harga promo.

Ya, beberapa info yang ada di dunia maya memang tak semuanya benar dan juga walau ada promo pun seringkali tidak seperti promo (alias abal-abal) atau sama saja seperti tidak didiskon. Nah maka dari itu, untuk mendapatkan kejelasan info dan harga promo yang sebenarnya maka Anda perlu melakukan riset (penelitian). Yang pertama risetlah sebanyak-banyaknya sumber info yang terpercaya tentang adanya promo itu. Semakin banyak info yang Anda dapat maka semakin jelas kebenarannya.

Artikel lain: Inilah 5 Ritual Penting yang Seharusnya Dilakukan Seseorang Sebelum Belanja Online

Berikutnya, jika memang benar ada promo maka risetlah juga harga sebenarnya dari barang yang sebelum mengalami harga promo. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi harga promo yang abal-abal alias palsu dan menipu.

2. Cermati Kebutuhan Anda bukan Keinginan

Berikutnya trik jitu untuk menghadapi godaan belanja daring atau online adalah dengan mencermati kebutuhan dan juga mengabaikan keinginan. Ya, seringkali hasrat yang menggebu-gebu dari belanja online memang sering kali lahir dari keinginan yang tiba-tiba muncul. Manusia memang mempunyai nafsu yang bisa membuat dirinya terlena dan tergoda.

Nah, hal inilah yang seringkali menyebabkan seseorang khilaf setelah melakukannya. Dalam berbelanja tak jarang juga memang nafsu ini muncul dalam diri manusia. Hanya ditawarkan barang yang bagus atau harga promo maka seseorang memang bisa jadi langsung kalap dan tanpa berpikir dua kali langsung membeli produk tersebut. Padahal bila menilik lebih jauh sebenarnya produk yang dibeli dengan nafsu ini kebanyakan adalah barang-barang yang tidak dibutuhkan. Ya, mereka yang membeli karena nafsu ini biasanya hanya beradasarkan karena keinginan semata.

Walhasil setelah kondisi keuangan menghimpit kehidupannya, mereka kemudian merasa menyesal telah membeli produk-produk online karena nafsu tadi. Nah dari sinilah memang Anda diharuskan mencermati makna kebutuhan dan keinginan sebelum melakukan belanja. Ya, dengan hal ini maka Anda bisa lebih bijak dan akan bisa menghadapi godaan akan jenis belanja apapu termasuk belanja online.

Baca juga: Waduh, Kebiasaan Belanja Online Di Kantor Bisa Membuat Anda Dipecat!

3. Ingat Keperluan Anda di Esok Hari

Terakhir, trik jitu untuk menghindari godaan belanja daring (online) adalah dengan mengingat keperluan Anda di esok hari. Ya, kebanyakan orang yang kemudian tergoda untuk belanja online memang tak berpikir jauh dari apa yang ada di esok hari. Meskipun sebenarnya mereka memiliki banyak keperluan di esok hari, orang sering tergoda dengan belanja online, mereka biasanya jadi tak perhitungan untuk melakukan pembelian dan belanja.

Mereka-mereka ini barulah sadar dan khilaf apabila kemudian ia sudah dihadapkan dengan keperluannya di esok hari tersebut. Nah, inilah yang harus diantisipasi seseorang dalam menghadapi godaan belanja online. Maka dari itu cobalah untuk selalu memikirkan esok hari setiap kali Anda ditawari hal menarik dari belanja online. Jika memang Anda tidak terlalu ada keperluan finansial di esok hari, nah Anda baru bisa membeli barang-barang online tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan