Gapai Kebebasan Finansial Dengan 4 Prinsip Dasar Berikut Ini

Gapai Kebebasan Finansial Dengan 4 Prinsip Dasar Berikut Ini

kebebasan finansial

Bagi rekan-rekan baik yang berstatus sebagai pekerja ataupun entrepreneur, tentu sudah faham betul dengan istilah kebebasan finansial atau yang juga biasa disebut dengan financial freedom. Bahkan mayoritas dari kita sudah menjadikan fase kebebasan finansial sebagai salah satu tujuan hidup. Tidak berlebihan jika memang, pasalnya ketika kita sudah berada pada tahap ini, kita seakan sudah berada pada tingkat kesuksesan yang sesungguhnya dalam hal finansial.

Namun satu hal yang terkadang disalah artikan tentang financial freedom adalah bukan jumlah harta atau asset yang menjadi acuan, melainkan bagaimana kita mengelola apa yang kita miliki sehingga dalam bisa menikmati hidup dengan lebih baik dan bebas tentunya.

Nah untuk semakin memantabkan diri, berikut akan kita bahas mengenai 4 prinsip utama kebebasan finansial yang disusun oleh seorang pakar ekonomi, Brian Tracy. Dengan mempelajari dengan seksama 4 poin berikut ini, diharapkan kita bisa lebih mudah menentukan arah langkah kita menuju kebebasan finansial yang sesungguhnya.

1. Desire (Prinsip Keinginan)

Keinginan menjadi salah satu prinsip utama jika kita ingin memperoleh kebebasan finansial. Dengan keinginan yang keras, baru kita mau dan mampu berusaha mewujudkan impian kita. Kenapa ini sangat penting? Karena dalam menuju sebuah kebebasan finansial, tak jarang kita akan dihadapkan dengan berjuta masalah yang siap merobohkan usaha kita.

Dalam artian yang lain, Brian juga menyebut bahwa keinginan atas kesenangan sesaat juga menjadi masalah yang harus diwaspadai. Kita harus bisa melepaskan keinginan atas kesenangan jangka pendek untuk mendapatkan kebahagiaan jangka panjang ketika sudah sampai pada kondisi kebebasan finansial.

Artikel lain: Ini Dia 3 “Bahan” Sukses Berbisnis, Anda Sudah Memilikinya?

Selain itu hal lain yang juga wajib dipertimbangkan adalah berusaha mengembangkan asset lewat investasi. Selain bisa menjadi kekang ketika atas gaya hidup hedonisme, menjalankan investasi juga merupakan jalur terbaik untuk mempercepat kita menuju financial freedom. Namun tentunya Anda wajib selektif dan jangan gegabah dalam menentukan pilihan investasi yang akan di jalankan.

2. Decision (Prinsip Keputusan)

Prinsip yang kedua adalah dalam hal pengambilan keputusan. Keputusan seseorang di masa kita bisa dikatakan juga sebagai skesta apa yang akan didapatkan di masa depan. Demikian pula apa yang sedang kita alami saat ini juga merupakan hasil dari keputusan di masa lalu.

Oleh karena itu jika keinganan kita menuju kebebasan finansial sudah bulat, segera putuskan untuk mengejar target tersebut hingga berhasil. Jaga keputusan  tersebut sebagai janji pada diri sendiri, jika perlu buatlah target tertulis yang jelas terkait keputusan Anda tersebut. Mungkin terdengar klise, namun ini adalah resep yang sangat mujarab untuk menjaga konsisten kita.

Pengambilan keputusan juga berkaitan dengan langkah apa saja yang akan kita lakukan. Ini berhubungan dengan alinea sebelumnya tentang pentingnya membuat target tertulis dalam misi pencapaian kebebasan finansial. Buat serinci mungkin dan jaga tiap stepnya selalu anda lalui dengan sebaik mungkin.

3. Determination (Prinsip Keteguhan hati)

Kita telah mempunyai keinginan dan keputusan dalam hidup, tahap selanjutnya adalah memastikan 2 prinsip awal tersebut akan tetap ada walau apapun yang terjadi. Di sinilah mengapa prinsip keteguhan hati sangat diperlukan.

Dalam perjalanan menuju kebebasan finansial, sudah bisa dipastikan kita akan bertemu dengan banyak sekali masalah dan kegagalan. Satu-satu hal yang membeda siapa yang gagal dan siapa yang berhasil finis di gerbang financial freedom adalah keteguhan hati. Jangan sampai ada apapun atau siapapun yang bisa menggoyah keteguhan hati Anda. Terutama musuh terbesar tiap manusia, diri kita sendiri!

Baca juga: Hukum Pareto ~ Kedahsyatan Formula 80/20 yang Mungkin Belum Pernah Anda Sadari!

4. Discipline (Prinsip Disiplin)

Untuk melengkapi 3 pancang kesuksesan menuju kebebasan finansial sebelumnya, dibutuhkan prinsip keempat yakni mental disiplin.

Jika rekan-rekan pernah membaca tentang konsep 80/20 yang pernah kita bahas sebelumnya, di sana dijabarkan bahwa sebenarnya semua hal di dunia ini meruapakan keseimbangan dari 2 hal berbeda dengan perbandingan 80% dan 20%. Sama halnya dengan prosentase mereka yang berhasil dan gagal menuju kebebebasan finansial, 80% akan gagal dan hanya 20% atau bahkan kurang dari itu yang akan berhasil.

Untuk bisa bergabung dengan 20% orang tersebut, yang bisa kita lakukan yakni terus disiplin dalam menjalankan apa yang selama ini kita jalankan. Dengan terus tekun dan disiplin menjalankan sebuah pekerjaan atau tujuan, maka secara mental maupun skill kita akan semakin matang dan siap. So, jaga selalu prinsip disiplin jika kita ingin mendapatkan kebebasan finansial sejati.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan