Gazan Azka Ghafara: Sukses Hadirkan Zanana Chips dari Mental Pantang Menyerah Seorang Pengusaha

Gazan Azka Ghafara

Image dari Bisnispost.com

Gazan Azka Ghafara – Kejatuhan usaha itu memang biasa. Namun yang luar biasa adalah ketika jatuh, seseorang bisa bangkit lagi untuk kembali mencobanya. Walau jatuh berkali-kali, namun mental yang kuat untuk kembali berjuang dan berusaha memang sangat penting bagi siapapun termasuk para pengusaha untuk menggapai kesuksesan.

Hal inilah yang setidaknya dibuktikan oleh Gazan Azka Ghafara yang kini telah sukses sebagai pengusaha karena mentalnya yang tak mudah putus asa dan menyerah karena beberapa kejatuhan usaha yang pernah ia dapati. Ya, sebelum sukses menjalankan bisnis keripik pisang, Gazan memang pernah mengalami dua kali kejatuhan usaha.

Namun dengan tekad dan mental yang kuat untuk bisa sukses, Gazan pun selalu cepat bangkit dari kejatuhannya untuk kembali berjuang dan berusaha. Kini dengan mental yang kuat inilah Gazan telah sukses menjalankan usahanya yaitu Zanana Chips, sebuah panganan atau cemilah dari pisang dengan omset mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

Lalu seperti apakah kisah perjalanan Gazan dalam mengarungi dunia usaha hingga sukses ini? Berikut ulasannya.

Lahirnya Mental Pengusaha Seorang Gazan Azka Ghafara

Mental pengusaha Gazan Azka Ghafara memang harus diakui jempolan. Mental pengusaha Gazan ini sendiri muncul atau lahir karena dirinya yang saat itu masih berusia 16 tahun membaca dua buku yang diberikan ibu temannya kepada dirinya. Buku tersebut adalah Rich Dad Poor Dadkarya Robert T. Kiyosaki dan The Law of Attraction karya Michael J. Losier.

Dari dua buku inilah Gazan kemudian terinspirasi untuk menjadi orang sukses sebagai pengusaha. Mental pengusaha dan suskesnya ini semakin besar saat pria kelahiran Bandung, 27 Juli 1995 ini mengikuti banyak ikut seminar bisnis, motivasi dan pengembangan diri.

Artikel lain: Nilam Sari ~ Pengusaha Sukses Founder Kebab Turki Baba Rafi yang Tak Mudah Berpuas Diri

Jalankan Bisnis yang Tidak Memuaskan

Tidak hanya sekedar teori, semua ilmu yang didapat Gazan dari buku dan seminar langsung dipraktikannya di lapangan. Bisnis pertama yang dijalankan Gazan yaitu ayam tulang lunak. Bersama rekannya Gazan menjalankan usaha ini dengan hasil yang tidak memuaskan, karena pada usia satu tahun ayam tulang lunak harus berakhir dengan kebangkrutan. Setelah gagal di bisnis yang pertama Gazan tidak mau berlama-lama berputus asa. Ia segera bangkit dan menjalankan bisnis keduanya yaitu risol.

Namun bisnis keduanya ini ternyata juga bernasib sama dengan usaha pertamanya. Bahkan lebih menyesakkan usaha keduanya ini harus gagal pada bulan ketiga saja. Dari dua kegagalan ini, Gazan masih tak mau menyerah. Ia lalu mencoba usaha lain yaitu keripik pisang. Dengan pengalaman yang telah ada, Gazan akhirnya mampu membuat keberuntungan datang kepadanya.

Ide Bisnis Keripik Pisang

Ide menjalankan bisnis keripik pisang sendiri muncul saat dirinya tidak mendapatkan pisang cokelat Lampung di Bandung. Nah dari sana ia melakukan riset kecil-kecilan dan mendapatkan kesimpulan bahwa pisang ini memang sulit didapat tapi penggemarnya banyak.




Dari sinilah Gazan mendapatkan peluang dan langsung mengambil kesempatan ini untuk berjualan bisnis keripik pisang tahun 2013 dengan nama Zanana Chips. Zanana Chips sendiri merupakan akronim nama dari Gazan dan banana. Saat memulai Zanana Chips ini Gazan harus mengeluarkan modal awal sejumlah Rp1 juta. Untuk lebih mensukseskan bisnisnya, Gazan juga menambah modal Rp1 juta dengan meminjam dana untuk membeli peralatan.

Proses Produksi dan Pemasaran Zanana Chips

Dari perjuangannya menciptakan rasa, akhirnya ia mampu mendapatkan respon positif dari penjualan 30 bungkus keripik pisang awalnya. Dari keuntungan yang didapat Gazan terus menggerakkan Zanana Chips dengan berbagai inovasi lain seperti memperbaiki kemasan yang berkonsep minimalis, elegan dan modern. Selain memperbaiki kemasan, Gazan juga membuat varian rasa baru yang lebih dekat dengan anak muda yaitu cokelat, susu, teh hijau, balado dan daging asap.

Pemasaran Zanana Chips sendiri dilakukan Gazan dengan menjalankan #marketing online menggunakan media sosial seperti Instagram, Twitter dan Line. Tak lupa juga ia menjalankan strategi endorse artis dengan mengirim produk gratis kepada selebritas Instagram atau selebgram. Tak hanya itu Gazan juga berpromosi melalui iklan berbayar dan juga mengikuti beberapa agenda offline untuk melejitkan nama Zanana.

Baca juga: Rangga Umara, Pengusaha Kuliner Sukses Rumah Makan Lele Lela

Pencapaian Zanana Chips

Setelah enam tahun berjalan kini Gazan Azka Ghafara telah menikmati buah manisnya. Di awali tahun 2014 dimana Zanana Chips berhasil terjual 5 ribu bungkus per bulannya. Setahun berselang yaitu tahun 2015, penjualan Zanana Chips makin meningkat dengan angka mencapai 15-20 ribu bungkus per bulan. Resseller yang bekerjsama dengan Gazan sendiri sudah mencapai lebih dari 500 orang. Dari sini tak ayal bila bisnis Zanana Chips telah mampu menghasilkan omset ratusan juta rupiah per bulannya.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Saya sudah bertemu dan kenal baik Mas Gazan, baru 21 tahun tapi sudah suskes…luar biasa….orangnya ramah bersahaja tapi ilmu wirausaha nya tinggi sekali.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud