GEPI, Organisasi Nirlaba Pendorong Majunya Entrepreneur di Indonesia

GEPI Indonesia

Berbisnis memang membutuhkan pengalaman dan kerja keras supaya bisa sukses di kemudian hari. Rasanya modal dan keinginan saja pasti tidak cukup untuk membangun sebuah kerajaan bisnis yang besar. Oleh karena itu, kita yang memiliki modal dan ide cemerlang dalam hal #peluang usaha juga memerlukan dukungan dan bimbingan dari sebuah komunitas pebisnis yang tepat.

Negara Indonesia yang besar dan sarat akan keanekaragaman rupanya menjadi salah satu tempat yang pas untuk menciptakan iklim bisnis yang kondusif. Jadi, tidak mengherankan bila komunitas GEPI (Global Entrepreneurship Program Indonesia) mulai dibentuk sebagai sarana berbagi ilmu dan pengalaman bagi para entrepreneur Indonesia.

Latar Belakang GEPI

Pada awalnya, GEPI terinspirasi dari GEP (Global Entrepreneurship Program) yang digagas oleh Barrack Obama dan Hillary Clinton, para pemimpin Amerika Serikat. Sejak didirikan, GEP sudah menjadi bagian resmi dari departemen luar negeri Amerika Serikat dengan tujuan membangun entrepreneurship sebagai pondasi ekonomi di negara-negara berkembang. Melalui inspirasi tersebut, GEPI yang memiliki konsep organisasi nirlaba secara resmi didirikan pada periode Januari 2011 oleh 13 pemimpin bisnis terkemuka di Indonesia.

Dengan visi meningkatkan kemajuan ekonomi dan kesejahteraan sosial Indonesia melalui bidang kewirausahaan (entrepreneurship), GEPI akan membantu dan membimbing perkembangan #startup baru yang masih berada dalam tahap-tahap awal bisnis.

Artikel lain : Kreavi, Media Sosial Untuk Para Pekerja Digital Kreatif Indonesia

Kerjasama Tim GEPI

Berbisnis bukan hanya harus sukses, tapi juga harus melibatkan passion dan niat yang besar. Setidaknya hal inilah yang ingin dibuktikan oleh para pendiri GEPI. Saat ini GEPI dikelola oleh beberapa nama besar dunia bisnis nasional yakni sebagai berikut:

  • Ciputra dan Jakob Oetama selaku Honorary Chairman
  • Chris Kanter selaku Chairman
  • Shinta W. Kamdani dan Giuseppe Nicolosi selaku Vice Chairman
  • serta sejumlah anggota direksi GEPI lainnya

Tidak hanya terdiri dari entrepreneur senior yang sudah kompeten di bidangnya, GEPI juga memiliki tim yang bersifat independen, proaktif dan memiliki jiwa entrepreneurship yang kuat. Sejumlah sosok-sosok muda, energik dan berbakat turut mengambil bagian sebagai volunteer dalam berbagi divisi program dan kegiatan di organisasi GEPI. Ada yang bertindak sebagai executive director, digital strategist, finance manager, partnership officer, bagian internal serta berbagai posisi tim lainnya.

Kegiatan Apa Saja yang Dilakukan GEPI

Hingga awal taun 2015, GEPI sudah mulai aktif menjalankan beberapa program yang berkaitan dengan bidang entrepreneurship di Indonesia. Tahapan program yang dijalankan oleh GEPI yaitu :

  • Melakukan identifikasi dan berupaya menemukan sosok entrepreneur potensial

Hal ini dijalankan secara teknis oleh program CGI (Ciputra GEPI Incubator). Program CGI akan menyaring aplikasi yang disampaikan oleh para pemilik startup untuk kemudian memilih startup dan entrepreneur yang dianggap paling berbakat, tekun dan berpotensi. Selanjutnya para entrepreneur tersebut akan memperoleh bimbingan dan arahan dari tim GEPI.

  • Membantu mengatasi masalah permodalan

GEPI juga bergerak untuk membantu para entrepreneur yang mengalami masalah modal bisnis melalui program ANGIN (Angel Investment Network). ANGIN saat ini menjadi salah satu jaringan #investasi pertama di Indonesia yang memberikan pendampingan terhadap pengembangan startup di masa-masa awal bisnis.




  • Mengadakan pelatihan yang inspiratif

GEPI juga meyakini bahwa pelatihan dengan gaya yang modern dan efektif akan memberikan inspirasi bagi para entrepreneur berbakat di Indonesia.

  • Menjembatani kebutuhan dan memberikan advokasi

GEPI bukan hanya sekeda menginspirasi dan mengarahkan, namun juga mendorong pengembangan network dan kebutuhan bisnis sesuai dengan bidang entrepreneurship yang dijalankan. Bahkan GEPI juga memberikan advokasi (pembelaan) yang berpihak pada entrepreneur yang menjalankan proses bisnis dengan baik dan sesuai aturan hukum.

Baca juga : Change.org – Media Petisi Online Terbesar di Dunia

Tertarik Untuk Bergabung Dengan GEPI?

GEPI memilki banyak program yang bersifat edukatif bagi kita yang tertarik menjalankan bisnis maupun sudah menjadi entrepreneur kecil-kecilan. Sehingga kita juga bisa mendaftarkan diri menjadi tim volunteer yang ikut berpartisipasi bagi perkembangan GEPI dan kemajuan bidang bisnis di Indonesia.

Jangan sungkan untuk mulai mengakses www.gepi.co untuk mendapatkan info seputar prosedur pendaftaran tim volunteer serta info lainnya seputar event yang digagas GEPI. Ini saatnya mewujudkan semangat berbisnis bersama komunitas yang menginspirasi dan memotivasi layaknya apa yang dilakukan tim GEPI !



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud